DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by Kurniawan dicky » Wed Feb 03, 2010 3:46 pm

onta wrote:Oms mo tanya, itu CDI GC apa betul CDI?
Kayanya itu cuma Induction Ignition.
Tadi mbolos sebentar dr kantor, penasaran ma artikel coil.
Dikasih tegangan 12V, voltase dari CDI ke arah coil cm dapet 2V.

Lain sama CDI motor yg asli Capasitive Discharge.
Tegangan dari CDI bisa diatas 100V.

[Post made via Mobile Device] Image
Saya pikir hanya pulse signa aja kali om, secara keluaran nya masih DC tegangan kecil, kalo saya pernah ukur dapet 12V om.
Mungkin om onta saat mengukur posisi reluctor (baling2 bintang 4 di dalam delco) tidak pada posisi lawannya, makanya cuma 2V.
Kalo di CDI motor saya pernah nyabut kabel yg ke koil, langsung kesetrum gede banget.... :-o :-o

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by onta » Wed Feb 03, 2010 3:51 pm

Posisi lawan kui sing gmn?
tak puter pelan, sirip ketemu sirip cm nambah 1V.
Kirain CDI yg lama rusak, di mobil ta copot hasilnya jg sama.
apa semuanya rusak?

Kalau diukur (+) coil lawan ground dapat 12V,
nah kabel (-) coil lawan (+) coil cm dapet segituan.

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by onta » Wed Feb 03, 2010 4:26 pm

Barusan dapat ilham lagi,
itu pas ngukur coil kan dicabut, soale takut kesetrum.
Kayanya simulasi belum komplit.

teori awang2nya:
Pas kumparan primer coil putus tegangan, induksi di kumparan primer sendiri seharusnya menghasilkan tegangan tinggi, kira2 300V
Nah kemungkinan EMF baliknya sendiri disimpan di CDInya buat triger selanjutnya.

Nanti malem tes lagi ahhh, doain ga kesetrumn
Paling afdol harusnya minta tolong ukurin sama yg sdh pake coil external yah ... :D

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by pauluspaska » Wed Feb 03, 2010 5:55 pm

setuju dengan om dicky,
Itu CDI kok pelajari gak seperti CDI pada umumnya. Hanya 'pemantik' atau trigger saja dengan voltase kecil.
Soalnya dulu pernah jalan dengan kondisi aki gak charge, semua lampu mati, jarum bensin megap-megap, tapi mobil masih bisa lari sampai pada akhirnya mobil menyerah karena gak ada listrik sama sekali di aki. (gara-gara kabel alternator kendor)
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by onta » Wed Feb 03, 2010 9:52 pm

Nah terbukti kan ..... coba liat gambarnya

Image

Posisi selektor AVO ada di DC 1000, power supply 12V dari adaptor Energizer 1A.
Kepala coil di ground ke body, keluar spark.
Semakin cepet reluctor triger on/off, api semakin biru.
Muterinnya pake jepitan baju, takut kesetrum ;;)

Berarti kesimpulan CDI Honda GC is CDI :ymparty:

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by Kurniawan dicky » Thu Feb 04, 2010 7:46 am

onta wrote:Posisi lawan kui sing gmn?
tak puter pelan, sirip ketemu sirip cm nambah 1V.
Kirain CDI yg lama rusak, di mobil ta copot hasilnya jg sama.
apa semuanya rusak?

Kalau diukur (+) coil lawan ground dapat 12V,
nah kabel (-) coil lawan (+) coil cm dapet segituan.
Saya pernah ukur + dan - yang ke koil dapet 12V an Om....
Ntar coba lagi deh...

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by Kurniawan dicky » Thu Feb 04, 2010 7:53 am

onta wrote:Nah terbukti kan ..... coba liat gambarnya

Image

Posisi selektor AVO ada di DC 1000, power supply 12V dari adaptor Energizer 1A.
Kepala coil di ground ke body, keluar spark.
Semakin cepet reluctor triger on/off, api semakin biru.
Muterinnya pake jepitan baju, takut kesetrum ;;)

Berarti kesimpulan CDI Honda GC is CDI :ymparty:
Kalo reluctornya gak diputer, dapet berapa V om?

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by onta » Thu Feb 04, 2010 8:27 am

klo ga diputer, bacanya 0V, selector dah dipindah di 20V masih kebaca 0.
2V diukur sebelumnya tanpa coil, rupanya sdh disedot kumparan primer.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by zulindra » Mon Apr 19, 2010 12:24 pm

Om PP, kelanjutan DIY untuk bagian dalamnya dong !!.

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Post by pauluspaska » Mon Apr 19, 2010 4:04 pm

:D saya gak terusin DIY jeroannya om, soalnya gak punya tool nya, trus keburu ganti beli baru tapio stock lama. langsung beres deh. Om Onta kayaknya pernah sampe ganti per dalem. Maap ya om.....
Grandcivic Kaca Gelap

Post Reply