GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

gc-ers ride, project logs & modification pics..
User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by adeindra » Thu Jul 11, 2013 1:12 pm

buset crossovernya dicuci dulu? ckckckck mantaaab deh

heheheh sama nih saya ama om hohox coba buka sendiri ini karpet pas saya kemasukan aer dari firewall lagi itu.. dan sama kesulitannya di footrest... untung emang ada group bb.. lempar pertanyaan langsung terjawab cepet xixixixi
sama juga saya pake karpet peredam kayak gitu juga im.. murah meriah... gue malah biar yakin kering bener2 lebih dari sebulan si puteh karpetnya engga dipasang

btw om itu kayaknya di dek udah mulai muncul karat ya... kok engga sekalian dikasih plinkot aje dulu sebelum ditutup kembali karpetnya biar karatnya engga main parah om?

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by hoxs21 » Fri Jul 12, 2013 1:19 pm

adeindra wrote:buset crossovernya dicuci dulu? ckckckck mantaaab deh

heheheh sama nih saya ama om hohox coba buka sendiri ini karpet pas saya kemasukan aer dari firewall lagi itu.. dan sama kesulitannya di footrest... untung emang ada group bb.. lempar pertanyaan langsung terjawab cepet xixixixi
sama juga saya pake karpet peredam kayak gitu juga im.. murah meriah... gue malah biar yakin kering bener2 lebih dari sebulan si puteh karpetnya engga dipasang

btw om itu kayaknya di dek udah mulai muncul karat ya... kok engga sekalian dikasih plinkot aje dulu sebelum ditutup kembali karpetnya biar karatnya engga main parah om?
hehe, iya om, udah kadung kerendem air hujan, sekalian aja di bersihin... :p
kemaren memang langsung sekalian di plinkut, tapi pake kuas... hehehehe... kurang lebih ada 2 mingguan di diem in sampe baunya ilang...

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by hoxs21 » Fri Jul 12, 2013 2:29 pm

Update lagi ah... :p

beberapa waktu yang lalu akhirnya dapat piggyback apex'i SAFC II. kesampaian juga niatan buat bisa ngatur asupan bahan bakar sendiri. masuk ke bengkel, dan minta di pasangin. tapi gak sekalian di setting, maunya biar sekalian saya ngerasain bedanya waktu muter2 setingannya... :p
masuk bengkel, 2malam, jadilah sudah piggyback terpasang. tapi ternyata proses settingnya tidak semulus yang direncanakan. SUSAH... hehe... mungkin karena mainnya feeling. :-s
kalo kata beberapa situs yang saya baca, patokannya harus pakai wideband afr yang artinya duit lagi bakal keluar :(.

susahnya lagi karena ECU yang dipakai adalah P27, yang mapnya gak ada VTEC nya 8-}, jadi setting SAFC nya harus nyesuaikan bukaan VTEC. padahal VTEC triggernya suka maju mundur sendiri, walo cuma selisih dikit...
Spoiler for pakai Apexi SAFCII
naro nya safc ngasal, nutupin spidometer
Image
karena gak puas, akhirnya mulai hunting VAFC atau NEO, yang sekalian sudah ada VTEC trigger nya. tapi karena NEO jarang yang jual second, dan barunya juga mahil, akhirnya dapet VAFC II. proses pemasangan juga akhirnya memberanikan diri buat masang sendiri. cuma diwarnai insiden kabel yang kebalik, yang mbuat chip ecunya ada yang gosong, dan mesinnya jadi berasa mesin vibrator... :-s
tapi ya alhamdulillah, semuanya "dibuat" happy ending saja... hehehe
Spoiler for VAFC II
safc dan vafc, serupa tapi tak sama... :p
Image

proses pemasangan; liat di manual book nya lengkap kok... hati2 kabel kebalik... :p
Image

Image

Image

Terpasang duduk manis di dashboard
Image

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by adi_vostro » Fri Jul 12, 2013 4:37 pm

Kalo mobil pembalap / mobil kenceng pasti gitu ye,,ada tulisan arab nya..(Nggk tau bacanya.. :D)

Pernah nyobain,,powerful banget niiihhhh...walau cm nyoba "mbleyer" tok,,tp sitimewa.. :D
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by hoxs21 » Sat Jul 13, 2013 9:32 am

adi_vostro wrote:Kalo mobil pembalap / mobil kenceng pasti gitu ye,,ada tulisan arab nya..(Nggk tau bacanya.. :D)

Pernah nyobain,,powerful banget niiihhhh...walau cm nyoba "mbleyer" tok,,tp sitimewa.. :D
Aah, suhu sembalap melebih-lebihkan terus... Newbie jadi malu... :">
Itu stiker biar inget doa terus... Hehehe

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by adeindra » Sat Jul 13, 2013 7:28 pm

yang sampe sekarnag masih saya belum jelas kalo civic ef aselinaya injeksi ECU nya ditaro dimana ya... kalo temen2 yang naik injeksi kan jadinya ECU ditaro di belakang konsul tengah or bawah laci kiri,,, apa iya bener disitu ya letaknya

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by hoxs21 » Tue Jul 16, 2013 8:05 am

adeindra wrote:yang sampe sekarnag masih saya belum jelas kalo civic ef aselinaya injeksi ECU nya ditaro dimana ya... kalo temen2 yang naik injeksi kan jadinya ECU ditaro di belakang konsul tengah or bawah laci kiri,,, apa iya bener disitu ya letaknya
kalo gak salah di side kick panel nya penumpang om...
cuma waktu saya coba, gak bisa di slempitin ECU. harus ganti side kick panel keknya...

