DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by pauluspaska » Fri Feb 20, 2009 11:41 am

Jangan kebanyakan deh Om, cukup buat membasahi permukaan piston.
Lakukan beberapa kali siklus.

Kalau mau agak repot dikit,
Setiap silinder, cari TOP nya barulah di semprot, supaya cairannya gak terlalu banyak, soalnya waktu TOP piston ada di atas. cairan pasti nyentuh dinding atas juga...
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by ariphrp » Fri Feb 20, 2009 6:42 pm

pauluspaska wrote:Jangan kebanyakan deh Om, cukup buat membasahi permukaan piston.
Lakukan beberapa kali siklus.

Kalau mau agak repot dikit,
Setiap silinder, cari TOP nya barulah di semprot, supaya cairannya gak terlalu banyak, soalnya waktu TOP piston ada di atas. cairan pasti nyentuh dinding atas juga...
dengan muter crank shaft ya oom? ato di start pancing aja bisa?

aube-ok

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by aube-ok » Sat Feb 21, 2009 12:37 am

ariphrp wrote:
dengan muter crank shaft ya oom? ato di start pancing aja bisa?
caranya gimana tuh, biar tau kalo itu TOP - nya?
itu kan bersihin ruang bakar ya om, berarti ga bersihin klep nya donk,
setahu aku om (sok tau sih) kalo klepnya juga banyak keraknya
berarti kompresinya juga turunkan.... :?:
bener ga? apa aku yg salah persepsi ya..??

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by ariphrp » Sat Feb 21, 2009 7:44 am

aube-ok wrote:
caranya gimana tuh, biar tau kalo itu TOP - nya?
itu kan bersihin ruang bakar ya om, berarti ga bersihin klep nya donk,
setahu aku om (sok tau sih) kalo klepnya juga banyak keraknya
berarti kompresinya juga turunkan.... :?:
bener ga? apa aku yg salah persepsi ya..??
Kalo mau tau TOPnya colok obeng panjang ke lubang busi, putar crank chaft ampe itu obeng naik nongol ke posisi tertinggi.. nahh itu TOPnya untuk piston tsb..
Keknya emang untuk bersihin ruang bakar ya.. kalo klep mbuh pake apa ya? Om PP tau? :?:

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by pauluspaska » Sat Feb 21, 2009 11:54 am

Iya puter crank. Belokkan roda depan kiri ke kiri untuk memberi ruang kita putar crank.

Kerak di leher klep yang keras gak bisa didbersihkan dengan cairan ini, pakai cutter pun cukup keras. Untuk klep memang sebaiknya skir klep sekalian supaya klep bisa duduk rapat di seatingnya.
Grandcivic Kaca Gelap

aube-ok

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by aube-ok » Sat Feb 21, 2009 9:48 pm

jiaaahh... mantap bung tips nya....

makasih ya..
oh ya mo tanya sekalian, kalo bedanya CC di bengkel2 tuh apa ya
kan promosinya pake mesin tuh kalo mo CC (entah mesin apaan ga tau)
bedanya jauh ngga kalo kita CC sendiri?
biaya buat 4 silinder 300rb

User avatar
abah
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1756
Joined: Thu Oct 30, 2008 10:34 am
Location: bandung - Pekalongan

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by abah » Sun Aug 30, 2009 3:33 pm

Om, kalo ga salah, ada engine flush merk STP.. itu mah dimasukin ke oli.. trus kalo udah dipake kudu ganti oli juga... itu gimana, recomended ga??

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by meneer » Mon Aug 31, 2009 6:42 am

beda atuh bah..itumah cuman buat kuras oli duank...bukan carbon clean
kalo carbon clean tuh yg dibersihkan ruang bakarnya...
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by pauluspaska » Mon Aug 31, 2009 9:17 am

Bah, bisa dipake kok itu.
Ada lagi pengganti flush yang lain yaitu oli matic. Oli matic punya detergen yang bagus buat bersihken oli mesin, cuma memang maharani.

Kemarin bersihken manipol intake sampe ke port dalem dengan cara angkat karbu, trus pakai sedotan panjang dimasuken sampai mentok ke port intake, trus selang semprotan pembersih dimasuken ke sedotan itu, lumayan, bersih juga..
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: DIY: Hard Tune-Up 2: Carbon Clean

Post by meneer » Mon Aug 31, 2009 9:50 am

nah kan om PP salah tangkep :p
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

Post Reply