NOUBITA 46
NOUBITA 46
Salam kepada para suhu dan rekan GC.Com, pengen belajar nulis sebuah cerita tentang sebuah mobil pertama yang dimiliki keluarga kecil saya. Bermula dari kondisi keluarga dengan 2 anak yang masih balita, menyebabkan muncul keinginan membeli sebuah mobil untuk digunakan sehari-hari. Pada bulan Maret perburuan dimulai di daerah sekitar Malang dan Surabaya. Jenis mobil yang dikehendaki diputuskan memilih Honda Nouva, karena memiliki desain yang tak lekang oleh waktu, sporty dan tergolong limited edition... CMIIW. Setelah rajin berburu, pada tanggal 24 Maret ketemulah jodohnya Nouva tahun 89, langsung deal dan dibawa pulang.
Saat itu karena Budget juga terbatas, sehingga mobil yang di dapat, kondisinya pas-pasan, bahkan mungkin memprihatinkan, spt: Interior berantakan, kondisi mobil yang kotor dan mulai keropos dibeberapa bagian. Namun apapun kondisinya keluarga saya tetap cinta terhadap mobil ini, pada akhirnya kami beri nama Noubita (Nouva Black Metalic). Mungkin ada yang nanya:
Q : Warnanyakan hitam Solid kok dibilang Hitam Metalic
A : Iya betul, kalau ada dana mau diganti jadi Hitam Metalic
Q : Terus 46 itu apa, umur kamu ya?
A : Sabar ya, setelah selesai restorasi, biar gambar yang berbicara... Hhihihihihi
Lanjuutt yaa..
Setelah sampai dirumah, mobil langsung masuk bengkel untuk Tune Up, ganti oli, kuras radiator, service AC, ganti shockbreaker (karena tll ceper), ganti Velg & Ban (biar lebih freshh), ganti jok dan pasang Power Steering. Setelah selesai mobil dipakai sehari-hari sekitar 2 bulan, dan selama pemakaian normal, ditemukan beberapa masalah yang sebelumnya tidak muncul, spt: air radiator sering kurang, konsumsi BBM yang boros, suhu mesin yang mudah naik, Fan radiator yang bekerja tidak standart, starting dan electrical system yang terkadang bermasalah.
Pada bulan Juni, dengan berbagai pertimbangan akhirnya Noubita siap masuk ruang operasi, yang pertama dipilih adalah operasi bagian mesin (Restorasi Step#1) dimana semua fungsi dan komponen akan dibuat Standart kembali. Karena masih pemula dan pertimbangan lainnya, sehingga belum berani untuk Swap Engine... hehehehe. Setelah dapat beberapa advise, akhirya Noubita dirawat oleh Mas Hery EF Garage di Jl. Gadang, Malang – Jatim.
And then, Restoration Step#1 begin:
Mandi dulu ya sebelum ke rumah sakit Setelah tiba di RS, tanpa basa basi langsung dilakukan pemeriksaan intensif dan diputuskan masuk ruang bedah , , .
Setelah turun mesin didapati beberapa komponen sudah aus, spt:
1. Pin, ring dan piston yang oblak dan sudah lecet
2. Rocker Arm kocak
3. Oli masuk ke ruang bakar
4. Clutch aus
5. Waterpump aus
6. Engine Mounting pecah.
7. Ada bagian chasis dan body yang crack/kropos
8. Selang/Hose Radiator beberapa sudah rusak
9. Karbuartor pecah dibagian pinggir
10. Dll
Setelah semua komponen komplit, engine dirakit kembali , . Engine siap diinstall kembali, tapi enginbay dan body sekitarnya, banyak yang keropos, sehingga sekalian di check dan diperbaiki bagian yang keropos. .
Waahh... panjang sekali ceritanya, yang baca pasti bosen ya... sedikit lagi selesai kok...wkwkwkwkw. Oh iya, sekedar berbagi ini saya cantumkan beberpa part yang saya ganti, mungkin bisa jadi referensi buat rekan-rekan yang membutuhkan estimasi budget jika mau turun mesin:
1. Ganti Liner/ Buring = Rp. 1.500.000 (jika kondisi liner tidak bias diselamatkan)
2. Piston + Ring = Rp. 1.700.000
3. Metal Jalan+Duduk = Rp. 435.000
4. Seal Cranks Shaft = Rp. 150.000
5. Seal Klep = Rp. 175.000
6. Gasket Calter = Rp. 50.000
7. Gasket Knalpot = Rp. 35.000
8. Water Pump = Rp. 350.000
9. Seal Noken As = Rp. 50.000
10. Timing Belt = Rp. 300.000
11. Mugen Radiator Hose Set = Rp. 750.000 (Optional)
12. Coil Blue Fire 90000 = Rp. 650.000 (Optional)
13. Kabel Busi Hurricane = Rp. 450.000 (Optional)
14. Busi Irridium = Rp. 450.000 (Optional)
Tidak ada perubahan signifikan yang dilakukan, hanya porting polish dan upgrade pengapian, yang lainnya spek standart.
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, sementara sekian dulu, para suhu pasti sudah ketiduran yaaa
. .Saat itu karena Budget juga terbatas, sehingga mobil yang di dapat, kondisinya pas-pasan, bahkan mungkin memprihatinkan, spt: Interior berantakan, kondisi mobil yang kotor dan mulai keropos dibeberapa bagian. Namun apapun kondisinya keluarga saya tetap cinta terhadap mobil ini, pada akhirnya kami beri nama Noubita (Nouva Black Metalic). Mungkin ada yang nanya:
Q : Warnanyakan hitam Solid kok dibilang Hitam Metalic
A : Iya betul, kalau ada dana mau diganti jadi Hitam Metalic
Q : Terus 46 itu apa, umur kamu ya?