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by adeindra » Tue Jul 16, 2013 8:28 am

hehehe barusan penasaran dan googling akhirnya nemu juga ada satu foto di EG setir kiri tapinya
bener ya di passanger side kick panel
Image
from http://civic-eg.com/viewtopic.php?t=1558


oh iya mumpung inget... nanyanya ama om hohox aje deh...

kalo mau naik injeksi dengan mesin dan head standar harusnya pake ecu apa sih? lalu kalo headnya vtec p08 harusnya beda lagi kan ecunya?
saya bingung banyak amet pilihan
kayak disini
http://www.hondata.com/techecuid.html

PM5 : 88-91 Civic/CRX DX
PM6 : 88-91 Civic/CRX SOHC Si
PM7 : 89-91 DOHC ZC (JDM 'EF' ECU)
PM8 : 88-91 CRX HF
PR2 : 89-91 ZC (Euro)
PR3 : 89-91 JDM B16A EF8/9
PW0 : 89-91 JDM B16A EF8/9 DA6-XSi
PR4 : 90-91 Integra LS/GS
PS9 : 88-91 4 door Civic EX Auto
P05 : 92-95 OBD-1 Civic CX
P06 : 92-95 OBD-1 Civic DX
P07 : 92-95 OBD-1 Civic VX
P08 : 92-95 OBD-1 Civic D15 JDM
P27 : 92-95 OBD-1 EG JDM Civic 1600 sohc
P28 : 92-95 OBD-1 Civic Si/Ex
P30 : 92-95 OBD-1 DelSol DOHC Vtec Si/EG SiR
P54-G31 : 1997 Honda Accord 1.8 LS
P2N : 96+ OBD-2 Civic HX Coupe
P2P : 96+ OBD-2 Civic EX Coupe
P2E : 96+ OBD-2 Civic DX Coupe
P2M : 96+ OBD-2 NZ Civic SOHC VTEC
P2T : 99+ OBD-? Civic Si Coupe

User avatar
basementproject
GC Whore
GC Whore
Posts: 2305
Joined: Mon Nov 16, 2009 11:40 am
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by basementproject » Tue Jul 16, 2013 9:41 am

ooohh nemplok distu toh harusnya ecunya ,,,pnya ane malah dinaekin diatas kaki /dibawah laci.bikin braket,soalnya takut ke injek2.

mantap om ada insiden chip gosong jg,sama kmrn jg gitu gosong gara2 pas nge cat kgak di buka .

selang baliknya biasanya bau bensin ke dalem om,pngalaman jd mending pake pipa stainless di roll

karpet peredam audio di bawah pun pengalaman kalo ada rembes air malah jd lembab nyerap aer akhirnya dibuka aja tuh klo ane ,
email/ym:yuqmail@yahoo.com
fb:yuqmustaqim
Basementproject

web online store
http://basementproject.id/

phone or sms :+628122188622
CINGCAW

bb 749c519f

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: GrandCivic '91 Hitam -jogjakarta-

Post by hoxs21 » Wed Jul 17, 2013 2:56 am

adeindra wrote: oh iya mumpung inget... nanyanya ama om hohox aje deh...

kalo mau naik injeksi dengan mesin dan head standar harusnya pake ecu apa sih? lalu kalo headnya vtec p08 harusnya beda lagi kan ecunya?
saya bingung banyak amet pilihan
kayak disini
http://www.hondata.com/techecuid.html

PM5 : 88-91 Civic/CRX DX
PM6 : 88-91 Civic/CRX SOHC Si
PM7 : 89-91 DOHC ZC (JDM 'EF' ECU)
PM8 : 88-91 CRX HF
PR2 : 89-91 ZC (Euro)
PR3 : 89-91 JDM B16A EF8/9
PW0 : 89-91 JDM B16A EF8/9 DA6-XSi
PR4 : 90-91 Integra LS/GS
PS9 : 88-91 4 door Civic EX Auto
P05 : 92-95 OBD-1 Civic CX
P06 : 92-95 OBD-1 Civic DX
P07 : 92-95 OBD-1 Civic VX
P08 : 92-95 OBD-1 Civic D15 JDM
P27 : 92-95 OBD-1 EG JDM Civic 1600 sohc
P28 : 92-95 OBD-1 Civic Si/Ex
P30 : 92-95 OBD-1 DelSol DOHC Vtec Si/EG SiR
P54-G31 : 1997 Honda Accord 1.8 LS
P2N : 96+ OBD-2 Civic HX Coupe
P2P : 96+ OBD-2 Civic EX Coupe
P2E : 96+ OBD-2 Civic DX Coupe
P2M : 96+ OBD-2 NZ Civic SOHC VTEC
P2T : 99+ OBD-? Civic Si Coupe
saya juga masih bingung om, masih awam masalah beginian..
coba saya jawab, tapi kalo ada yang salah tolong di ralat ya om...

