Page 2 of 12

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 9:22 am
by onta
pauluspaska wrote:Untuk pemakai harian yang gak punya volt meter, dan selalu malas untuk oprek-oprek, penurunan 0.2V tidak pernah bisa diketahui Om.
Perubahan signifikan terjadi waktu saya pasang Grounding ini. Idle cukup ditarik choke sebentar lalu lepas, Idle langsung bisa nahan di 800 untuk matik. Malah kadang cukup tahan gas di RPM 800 satu menit, terus lepas, idle bisa manteng di situ tuh.

Yang pasti ada perubahan, lampu-lampu jadi lebih terang. Sebab grounding ini juga saya hubungkan ke lampu.
Betul jg seh hehehe.
Tapi sudah sewajarnya mobil kelas tua kaya GC kita waktunya general check-up, banyak urat2 kabel yg dah diluar spek seharusnya.
Bermodal AVO, bisa juga pinjem kantor (kaya gw hahaha), kita sisir pelan2 kabel2 mana yg musti diganti, atau perlu ditambahin ground seperti petunjuk Om PP.

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 10:36 am
by onta
Om PP klo boleh tau kasih info setelah dipasang extra ground, waktu idle indikator vacuumnya jadi di brp inhg??

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 11:41 am
by pauluspaska
Om Menurutku pressure intake itu bukan semata-mata atas sumbangan grounding. Pressure 17 inHg dihasilkan dari kombinasi settingan karbu, delko(pengapian) yang sehat, busi juga sehat dan timing yang tepat.

saya pernah memainkan delko maju-mundur untuk mendapatkan idle yang tepat, setelah saya setting karbu. Saya dapat 17 inHg. Saya juga pernah memainkan karbu, pressure bisa dapet 19, tapi ini gak enak.

Yang jelas sekarang Idle lebih merata, dilihat dari jarum vacuum itu...dia gak bergerak-gerak lincah....diem aja...kecuali ketika humidity berubah dia berubah-ubah tuh

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 1:39 pm
by onta
Maksud'e, pas sebelum dikerjain ama sesudah pasang idle kan jd lebih smooth, nah pasti ada perubahan Vacuum dong.
Contoh klo mobil diem ama panas kan lebih tinggi vacuum intake pas panas.
Mobil gw klo lagi dingin (awal starter) kisarannya di 16inHg, klo pas panas sampe di 19inHg.
di 19 pun itu setelan idle cm 1,5 puteran.
Gw mo jadiin analisa, soal selisih vacuum pas dingin ama panas. Karena satu2nya ukuran yg bisa diliat nyata pas idle ya vacuum.
Kayane celah busiku terlalu renggang tapi masih mo cari petunjuk lagi :)

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 2:58 pm
by pauluspaska
Lah aku setting karbu pas mobil bener2 kepanasan Mas....biasanya pas habis jalan siang di jakarta yang panas banget...idle bisa 900 RPM
Terus aku turunin jadi 800 karena aku matik. Soalnya kalo gear masuk dia drop jadi 650...(ini matik memang kudu dikuras nih soalnya lengket). Kalo lampu semua nyala RPM drop jadi 700....jadi pas tuh. Di manual book, matik idlenya 700 +- 50.

Habis setting karbu, delko disetel lagi. cari idle yang pas banget, Cari dibarengi setting karbu lagi, aku dapet vacuum di 17 inHg (ini yang enak, mesin seperti pas gitu, kalo delko diputer-puter, bisa dapet 19 tapi mesin seperti kehausan gitu...ngeden)

Aku ngerti kalo idle bisa naik turun (itu dulu waktu delko ku bocor), tapi sepengetahuanku setelah ganti delko utuh yang baik, idle jadi manteng di 800 dan pressure 17 inHg setelah ditambah sama grounding.

sebelumnya bisa naik turun tuh di 15, 16, 17 dan 19 inHg (ini waktu delko bocor)

sekarang di 17 (kadang-kadang 16 inHg)

Kalo udara dingin dan tekanan juga rendah...vacuum drop tuh, RPM juga.

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 3:07 pm
by pauluspaska
BTW, grounding tambahan ini bikin wiper berjalan waktu intermitten,
Power window juga smooth. Cuma tinggal sensor bensin di tank aja yang masih bikin tanda tanya...masih suka naik turun...berarti bukan gara2 ground yang jelek. atau kudu grounding ke tangkinya ya??

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 3:45 pm
by onta
sampe ke intermitten ya ... weleh2
terakhir cek grounding baut penahan dashboard diukur ga dapet 12 Volt :)

Balik lagi ke vacuum, masalahku sebenarnya ada di choke hehehehehe

piss Om .....

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 3:48 pm
by Kurniawan dicky
BTW...kok pada tau angka vakum ya... dah pada pasang vacum meter? bagi2 info dong...eh OOT deh..

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 4:22 pm
by pauluspaska
Om KD, besok saya bikinin DIY nya yah hehehehe.....

Re: DIY: GROUNDING CABLE FOR BETTER IDLE

Posted: Tue Nov 25, 2008 5:19 pm
by badooy
pauluspaska wrote:BTW, grounding tambahan ini bikin wiper berjalan waktu intermitten,
Power window juga smooth. Cuma tinggal sensor bensin di tank aja yang masih bikin tanda tanya...masih suka naik turun...berarti bukan gara2 ground yang jelek. atau kudu grounding ke tangkinya ya??
nah.. jgn2 intermitten gw jg sembuh sendiri tu gara2 masang pivot volt stabilizer?
tapi skrg lagi dibuka jg masih jalan kok...

coba bedain angka pengisian dunk sebelum dan sesudah pasang..

truszz.. klo mw bagusin audio masang di firewall deh..