DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
ane pake 0.50mm...
agak sedikit bunyi...
tp kayaknya nambah kompresi tuh...
agak sedikit bunyi...
tp kayaknya nambah kompresi tuh...
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
Kok Bisa nambah kompresi ya Om? Bingung....
Grandcivic Kaca Gelap
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
Silinder no 1 itu yang paling kanan kalo kita menghadap mesin, berurut 2-3 dan 4
Klep buang itu yang sama sisi dengan knalpot sedangkan yang masuk(intake) yang sama sisi dengan karbu.
Klep buang itu yang sama sisi dengan knalpot sedangkan yang masuk(intake) yang sama sisi dengan karbu.
Grandcivic Kaca Gelap
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
Hebat euy bisa stel klep sendiri......Buka bengkel yuk.....
Grandcivic Kaca Gelap
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
Kemarin setelah turun mesin, klep disetel 2 kali.
Yang pertama waktu pertama kali mesin dihidupkan sejak turun mesin.
Yang kedua setelah jalan 1 minggu.
Waktu setel yang kedua, ketahuan ada setelan yang kekencengan. Terus disetel ulang. Eh malah jadi bunyi kenceng banget.
Montir bilang kepala klep udah gak rata lagi gara-gara kena pelatuk, jadi nyetelnya gak bisa pake gauge itu, harus pake perasaan. duh hebat juga ya campur ngeri juga. Eh tapi ajaib, klep gak bunyi tuh.
Yang pertama waktu pertama kali mesin dihidupkan sejak turun mesin.
Yang kedua setelah jalan 1 minggu.
Waktu setel yang kedua, ketahuan ada setelan yang kekencengan. Terus disetel ulang. Eh malah jadi bunyi kenceng banget.
Montir bilang kepala klep udah gak rata lagi gara-gara kena pelatuk, jadi nyetelnya gak bisa pake gauge itu, harus pake perasaan. duh hebat juga ya campur ngeri juga. Eh tapi ajaib, klep gak bunyi tuh.
Grandcivic Kaca Gelap
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
he eh benel tuw.
klo feeler gauge dipasang di pantat camshaft trus crankshaft diputer banyak ga ratanya.
Contoh yg silinder satu punya gw, posisi TOP, udah pas 0.2mm. Crankshaft diputer dikit eh langsung longgar.
klo feeler gauge dipasang di pantat camshaft trus crankshaft diputer banyak ga ratanya.
Contoh yg silinder satu punya gw, posisi TOP, udah pas 0.2mm. Crankshaft diputer dikit eh langsung longgar.
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
Help: klep ex piston # 3 gak bisa dikencengin. harus diapain tuh..?
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
bautnya doll ya oom? kudu ganti oom.. kalo trik montir jaman dulu sementara belum dapat ganti bisa aja diakalin dengan memasang selembar kecil lempeng alumunium (dulu bekas tube odol..) di lubang baut itu, terus ditekan & dibaut deh.. untuk sementara bisa lah.. jangan diandelin seterusnya sih..
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
nggak dol, bautnya keras banget. gak bisa dilonggarin atau dikencengin gitu, padahal setelannya terlalu longgar.
Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep
Oo nggak bisa dilonggarin? kirain nggak bisa dikencengin karena doll.. di hajar penetrant aja dulu..