A : Sabar ya, setelah selesai restorasi, biar gambar yang berbicara... Hhihihihihi
Lanjuutt yaa..
Setelah sampai dirumah, mobil langsung masuk bengkel untuk Tune Up, ganti oli, kuras radiator, service AC, ganti shockbreaker (karena tll ceper), ganti Velg & Ban (biar lebih freshh), ganti jok dan pasang Power Steering. Setelah selesai mobil dipakai sehari-hari sekitar 2 bulan, dan selama pemakaian normal, ditemukan beberapa masalah yang sebelumnya tidak muncul, spt: air radiator sering kurang, konsumsi BBM yang boros, suhu mesin yang mudah naik, Fan radiator yang bekerja tidak standart, starting dan electrical system yang terkadang bermasalah.
Pada bulan Juni, dengan berbagai pertimbangan akhirnya Noubita siap masuk ruang operasi, yang pertama dipilih adalah operasi bagian mesin (Restorasi Step#1) dimana semua fungsi dan komponen akan dibuat Standart kembali. Karena masih pemula dan pertimbangan lainnya, sehingga belum berani untuk Swap Engine... hehehehe. Setelah dapat beberapa advise, akhirya Noubita dirawat oleh Mas Hery EF Garage di Jl. Gadang, Malang – Jatim.
And then, Restoration Step#1 begin:
Mandi dulu ya sebelum ke rumah sakit Setelah tiba di RS, tanpa basa basi langsung dilakukan pemeriksaan intensif dan diputuskan masuk ruang bedah , , .
Setelah turun mesin didapati beberapa komponen sudah aus, spt:
1. Pin, ring dan piston yang oblak dan sudah lecet
2. Rocker Arm kocak
3. Oli masuk ke ruang bakar
4. Clutch aus
5. Waterpump aus
6. Engine Mounting pecah.
7. Ada bagian chasis dan body yang crack/kropos
8. Selang/Hose Radiator beberapa sudah rusak
9. Karbuartor pecah dibagian pinggir
10. Dll
Setelah semua komponen komplit, engine dirakit kembali , . Engine siap diinstall kembali, tapi enginbay dan body sekitarnya, banyak yang keropos, sehingga sekalian di check dan diperbaiki bagian yang keropos. .
Waahh... panjang sekali ceritanya, yang baca pasti bosen ya... sedikit lagi selesai kok...wkwkwkwkw. Oh iya, sekedar berbagi ini saya cantumkan beberpa part yang saya ganti, mungkin bisa jadi referensi buat rekan-rekan yang membutuhkan estimasi budget jika mau turun mesin:
1. Ganti Liner/ Buring = Rp. 1.500.000 (jika kondisi liner tidak bias diselamatkan)
2. Piston + Ring = Rp. 1.700.000
3. Metal Jalan+Duduk = Rp. 435.000
4. Seal Cranks Shaft = Rp. 150.000
5. Seal Klep = Rp. 175.000
6. Gasket Calter = Rp. 50.000
7. Gasket Knalpot = Rp. 35.000
8. Water Pump = Rp. 350.000
9. Seal Noken As = Rp. 50.000
10. Timing Belt = Rp. 300.000
11. Mugen Radiator Hose Set = Rp. 750.000 (Optional)
12. Coil Blue Fire 90000 = Rp. 650.000 (Optional)
13. Kabel Busi Hurricane = Rp. 450.000 (Optional)
14. Busi Irridium = Rp. 450.000 (Optional)
Tidak ada perubahan signifikan yang dilakukan, hanya porting polish dan upgrade pengapian, yang lainnya spek standart.
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, sementara sekian dulu, para suhu pasti sudah ketiduran yaaa
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
- Hendra Tan
- GC Noob
- Posts: 33
- Joined: Sat May 02, 2015 5:37 pm
Re: NOUBITA 46
Wah...salut dh bwt si om...jd horny sy klw liat yg ginian..pengen sih d giniin bwt gc sy tp kebentur dana...
Re: NOUBITA 46
mantap om..lanjutkan..
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: NOUBITA 46
Mantaab..., lanjut om...
Re: NOUBITA 46
Waaaah mantab om..kereeen..semangaaaat om
Salam kenal om ;)
Salam kenal om ;)
Re: NOUBITA 46
mantab nih
seneng kalo ada ceritanya lengkap gini
semangat om
ongkos kerja disana bongkar mesin gitu kena berapa om?
tetep lanjut posting ya om akan smua modif atau perbaikannya
biar berasa beneran kayak diary nih thread
seneng kalo ada ceritanya lengkap gini
semangat om
ongkos kerja disana bongkar mesin gitu kena berapa om?
tetep lanjut posting ya om akan smua modif atau perbaikannya
biar berasa beneran kayak diary nih thread
- BAYU_DAMASTA
- GC Whore
- Posts: 3365
- Joined: Wed May 19, 2010 7:39 pm
- Location: CILACAP - PURWOKERTO - JOGJA - SURABAYA
Re: NOUBITA 46
mantab dah bisa kinclong gitu, kapan yah bisa kek gitu.....
THE VERY WORSE PARTS OF YOU...... IT'S ME..... (LP lyryc)
E-MAIL : efciviclovers@gmail.com
CP : 088804902500
White GC '90 Napi Cilacap <---- http://www.grandcivic.com/viewtopic.php?f=11&t=2585
- nova isnanto
- GC Maniac
- Posts: 1328
- Joined: Tue Nov 09, 2010 9:15 am
- Location: Bandung
Re: NOUBITA 46
lanjut, om....
-
- GC Noob
- Posts: 65
- Joined: Wed Jul 31, 2013 9:39 pm
Re: NOUBITA 46
lanjut om..
salam kenal om
salam kenal om