Page 18 of 19

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Wed Jun 03, 2015 1:44 am
by arozi
kalau mau kitabnya, monggo didaftar aja di sini.
kemarin sih copy kan buat om hikmat, habisnya 270rb

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Wed Jun 03, 2015 12:35 pm
by nova isnanto
Salut dah, om bjo...
speechless deh...

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Wed Jun 03, 2015 4:19 pm
by tukangitung
booked dulu kitapnya....

daptarrrrrr...

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Fri Jul 31, 2015 10:52 pm
by arozi
Hari ini akhirnya menelaah sikunyit CrX
Saya juga masih newbie... tapi lebih baik ngaku masih bodoh dari pada sok tahu

1. Belajar mesin
Definisinya yang berlaku di bengkel/montir sih ada dua yaitu blok mesin dan blok silinder
Image
Setiap blok terdiri dari part-part kecil yang sudah umum diketahui

2. Belajar definisi ZC DOHC
http://www.d-series.org/forums/dohc-zc/ ... -list.html
Mesin ZC adalah mesin yang hanya beredar buat pasaran Jepang (Japan Domestic Market)
Mesin ZC juga termasuk ke keluarga mesin Honda D-series.
Mesin ZC kompatibel dengan mesin D16 yang beredar di seluruh dunia termasuk Indonesia (Civic Estillo dan Genio).
Hasil diskusi dengan om Hikmatrobbie dapatlah pengetahuan kalo D16 merupakan kode blok mesin/bawah dan A1/A6/A8/A9/Z6/Y8/Y9 merupakan kode blok silinder/atas.
Mesin ZC terdiri dari 4 seri berdasarkan tahun produksinya dan pengaplikasiannya.

3. Spesifikasi ZC DOHC Sikunyit
Tebakan sana sini dan cari literatur sana sini, memang ZC dan D16 ini termasuk mesin yang banyak varian dan banyak perdebatan. Pengalaman para senior D-series lah yang akhirnya menjawab part-part yang bisa kompatibel (swap) di sesama mesin D-series termasuk ZC.

Dari website d-series, cukup diketahui bahwa jenis/seri mesin ZC paling gampang dilihat dari kedudukan baut cover cam dan timingbelt. Kalau baut ada di tengah dua buah menandakan mesin ZC generasi pertama dan kedua, kalau baut di samping dua buah menandakan ZC generasi ketiga. Akhirnya ketahuan kalau mesin ZC sikunyit masuk kategori ZC generasi ketiga yang paling umum diproduksi di Jepang. Alhamdulillah, hilang kerisauan saya.

SIKUNYIT
Image

ZC DOHC 3rd Generation
Image

COK PISSSS

4. Target selanjutnya
Sikunyit sudah bakal coba oversize dengan memanfaatkan part blok bawah D16 estillo/genio atau ganti blok bawah keseluruhan ZC SOHC/DOHC yang masih sehat. Siapa tau cocok, kan sama-sama blok D16. Kebetulan sekarang sikunyit berdomisili di gudangnya mesin copotan.
Blok atas sikunyit nanti dilihat, paling utama ganti timing belt dan tensioner, kemungkinan ini yang agak sulit karena wajib baru. Om/tante boleh kasih tahu dong website yang jual TB dan tensionernya? Di shop honda online kebanyakan cuma nemu buat SOHC.
Semoga kayak klep/valve, per valve sikunyit masih bagus jadi cukup stel/skir klep sajah
Alhamdulillah kabel busi NGK HE48 panjang 10.5 cm sudah dapat dari US
Saya juga masih penasaran apakah sproket cam DOHC ukurannya sama dengan SOHC.
Ini sedang coba minta tolong ke om pemakai ZC kodenya.
Image

Image

Akhirnya bisa share di sini, karena susah juga nemu bahasan ZC DOHC di website Indonesia

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Sat Aug 01, 2015 8:56 am
by rezayolando
kapan bisa samps bandung ya mang.?

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Sun Aug 02, 2015 2:07 pm
by Pa'de Gung
Hmmm...numpang belajar om jo...

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Mon Aug 03, 2015 9:07 am
by adeindra
mudah2an semua partnya buat restorasi didapat dengan mudah om

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Fri Aug 07, 2015 4:51 pm
by arozi
rezayolando wrote:kapan bisa samps bandung ya mang.?
segeraaaaa
hahahahhaha
Pa'de Gung wrote:Hmmm...numpang belajar om jo...
asyikkk, ada pembimbing satu ngarahin metodologi
adeindra wrote:mudah2an semua partnya buat restorasi didapat dengan mudah om
horeee, pembimbing dua ikut mendoakan

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Mon Aug 10, 2015 2:02 pm
by pepenk
Apdet terbarunya si kunyit mana nih mang Bjo...uhuuiii

Re: SIKUNYIT CiReX

Posted: Tue Aug 11, 2015 6:33 pm
by denifatman
Sepertinya udah jadiii....
Hehehehehe