Re: DIY: Service Karburator
Posted: Tue Sep 02, 2008 10:55 am
Spuyer yg ini kan?? (no 6)
no 6 lubangnya tembus ke arah garis biru.
no 6 lubangnya tembus ke arah garis biru.
Om KD,Kurniawan dicky wrote:
Nah kalo yg ini tertulis kode 48, standar gak Om?
Koz GC ane buooroos buanged..
Ya yang itu, yg kodenya 85. Satunya lagi bentuknya panjang kodenya 48.onta wrote:Spuyer yg ini kan?? (no 6)
no 6 lubangnya tembus ke arah garis biru.
Justru itu Om, karna sy gak tau kondisi sebelumnya. Ini GC pas saya dapet belum test borosnya. Perasaan seh irit, mungkin karna pakainya deket (1 hari PP 8Km). Begitu ditest di tol ternyata 1ltr/8km.... Memang stlh turun mesin kompresi satu cylinder masih ada yg bocor, nah sebelum turun lagi saya coba2 cek karbunya barangkali ketemu sesuatu yg janggal....gituh Om.pauluspaska wrote:
Om KD,
Kalau GC sebelumnya baik-baik saja, gak boros, jarang sekali jadi boros gara2 karbu yang berubah karena lubang2 yang mendadak membesar, kecuali tersumbat kotoran. Tapi ini bukan bikin boros tapi jadi tidak bertenaga.
Ini adalah pelajaran buat gw om...delko yang bermasalah: membuat api tidak besar, tidak stabil, bocor, pasti membuat gc boros.
gw udah hapal sama karbu, bolak-balik dibongkar gak bikin ngirit.
Kemarin setelah delko diganti segelundung, mobil jadi sangat responsif, seperti waktu gw dapetin itu mobil.
emang bener kalau pengapian yang bagus membuat mobil jadi efisien dan responsif.
Makana orang-orang pake modul pengapian atau koil luar supaya apinya gede. Supaya lebih responsif.
Valve guide itu sama sama bos (bushing) valve gak ya?Kurniawan dicky wrote:Kalo karbu nya masih gak masalah, berarti kemungkinan karena kompresi bocor akibat 1 valve guide oblak. Mau buka head sendiri, lagi nunggu posting DIY turun mesin biar gak salah kaprah....
Sektor pengapian dah pakai koil luar n gak keliatan ada api bocor tuh. Ada curiga juga tuh om ama delconya koz idle rpmnya gak stabil kadang turun kadang naek sekitar 200rpm, Okleh ntar sy coba cek sektor delco nya.onta wrote:Om Dicky, benul kata Om Paul, klo borosnya sampe 1:8km biasanya itu bukan di karbu dengan catatan masih std. Lain ama Om Baduy yg da pernah nyoba dual carb jadi 1:6
Klo curiga ama spuyer, diganti aja pake karbu kit beli, punya gw jg diganti karbu kit ga terasa perbedaannya.
Klo baca ceritanya di tol bisa 1:8 bisa jadi masalah ada di pengapian. Termasuk jg salah satu silinder yg bocor.
Coba cek satu2, klo punya gw dr 1:8 berubah ke 1:10 yg dibenerin: cek vacuum manifold, ganti vacuum delco, ganti per delco dan yg terakhir ganti delco (cdi +coil) hehehehe.
Tes kompresi blm di cek, karena lihat busi warnanya masih coklat kering normal.