Page 6 of 9

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Wed Jun 06, 2012 2:58 pm
by habibi.gc91
om, saya udah ganti vacumnya, tp pengapian sempurnanya gak dapet... ada ledakan2 pas mobil lansam...

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Wed Jun 06, 2012 6:22 pm
by Pa'de Gung
habibi.gc91 wrote:om, saya udah ganti vacumnya, tp pengapian sempurnanya gak dapet... ada ledakan2 pas mobil lansam...
Mungkin setelan angin di karbu terlalu banyak om......

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Sat Oct 20, 2012 11:25 pm
by ludi0612
nouva saya jga lagi masalah di pengapian om..karbu sudah di overhaul..tapi saat di setting tutup gas di rpm 4000 - 3500 ada ganjelan..(tidak mulus) setting angin karbu tetep juga ga dapet..setelah bongkar delco ternyata posisi bali2 yang ada bilah 4 clearence nya tidak rata dengan buffle nya..dan terlhat pernah terjaaldi gesekan..kemudian setelah di setting di posisi paling center..(jarak kerenggangan mendekati sama di semua bilah) saya test di toll ternyata di rpm 3000 ke atas malah knocking terutama di gigi 4 dan 5,,kemudian saya geser kembali delco ke arah kita (posisi menghadap engine) tapi lansam tidak begitu halus seperti pincang..what happen ya om om semua? apa koilnya sudah tidak bagus, atau murni timing pengapian belum dapat pas nya ya??thanks om om semua..

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Mon Aug 26, 2013 10:58 am
by Sanggi
mohon bantuannya om sekalian

liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..

tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)

terima kasih ,,
salam GCers

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Mon Aug 26, 2013 11:25 am
by adeindra
pas masang lsgi posisinya salah kali omjadi posisi top timingnya engga tepat


waduh pertanyaan om ludi belum ada yang jawab neeh... help om

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Mon Aug 26, 2013 12:38 pm
by zulindra
ludi0612 wrote:nouva saya jga lagi masalah di pengapian om..karbu sudah di overhaul..tapi saat di setting tutup gas di rpm 4000 - 3500 ada ganjelan..(tidak mulus) setting angin karbu tetep juga ga dapet..setelah bongkar delco ternyata posisi bali2 yang ada bilah 4 clearence nya tidak rata dengan buffle nya..dan terlhat pernah terjaaldi gesekan..kemudian setelah di setting di posisi paling center..(jarak kerenggangan mendekati sama di semua bilah) saya test di toll ternyata di rpm 3000 ke atas malah knocking terutama di gigi 4 dan 5,,kemudian saya geser kembali delco ke arah kita (posisi menghadap engine) tapi lansam tidak begitu halus seperti pincang..what happen ya om om semua? apa koilnya sudah tidak bagus, atau murni timing pengapian belum dapat pas nya ya??thanks om om semua..
dah dicoba belum posisi delco pas di tengah.. dengan asumsi kalopun pengapian meleset gak terlalu jauh.. dan langsam biasanya masih tetap normal.. kalo pengapian pas, asap gak pedih di mata, dan gak nyengat..
Sanggi wrote:mohon bantuannya om sekalian

liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..

tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)

terima kasih ,,
salam GCers
ini bisa karena magnetnya terbalik.. pengalaman saya gitu om.. :D

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Mon Aug 26, 2013 2:26 pm
by saitama
banyak sabar dan berdoa ya om semua... ini kasusnya lumayan rumit...

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Mon Aug 26, 2013 4:02 pm
by Pa'de Gung
ludi0612 wrote:nouva saya jga lagi masalah di pengapian om..karbu sudah di overhaul..tapi saat di setting tutup gas di rpm 4000 - 3500 ada ganjelan..(tidak mulus) setting angin karbu tetep juga ga dapet..setelah bongkar delco ternyata posisi bali2 yang ada bilah 4 clearence nya tidak rata dengan buffle nya..dan terlhat pernah terjaaldi gesekan..kemudian setelah di setting di posisi paling center..(jarak kerenggangan mendekati sama di semua bilah) saya test di toll ternyata di rpm 3000 ke atas malah knocking terutama di gigi 4 dan 5,,kemudian saya geser kembali delco ke arah kita (posisi menghadap engine) tapi lansam tidak begitu halus seperti pincang..what happen ya om om semua? apa koilnya sudah tidak bagus, atau murni timing pengapian belum dapat pas nya ya??thanks om om semua..
Pertanyaan 10 bulan lalu ni.... mungkin masalahnya udah solved....hehehe

