Page 5 of 19

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Tue Sep 02, 2008 10:55 am
by onta
Spuyer yg ini kan?? (no 6)
no 6 lubangnya tembus ke arah garis biru.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Tue Sep 02, 2008 11:00 am
by onta
dr spuyer angin no 6 tadi tembus ke lubang 4/5.
yg 5 ke arah venturi, yg 4/3 ke arah idle jet.
Klo dipikir2 spuyernya tambah gedhe, malah nyedot angin lebih banyak.
Klo tambah kecil malah nyedot bensin lebih banyak.
Klo ga salah spuyer ini yg tugasnya membatasi aliran bensin yg kesedot di main Venturi

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Tue Sep 02, 2008 1:49 pm
by pauluspaska
Kurniawan dicky wrote:
Nah kalo yg ini tertulis kode 48, standar gak Om?
Koz GC ane buooroos buanged.. :o :mrgreen:
Om KD,
Kalau GC sebelumnya baik-baik saja, gak boros, jarang sekali jadi boros gara2 karbu yang berubah karena lubang2 yang mendadak membesar, kecuali tersumbat kotoran. Tapi ini bukan bikin boros tapi jadi tidak bertenaga.

Ini adalah pelajaran buat gw om...delko yang bermasalah: membuat api tidak besar, tidak stabil, bocor, pasti membuat gc boros.

gw udah hapal sama karbu, bolak-balik dibongkar gak bikin ngirit.
Kemarin setelah delko diganti segelundung, mobil jadi sangat responsif, seperti waktu gw dapetin itu mobil.
emang bener kalau pengapian yang bagus membuat mobil jadi efisien dan responsif.

Makana orang-orang pake modul pengapian atau koil luar supaya apinya gede. Supaya lebih responsif.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Tue Sep 02, 2008 3:41 pm
by Kurniawan dicky
onta wrote:Spuyer yg ini kan?? (no 6)
no 6 lubangnya tembus ke arah garis biru.
Ya yang itu, yg kodenya 85. Satunya lagi bentuknya panjang kodenya 48.
Nomor kode ini masih std GC apa dah digedein ya?

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Tue Sep 02, 2008 3:49 pm
by Kurniawan dicky
pauluspaska wrote:
Om KD,
Kalau GC sebelumnya baik-baik saja, gak boros, jarang sekali jadi boros gara2 karbu yang berubah karena lubang2 yang mendadak membesar, kecuali tersumbat kotoran. Tapi ini bukan bikin boros tapi jadi tidak bertenaga.

Ini adalah pelajaran buat gw om...delko yang bermasalah: membuat api tidak besar, tidak stabil, bocor, pasti membuat gc boros.

gw udah hapal sama karbu, bolak-balik dibongkar gak bikin ngirit.
Kemarin setelah delko diganti segelundung, mobil jadi sangat responsif, seperti waktu gw dapetin itu mobil.
emang bener kalau pengapian yang bagus membuat mobil jadi efisien dan responsif.

Makana orang-orang pake modul pengapian atau koil luar supaya apinya gede. Supaya lebih responsif.
Justru itu Om, karna sy gak tau kondisi sebelumnya. Ini GC pas saya dapet belum test borosnya. Perasaan seh irit, mungkin karna pakainya deket (1 hari PP 8Km). Begitu ditest di tol ternyata 1ltr/8km.... Memang stlh turun mesin kompresi satu cylinder masih ada yg bocor, nah sebelum turun lagi saya coba2 cek karbunya barangkali ketemu sesuatu yg janggal....gituh Om.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Tue Sep 02, 2008 3:52 pm
by Kurniawan dicky
Kalo karbu nya masih gak masalah, berarti kemungkinan karena kompresi bocor akibat 1 valve guide oblak. Mau buka head sendiri, lagi nunggu posting DIY turun mesin biar gak salah kaprah.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Wed Sep 03, 2008 8:10 am
by onta
Om Dicky, benul kata Om Paul, klo borosnya sampe 1:8km biasanya itu bukan di karbu dengan catatan masih std. Lain ama Om Baduy yg da pernah nyoba dual carb jadi 1:6 :p
Klo curiga ama spuyer, diganti aja pake karbu kit beli, punya gw jg diganti karbu kit ga terasa perbedaannya.
Klo baca ceritanya di tol bisa 1:8 bisa jadi masalah ada di pengapian. Termasuk jg salah satu silinder yg bocor.
Coba cek satu2, klo punya gw dr 1:8 berubah ke 1:10 yg dibenerin: cek vacuum manifold, ganti vacuum delco, ganti per delco dan yg terakhir ganti delco (cdi +coil) hehehehe.
Tes kompresi blm di cek, karena lihat busi warnanya masih coklat kering normal.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Wed Sep 03, 2008 9:27 am
by pauluspaska
Kurniawan dicky wrote:Kalo karbu nya masih gak masalah, berarti kemungkinan karena kompresi bocor akibat 1 valve guide oblak. Mau buka head sendiri, lagi nunggu posting DIY turun mesin biar gak salah kaprah.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
Valve guide itu sama sama bos (bushing) valve gak ya?
kalo sama, dan udh oblak, bongkarnya rada susah tuh, jangan DIY. Nyopotnya kudu ketukang yang bisa nge-press guide itu.

Kemarin udah gatel mau suruh montir bongkar turun mesin waktu buka timing belt....tinggal dikit lagi turun mesin...tapi lagi cekak nih dompet....hehehehe...

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Wed Sep 03, 2008 2:34 pm
by Kurniawan dicky
onta wrote:Om Dicky, benul kata Om Paul, klo borosnya sampe 1:8km biasanya itu bukan di karbu dengan catatan masih std. Lain ama Om Baduy yg da pernah nyoba dual carb jadi 1:6 :p
Klo curiga ama spuyer, diganti aja pake karbu kit beli, punya gw jg diganti karbu kit ga terasa perbedaannya.
Klo baca ceritanya di tol bisa 1:8 bisa jadi masalah ada di pengapian. Termasuk jg salah satu silinder yg bocor.
Coba cek satu2, klo punya gw dr 1:8 berubah ke 1:10 yg dibenerin: cek vacuum manifold, ganti vacuum delco, ganti per delco dan yg terakhir ganti delco (cdi +coil) hehehehe.
Tes kompresi blm di cek, karena lihat busi warnanya masih coklat kering normal.
Sektor pengapian dah pakai koil luar n gak keliatan ada api bocor tuh. Ada curiga juga tuh om ama delconya koz idle rpmnya gak stabil kadang turun kadang naek sekitar 200rpm, Okleh ntar sy coba cek sektor delco nya.
Tq Om.

Re: DIY: Service Karburator

Posted: Wed Sep 03, 2008 2:35 pm
by badooy
dual carb gw paling irit dah pake modul pengapian paling 1:7-8...
tp keknya yg lain lebih irit tuh... mekel, ewin...