Page 3 of 6

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Thu Nov 27, 2008 9:50 pm
by saitama
hebat nih om PPP salut ooomm aku malah binun mo cari boost meter yang ada vacum nya sekalian cari blow opp... buat mesin q aku pusiiiingggg.........


huaaaaaaaaaaaaa

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Fri Nov 28, 2008 8:19 am
by onta
pauluspaska wrote:gini Om, sebelumnya juga aku ampe pusying mikirin idle ku kok gak beres2....
setelah ganti delko, ganti busi ke ori(ternyata selama ini pake yang genio, lebih pendek radiator businya), dapet tuh di 700, ini setelah bongkar pasang karbu dulu ampe apal. dipriksa gak ada yang bocor dan lain sebagainya.
Sekarang setelah ganti aki(ganti gara2 HHO :mrgreen: ) ditambah grounding bagus, plus busi yang fresh, apinya juga bagus. Idle ku smooth di 700 kalo dingin....kalo panas naek dikit.

Baru deh ngerasain efek kalo api bagus itu waktu start mobil bisa ngacir...tapi lagi bingung nih, di putaran atas, mesin rasanya beda, gak responsive gitu. Agak kosong.
kayane abis gw ganti karbu blum sempet tune detail, abis waktunya ngakalin karbu. SAbtu ta coba dl bersihin jalur idle, baru rembet ke pengapian.

kamsia Om ...

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Wed Dec 10, 2008 11:05 am
by abah
Baru deh ngerasain efek kalo api bagus itu waktu start mobil bisa ngacir...tapi lagi bingung nih, di putaran atas, mesin rasanya beda, gak responsive gitu. Agak kosong.


Om, saya juga ngerasain, kalo di putaran atas rada berat. apa mungkin setelan karbunya?? padahal udah coba pake pertamax, tetep aja kaya gitu.

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Wed Dec 10, 2008 5:07 pm
by pauluspaska
Sepertinya bukan karbu deh om.
Saya kemarin coba bersihin karbu lagi, setel ulang gak ada pengaruhnya, di atas masih kosong....

Saya curiga vacuum advancer yang ada di delko gak bekerja bagus.
nanti saya kasih reportnya.

Saya dapet dorongan kalo gas diinjek rada dalem yang mana itu rada gak lazim soalnya sebelum ganti delko gak perlu injek dalem.

saya curiga itu pengapian terlambat gara-gara tertahan sama vacuum advancer,jadi waktu gas cuma dibuka dikit pengapian masih beberapa derajat dibelakang....nah pas gas dibuka gede, vacuum di karbu kecil, vacuum advancer jadi lepas..baru deh pengapian maju.

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Wed Dec 10, 2008 5:59 pm
by meneer
pauluspaska wrote:Sepertinya bukan karbu deh om.
Saya kemarin coba bersihin karbu lagi, setel ulang gak ada pengaruhnya, di atas masih kosong....

Saya curiga vacuum advancer yang ada di delko gak bekerja bagus.
nanti saya kasih reportnya.

Saya dapet dorongan kalo gas diinjek rada dalem yang mana itu rada gak lazim soalnya sebelum ganti delko gak perlu injek dalem.

saya curiga itu pengapian terlambat gara-gara tertahan sama vacuum advancer,jadi waktu gas cuma dibuka dikit pengapian masih beberapa derajat dibelakang....nah pas gas dibuka gede, vacuum di karbu kecil, vacuum advancer jadi lepas..baru deh pengapian maju.
ganti dual carb eks matic...beresssssss :mrgreen:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Wed Dec 10, 2008 7:59 pm
by badooy
bisa jg krn setelan top gak wutul

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Wed Dec 10, 2008 8:46 pm
by bisatyo
meneer wrote: ganti dual carb eks matic...beresssssss :mrgreen:
lah,, emank dual card manual sm matic beda yah,??

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Wed Dec 10, 2008 10:08 pm
by meneer
bisatyo wrote: lah,, emank dual card manual sm matic beda yah,??
beda..dan sudah terbukti manjur :P :mrgreen:

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Thu Dec 11, 2008 8:43 am
by onta
pauluspaska wrote: saya curiga itu pengapian terlambat gara-gara tertahan sama vacuum advancer,jadi waktu gas cuma dibuka dikit pengapian masih beberapa derajat dibelakang....nah pas gas dibuka gede, vacuum di karbu kecil, vacuum advancer jadi lepas..baru deh pengapian maju.
ehem sepertinya rada keliru Om ...
vacuum advance=majuin pengapian lewat vacuum
throtle bukaan kecil (vacuum besar), bensinnya sedikit ngocor, bensin gampang terbakar, pengapian butuh dimajuin mendekati TMA.
Klo pas throtle bukaan besar (vacuum mendekati 0), bensin yg ngocor deres, butuh waktu agak lama untuk membakar, jadi timing perlu dimundurin menjahui TMA, spy semua bensin bisa terbakar.

Kemarin sempet setelah ganti karbu prestige pake spuyer GC, tarikan atas jd lemot, akhirnya gw ganti spuyer bawaan prestige yg mana idle jetnya naik 5 jadi 80, main jet turun 5 jadi 45. Langsung uenak tenan, sampe 6500rpm nda ada matinya.

yg perlu di lihat mungkin, vacuum advance macet ga?
biasanya klo macet (utk menghindari nglitik) delco disetel puteran atasnya boyo.
Klo vacuum advance nda macet, mungkin secondary throtle'nya yg macet/ vacuumnya bocor.
Taunya macet/bocor klo pas ditarik sampe 5000rpm, mesin kaya kehabisan bensin

Re: DIY: VACUIUM METER UTK DIAGNOSA MESIN DAN SEKOLAH KAKI KANAN

Posted: Thu Dec 11, 2008 9:28 am
by pauluspaska
sepertinya kudu bikin thread baru nih...tapi ya wis lah sekalian aja disini...

Spuyer yang mana yang diganti? kalo karbu kan cuma ada 1 spuyer yang bisa dicopot.

Secondary gak macet.

Biasanya(sebelum ganti delko) putaran atas (3000 - 3500) dengan kec 100 km/j vacuum bisa ditahan di 15 inHg....terus kalo melambat/rem saya pindahin dari D4 ke D3 supaya putaran gak turun, waktu mau tancap lagi masih ada isinya(bertenaga) gitu..sekaran setelah ganti delko, putaran bawah mantap benar, to'el dikit itu pedal gas mobil ngacir, mulai 90 km/j mobil jadi boyot, gas kudu diteken dalem.....pas di 100 km/j vacuum cuma dapet 12 inHg...diusahain dapet 15 susah bener.....(btw ini lagi jalan datar ya...) terus kalo lagi melambat di 100 km/j dipindah ke D3 mau tancap gas boyot nih.....