Masalah knocking di rpm tertentu, mungkin vacum delko, breaker plat (bantalan magnet) tidak bekerja, seting posisi delko hanya menentukan titik awal, setelah itu timing pengapian disesuaikan otomatis sesuai vacum dan rpm.
Sebaiknya cek apakah bagian ini bekerja baik, walaupun ada juga yg mendisfungsikan vacum ini dan tidak mengalami knocking dengan memajukan penuh posisi delko (sisa coakan dibelakang baut).

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Mon Aug 26, 2013 4:19 pm
by Pa'de Gung
Sanggi wrote:mohon bantuannya om sekalian

liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..

tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)

terima kasih ,,
salam GCers
Betul yg om Zulindra bilang, pemasangan magnet yg terbalik membuat CDI tidak bekerja. cek sekalian koneksi kabel dalam delko, lalu pastikan sudah keluar api dari coil.
Tes pengapian bisa dilakukan di bawah, dgn memberikan tegangan 12V pada delko dan memutar as rotornya dengan tangan, ato kondisi terpasang.
kalo api sudah oke dan tetep ga mau nyala, mungkin as rotor kebalik, sehingga posisi rotor juga terbalik.
Bisa dicoba dengan reposisi kabel busi di tutup delko ke posisi sebrangnya / tukar silang ( kabel busi 1 tukar tempat dgn 4, 2 tukar tempat dgn 3 ).

Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan

Posted: Tue Aug 27, 2013 11:50 am
by Sanggi
zulindra wrote:
ludi0612 wrote:nouva saya jga lagi masalah di pengapian om..karbu sudah di overhaul..tapi saat di setting tutup gas di rpm 4000 - 3500 ada ganjelan..(tidak mulus) setting angin karbu tetep juga ga dapet..setelah bongkar delco ternyata posisi bali2 yang ada bilah 4 clearence nya tidak rata dengan buffle nya..dan terlhat pernah terjaaldi gesekan..kemudian setelah di setting di posisi paling center..(jarak kerenggangan mendekati sama di semua bilah) saya test di toll ternyata di rpm 3000 ke atas malah knocking terutama di gigi 4 dan 5,,kemudian saya geser kembali delco ke arah kita (posisi menghadap engine) tapi lansam tidak begitu halus seperti pincang..what happen ya om om semua? apa koilnya sudah tidak bagus, atau murni timing pengapian belum dapat pas nya ya??thanks om om semua..
dah dicoba belum posisi delco pas di tengah.. dengan asumsi kalopun pengapian meleset gak terlalu jauh.. dan langsam biasanya masih tetap normal.. kalo pengapian pas, asap gak pedih di mata, dan gak nyengat..


liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..

tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)

terima kasih ,,
salam GCers
ini bisa karena magnetnya terbalik.. pengalaman saya gitu om.. :D[/quote]
Pa'de Gung wrote:
Sanggi wrote:mohon bantuannya om sekalian

liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..

tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)

terima kasih ,,
salam GCers
Betul yg om Zulindra bilang, pemasangan magnet yg terbalik membuat CDI tidak bekerja. cek sekalian koneksi kabel dalam delko, lalu pastikan sudah keluar api dari coil.
Tes pengapian bisa dilakukan di bawah, dgn memberikan tegangan 12V pada delko dan memutar as rotornya dengan tangan, ato kondisi terpasang.
kalo api sudah oke dan tetep ga mau nyala, mungkin as rotor kebalik, sehingga posisi rotor juga terbalik.
Bisa dicoba dengan reposisi kabel busi di tutup delko ke posisi sebrangnya / tukar silang ( kabel busi 1 tukar tempat dgn 4, 2 tukar tempat dgn 3 ).

Siap laksanakan .. pengecekan magnetnya,, trims pa'de n om zul
tapi bisa membedakan magnetnya terbalik ato tidak dari mana ya om,. ?

salam GCers