Page 11 of 19

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 2:42 pm
by abah
zulindra wrote:kalo settingan karbu udah pas, berarti timing delco yg gak pas. coba atur ulang posisi delco om. bagusnya pake timinglight tapi kalo pake feeling ada tipsnya tersendiri. kalo nembak2 gitu berarti delco terlalu advance. coba retard sedikit (majukan bodi delco) sampe nembaknya hilang.
apa karena delkonya dimajuin yah?? soalnya awalnya setingan delko buat pertamax mah rata... hmmm..... tipsnya gimana om zul??
onta wrote:
jarum pelampung? ato jarum yg gmn?
Asep pedih aga dilematis Om.
Unsurnya pasti HC lebih kaya. itu gara2 bensin ga kebakar.
penyebab ga kebakarnya banyak, bisa gara setelan idle terlalu irit, bisa jg gara setelan idle terlalu boros.
bisa jg pengapian yg kurang bagus.
Pilih yg mana dulu yg jadi prioritas penyebab.
bukan jarum pelampung om... jarum yang ada pernya, kalo ga salah itu buat ngatur udara... sama baut kecil yang om pp pernah lupa pasang malah jadi ga bisa lari... kalo ga salah di forum ini pernah ada yang nyaranin jarum2 gituan jangan diganti, tapi lupa dimana yah...

oya, nambah pertanyaan juga.. akhir2 ini kalo tiba2 digas suka ada jeda dulu baru akselerasi.. tapi ga selalu.. saringan bensin udah dibersihin padahal... kira2 apa yah?? takutnya koil ato cdinya euy....

[Post made via Mobile Device] Image

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 2:50 pm
by zulindra
gak ada pengaruh koil atau CDI om. paling kinerja vakum2 aja ada yg udah koit. untuk tipsnya silahkan ikuti petunjuk om onta berikut ini :

1. setelan idle/angin dibuka sampe langsam mobil dapet yang paling tinggi.
2. terus turunkan setelan throttle/gas ke minimum, ke rpm terendah.
3. diulangi langkah 1 - 2 sampe didapet rpm paling rendah banget.
4. dimundurin delconya sampe dapet bunyi knalpot agak batuk
5. majuin delco lagi 1-2mm
6. tutup idle 1/4 -1/2 puteran
7. kembalikan setelan gas ke 800rpm (manualnya 750 rpm)

untuk point 6 tergantung selera sih, ditutup aga banyak biar irit jg boleh, resikonya start dinginnya aga susah.
atau klo bisa pake gas analyzer paling afdol, klo pake hidung cari posisi bau sangitnya ilang.

Klo knalpot nembak waktu engine break di turunan, itu setelan idlenya terlalu irit.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 3:01 pm
by cokgus
Akhr2 ini bnyk gc yg ga sht dng pengapian,mixture dn kwan2..Trmsuk sy jg dlm proses trouble abis...
Mainjet ma pilot jet sama ga om kyk yg kmrn?...Kalo main jet dan pilot jet kgedean gejalanya brebet,kalo kekecilan pas digas ngempos.Main jet pd putaran atas pilot jet pd putran bwh.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 3:20 pm
by abah
zulindra wrote:gak ada pengaruh koil atau CDI om. paling kinerja vakum2 aja ada yg udah koit. untuk tipsnya silahkan ikuti petunjuk om onta berikut ini :

1. setelan idle/angin dibuka sampe langsam mobil dapet yang paling tinggi.
2. terus turunkan setelan throttle/gas ke minimum, ke rpm terendah.
3. diulangi langkah 1 - 2 sampe didapet rpm paling rendah banget.
4. dimundurin delconya sampe dapet bunyi knalpot agak batuk
5. majuin delco lagi 1-2mm
6. tutup idle 1/4 -1/2 puteran
7. kembalikan setelan gas ke 800rpm (manualnya 750 rpm)

untuk point 6 tergantung selera sih, ditutup aga banyak biar irit jg boleh, resikonya start dinginnya aga susah.
atau klo bisa pake gas analyzer paling afdol, klo pake hidung cari posisi bau sangitnya ilang.

Klo knalpot nembak waktu engine break di turunan, itu setelan idlenya terlalu irit.
sip... makasih banyak om zulindra.... :D
cokgus wrote:Akhr2 ini bnyk gc yg ga sht dng pengapian,mixture dn kwan2..Trmsuk sy jg dlm proses trouble abis...
Mainjet ma pilot jet sama ga om kyk yg kmrn?...Kalo main jet dan pilot jet kgedean gejalanya brebet,kalo kekecilan pas digas ngempos.Main jet pd putaran atas pilot jet pd putran bwh.

[Post made via Mobile Device] Image
nah, itu dia... pilot jet ama main jet... kalo diliat sekilas sih sama om... tapi ga tau juga, namanya mata manusia, mungkin ga tepat kaya pake mesin...

iya nih om, gc mulai kambuh2an... tapi kalo udah dibenerin mah insya Allah ga kambuh2 lagi....

[Post made via Mobile Device] Image

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 3:55 pm
by zulindra
emang komponen karbu udah banyak diganti ya om ?. kalo sy sih selama gak ada kerusakan dari penampakan fisik, mending pake bawaan aslinya.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 7:20 pm
by onta
oya, nambah pertanyaan juga.. akhir2 ini kalo tiba2 digas suka ada jeda dulu baru akselerasi.. tapi ga selalu.. saringan bensin udah dibersihin padahal... kira2 apa yah?? takutnya koil ato cdinya euy....
Coba dicek accelerator pump bisa nyembur klo gas diinjek?

[Post made via Mobile Device] Image

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 8:41 pm
by pauluspaska
Nah kaitannya dengan accelerator pump ada yang namanya power valve, kalo vacuum turun (bukaan gas besar dengan beban besar) katup ini buka, supaya bensin ngucur lebih banyak.
Letak power valve ada di mana yah? eh di dasar bak penampung bensin. katup ini ditekan oleh tuas. Om onta pernah rendam karbu pakai cairan kimia, karet vacum tuas ini jadi jebol.

Semprot pakai DCS lubangnya, tapi harus segera di tiup supaya karet gak jebol.
Kalau BBM jelek dan udara kotor, daerah ini kotor banget biasanya.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Fri May 14, 2010 8:48 pm
by onta
waktu itu direndem ama porstex hehehe
yg kalah bukan karetnya, tp dindingnya.
wong abis direndem karbu langsung kinclong.
bisa jadi trik penjual barang bekas.
dl pernah experimen ga pake ke duanya.
yg paling ga enak itu klo accel pump dimatiin, di gas rasanya mobil malah mundur.
klo ga pake power valve ga terlalu parah, masih bisa di urut.

[Post made via Mobile Device] Image

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Sat May 15, 2010 7:08 am
by 4rif
mantab sharing nya...

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Sun Jul 11, 2010 3:33 am
by cokgus
fandika wrote:om2 mo minta tolong, aku sedang bongkar karburatornya grandy yg setelah dicek ternyata salah satu pegangan bautnya yg ke manifold patah, setelah dibongkar , kelupaan cara pasang bagian2 as/lengan serta per2 yang ada di throttle bodynya . tolong jika ada yang bisa kirimi aku photo karburator dari berapa posisi terutama yang menunjukkan dengan jelas posisi kedua as yang terhubung dengan 2 daun kupu2nya. terima kasih sebelumnya.
Fery- bekasi
sebelumny dah kenalan blm om?...
U/ urusan assembly di manual ad,udah dunlud blm?..

[Post made via Mobile Device] Image