kalo menurut saya sih, paling mudah disesuaikan saja sama spesifikasi mesinnya. kalo mesinnya ganti segelundung ya mending sekalian sama ecu bawaannya.
Tapi kalau hanya ganti sistem injeksi, ECU nya sebenernya bisa pakai macam-macam, tergantung tipe wiring nya, jenis transmisi dan tergantung sejauh mana modifikasi yang dilakukan di internal mesinnya sendiri. Kita juga bisa gonta-ganti ECU asalkan dalam seri yang sama, misalnya ODB0, atau ODB1 atau ODB2. Pun begitu, sudah banyak beredar kabel2 konverter untuk pindah ke ECU dengan seri lain, yang saya tau dari ODB2 ke ODB1.
Gak ada keharusan waktu ganti injeksi harus pakai ecu apa, karena ECU nonvtec bisa dipakai di vtec, dan begitu juga sebaliknya. yang perlu diperhatikan, kalo ecu matic bisa dipakai di manual, tapi gak bisa sebaliknya. tapi yang paling pas, menurut saya chipped ecu (biasa dikenal ecu remap-an) adalah yang paling pas untuk mengejar ke-optimal-an kinerja. soalnya selain menyesuaikan pasokan bensin yang dibutuhkan, remap berguna untuk mematikan sensor2 yang tidak bekerja. misalnya speed sensor, O2 sensor, dll. jadi engine check tidak akan menyala. Selama ini yang paling jamak di remap itu adalah seri ecu p28, walau tidak menutup kemungkinan ECU seri ODB1 atau ODB0 lain untuk di remap. kenapa? gak tau juga saya. hehehehe 8-}
Proses remap sendiri tidak begitu sulit, prosedur bisa dilihat di http://www.superhonda.com/tech/honda_ec ... mming.html. Yang sulit adalah mengubah data nya untuk disesuaikan dengan kebutuhan kita. mau buat irit, boros, balapan, dll. kalo cara bodo "ala saya" nya, nyobain berbagaimacam map stock ecu, yang kira2 cocok diedit2 dikit mapnya, baru fine tuning nya pakai piggyback. 8-}

kalau head nonvtec dan vtec, setahu saya ya mestinya beda om. kalo dari yang pernah saya coba, p27+trigger dibandingin P28, hasilnya beda. karena setahu saya, map p27 tidak support untuk vtec. jadi ketika vtec nya engage, pasokan bahan bakar dan timing kendaraan sama aja kaya waktu gak pake vtec. beda kalau pake P28, timing dan pasokan bahan bakarnya berubah pas vtec nya engage. mantep lagi kalau bisa nge-remap pas sama kebutuhan mesin. saya ngremap berulangkali gak pas pas.. terakhir kemaren dapet base map nya ecu mugen, tapi belum sempat nyobain... mau sekalian bikin yang realtimeprogramming (http://wikitest.pgmfi.org/twiki/bin/vie ... rogramming). cuma waktunya belum sempat aja. masi mau ngutek2 sendiri. kalo nanti udah mentok, baru dibawa kebengkel... hehehee...

basementproject wrote:ooohh nemplok distu toh harusnya ecunya ,,,pnya ane malah dinaekin diatas kaki /dibawah laci.bikin braket,soalnya takut ke injek2.

mantap om ada insiden chip gosong jg,sama kmrn jg gitu gosong gara2 pas nge cat kgak di buka .

selang baliknya biasanya bau bensin ke dalem om,pngalaman jd mending pake pipa stainless di roll

karpet peredam audio di bawah pun pengalaman kalo ada rembes air malah jd lembab nyerap aer akhirnya dibuka aja tuh klo ane ,
punya saya dulu sempet di bawah jok, tapi takut kalo nanti ada bocor air, langsung kena. akhirnya dipindah ke belakang konsol tape itu. pertamanya mau dibuat dibelakang blower AC, cuma takut ribet kalo nanti pas bongkar AC, atau pas kena embun nya AC.

kalo peredamnya dibuka, berisik lagi om... x_x mending sering ngecek aja lah... secara udah nyetok karpet beberapa meter lagi buat cadangan... hehehe...

itu selang balik pake yang diameter berapa tebel berapa om? terus jalurnya di samain sama jalur lama, apa bikin baru?

Post Reply