Page 2 of 4

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 2:11 pm
by *jarno*
dulu di karya mulya bandung selalu dikipasin tuh.. buka cover klep trus dikasi fan gitu kira2 25 menit, tapi fan khusus buat dinginin mesin, rada gede..

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 8:07 pm
by saitama
oooww pake alat toohh kirain pake kipasnya ac mobil gituu kalo pake ipas angin blower gede sih gpp

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Thu Jul 24, 2008 6:43 am
by ketchiro
saitama wrote:sulingan kalo ga di ganti pasti klepnya bakal sering kendor ataw kocak kasian klepnya

terlalu sering stel klep ga baik, terlalu jarang setel klep juga ga baik bisa nyebabin slek ataw dol ( istilah mekanik di sby )

stel klep harus dalam kondisi mesin dingin. Kalo dalam kondisi panas tu klep n part2 mesin masih masa memuai tunggu dingin dulu paling ga pegang cover dek klep masih panas ga, kalo udah agak dingin baru deh di bongkar2 trus di stel

kalo stel klep sampe harus nyopot kipas ac trus di tancepin ke aki itu salah kaprah oom dari pada gitu mending biar dingin dulu sambil ngopi ataw rokokan

tul gaakk???
jadi kalo stel klep itu bagus nya brp km atau bpr bulan sekali?? kalo suling mahal tdk ya??

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Thu Jul 24, 2008 1:47 pm
by onta
suling iku opo sih?? punyane mochtar mahmud??
trus buat muter cranksaft pake kunci brp?
klo aku by feeling puter kunci kontak, soale ga punya kunci sok :D

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Thu Jul 24, 2008 5:09 pm
by pauluspaska
Kalo aku sih pake kunci sok yang cukup aja om...pake feeling juga...kalo udah terasa pas...dipake deh... :mrgreen:

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Fri Jul 25, 2008 10:47 pm
by saitama
sulingan tuh rumah nya rocker arm pasti ada batang lagi tuh

wooii muter as kruk jangan asal tuuuuhhhh liatin top nya kalo pake feeling ga aps top bisa berabe tuuuhh mending dongkrak ban sebelah kiri depan, trus lepasin ban, puter pake kunci sok 16 kalo g salah liatin tuh ada tandanya top di puli as kruk sama di rumahnya ada tandanya kok

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Sat Jul 26, 2008 1:30 am
by r1210g
kalo mau stel klep ga usah sampe 4 kali putar camnya...

Cukup 2 kali aja..

top 1 & top 4...

top 1, klep yang bisa disetel:
silinder 1 : in dan ex
silinder 2 : in
silinder 3 : ex

top 4, klep yang bisa disetel:
silinder 4 : in dan ex
silinder 3 : in
silinder 2 : ex

selsai deh..

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Sat Jul 26, 2008 10:56 am
by saitama
yuuppppp

tul tuuhh

stel klep idealnya tiap 2 ataw 3 bulan sekali ataw malah bisa lebih, cara laen buat ngecek nya bisa perhatikan lari nya mobil jadi tambah berat ga?? trus bensin tambah boros ga???

kalo masuk iya semua silahkan tune up total ( bersihin karbu, stel klep, bersihin busi )

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Mon Jul 28, 2008 9:50 am
by onta
saitama wrote:sulingan tuh rumah nya rocker arm pasti ada batang lagi tuh

wooii muter as kruk jangan asal tuuuuhhhh liatin top nya kalo pake feeling ga aps top bisa berabe tuuuhh mending dongkrak ban sebelah kiri depan, trus lepasin ban, puter pake kunci sok 16 kalo g salah liatin tuh ada tandanya top di puli as kruk sama di rumahnya ada tandanya kok
hehehe, pake metoda intip jg kok Om ...
diliat mana yg pas bokong rocker arm, baru disetel.
Lha mau dongkrak, males muternya ... cape deh
belum lagi rodanya berat :D

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Mon Jul 28, 2008 12:03 pm
by saitama
yaaa mau gimana lagi om onta emang itu cara yang paling pas hehehehehe