------------------------------------------------------------------
oms tans, mempertimbangkan postingan saya ini ada beberapa foto yang ukurannya besar, mungkin akan lebih baik untuk tidak di hajar quote. kasihan para fakir bandwidth yang mesti ngos2an nge-load gambar yang sama berulang2.. jadi kalau mau di quote, diedit yang perlu2 aja...
------------------------------------------------------------------
Update ah,
Cara me-Remap (chipping) ECU odb 1 (hardware-howto)
Sebetulnya sudah banyak situs yang menulis tentang bagaimana melakukan chipping pada ecu, tetapi dengan semangat berbagi, dan pegel kalo nulis berulangkali di BB hehehe, saya memberanikan diri untuk menulis cara chipping ecu odb 1 versi yang saya lakukan, yang sedikit banyak juga sama dengan versi yang lain.
Sejauh yang saya tahu, aksi me-remap ecu bertujuan mengatur kembali map pada ecu untuk memenuhi kebutuhan mesin atau pengguna (tuning). Dengan remap, kita juga dapat mematikan berbagai sensor yang tidak kita butuhkan, atau rusak, atau malah tidak ada di dalam konfigurasi mesin kita. hal ini sering dijumpai pada pelaku konversi dari sistem karbu ke injeksi, yang biasanya tidak melengkapi sensor-sensor pada kendaraannya.
Untuk melakukan chipping, peralatan yang dibutuhkan adalah :
1. ECU. kalo tidak ada ecu, mustahil kita mau main beginian...
2. Solder, dan sedotan solder, serta tenol. usahakan untuk memiliki solder dengan kualitas yang lumayan, atau bahkan yang sudah bisa dua watt.
3. Bahan yang digunakan :
1uF kapasitor keramik (2bh),
1k resistor (1bh),
jumper atau kabel jumper, bisa menggunakan kabel biasa atau jumper copot.
IC 74HC373 dan dudukannya,
IC 27C256 untuk EPROM nya. sebagai alternatif bisa menggunakan 29C256 (EEPROM)
keunggulan menggunakan 29C256, bisa dihapus berkali2. tetapi saya pernah menemui
ECU yang tidak bisa menggunakan IC ini. atau bila kepepet, bisa menggunakan yang
kapasitasnya 512 (27C512 atau 29C512), hanya berbeda cara burn chip nya.
Cara melakukannya tidak lebih dari 30 menit. rekor saya sendiri untuk melakukan chipping ini tidak lebih dari 20 menit.
1. honda sebetulnya sudah berbaik hati dengan menandai bagian yang kita butuhkan untuk melakukan chipping ECU. Bisa dilihat pada gambar, bagian yang harus kita otak atik, sudah ditandai di dalam garis titik titik.
Pada tahap ini, silahkan men-desolder lubang2 pada ecu tersebut supaya tenol hilang, dan lubangnya dapat dimasuki oleh komponen yang telah disiapkan. lubang yang di hilangkan adalah pada sekeliling 27256, 74HC373, C51, C52, J1 (jumper), R54.
2. Setelah semua lubang terbuka seperti dalam gambar, silahkan memasang komponen yang diperlukan. untuk IC, saya menggunakan soket terlebih dahulu, karena memudahkan kita untuk mensolder dengan tidak merusak IC, dan juga memudahkan ketika kita ingin bongkar pasang IC EPROM tersebut.
3. Selesai. Penjelasan software apa saja yang bisa digunakan untuk me-remap ECU, akan di tulis kemudian... (capek, sudah malam
![Tongue :p](./images/smilies/10.gif)
) hehe..
Bila dibandingkan dengan menggunakan hondata atau standalone ECU jelas aksi remap ini jauuh lebih murah, tapi juga jauuuuh lebih ribet. Tapi paling tidak, dengan penggunaan yang benar, sudah banyak cerita sukses yang bisa didapat di internet dari penggunaan teknik ini. saya sendiri juga masih kategori sugesti sukses, karena belum pernah membuktikan lewat dyno, tetapi hanya modal perasaan saja..
![Tongue :p](./images/smilies/10.gif)
sekian dulu apdetnya, nanti disambung lagi.
![Cowboy :ymcowboy:](./images/smilies/48.gif)