Re: DIY: Bongkar Delco + Bersihkan
Posted: Wed Jun 06, 2012 2:58 pm
om, saya udah ganti vacumnya, tp pengapian sempurnanya gak dapet... ada ledakan2 pas mobil lansam...
Indonesian Civic EF community forum
http://grandcivic.com./
Mungkin setelan angin di karbu terlalu banyak om......habibi.gc91 wrote:om, saya udah ganti vacumnya, tp pengapian sempurnanya gak dapet... ada ledakan2 pas mobil lansam...
dah dicoba belum posisi delco pas di tengah.. dengan asumsi kalopun pengapian meleset gak terlalu jauh.. dan langsam biasanya masih tetap normal.. kalo pengapian pas, asap gak pedih di mata, dan gak nyengat..ludi0612 wrote:nouva saya jga lagi masalah di pengapian om..karbu sudah di overhaul..tapi saat di setting tutup gas di rpm 4000 - 3500 ada ganjelan..(tidak mulus) setting angin karbu tetep juga ga dapet..setelah bongkar delco ternyata posisi bali2 yang ada bilah 4 clearence nya tidak rata dengan buffle nya..dan terlhat pernah terjaaldi gesekan..kemudian setelah di setting di posisi paling center..(jarak kerenggangan mendekati sama di semua bilah) saya test di toll ternyata di rpm 3000 ke atas malah knocking terutama di gigi 4 dan 5,,kemudian saya geser kembali delco ke arah kita (posisi menghadap engine) tapi lansam tidak begitu halus seperti pincang..what happen ya om om semua? apa koilnya sudah tidak bagus, atau murni timing pengapian belum dapat pas nya ya??thanks om om semua..
ini bisa karena magnetnya terbalik.. pengalaman saya gitu om..Sanggi wrote:mohon bantuannya om sekalian
liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..
tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)
terima kasih ,,
salam GCers
Pertanyaan 10 bulan lalu ni.... mungkin masalahnya udah solved....heheheludi0612 wrote:nouva saya jga lagi masalah di pengapian om..karbu sudah di overhaul..tapi saat di setting tutup gas di rpm 4000 - 3500 ada ganjelan..(tidak mulus) setting angin karbu tetep juga ga dapet..setelah bongkar delco ternyata posisi bali2 yang ada bilah 4 clearence nya tidak rata dengan buffle nya..dan terlhat pernah terjaaldi gesekan..kemudian setelah di setting di posisi paling center..(jarak kerenggangan mendekati sama di semua bilah) saya test di toll ternyata di rpm 3000 ke atas malah knocking terutama di gigi 4 dan 5,,kemudian saya geser kembali delco ke arah kita (posisi menghadap engine) tapi lansam tidak begitu halus seperti pincang..what happen ya om om semua? apa koilnya sudah tidak bagus, atau murni timing pengapian belum dapat pas nya ya??thanks om om semua..
Betul yg om Zulindra bilang, pemasangan magnet yg terbalik membuat CDI tidak bekerja. cek sekalian koneksi kabel dalam delko, lalu pastikan sudah keluar api dari coil.Sanggi wrote:mohon bantuannya om sekalian
liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..
tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)
terima kasih ,,
salam GCers
ini bisa karena magnetnya terbalik.. pengalaman saya gitu om..zulindra wrote:dah dicoba belum posisi delco pas di tengah.. dengan asumsi kalopun pengapian meleset gak terlalu jauh.. dan langsam biasanya masih tetap normal.. kalo pengapian pas, asap gak pedih di mata, dan gak nyengat..ludi0612 wrote:nouva saya jga lagi masalah di pengapian om..karbu sudah di overhaul..tapi saat di setting tutup gas di rpm 4000 - 3500 ada ganjelan..(tidak mulus) setting angin karbu tetep juga ga dapet..setelah bongkar delco ternyata posisi bali2 yang ada bilah 4 clearence nya tidak rata dengan buffle nya..dan terlhat pernah terjaaldi gesekan..kemudian setelah di setting di posisi paling center..(jarak kerenggangan mendekati sama di semua bilah) saya test di toll ternyata di rpm 3000 ke atas malah knocking terutama di gigi 4 dan 5,,kemudian saya geser kembali delco ke arah kita (posisi menghadap engine) tapi lansam tidak begitu halus seperti pincang..what happen ya om om semua? apa koilnya sudah tidak bagus, atau murni timing pengapian belum dapat pas nya ya??thanks om om semua..
liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..
tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)
terima kasih ,,
salam GCers
Pa'de Gung wrote:Betul yg om Zulindra bilang, pemasangan magnet yg terbalik membuat CDI tidak bekerja. cek sekalian koneksi kabel dalam delko, lalu pastikan sudah keluar api dari coil.Sanggi wrote:mohon bantuannya om sekalian
liburan kemaren saya coba DIY buat bersihin Delco.. bongkar semua , kecual bagian yang ada springnya..
tapi saat mo di start mesin ga mau nyala lagi.. ada masukan om.. apa saja yang harus saya check untuk masalah ini,, (sebelum di bongkar untuk cleaning mobil dalam keadaan normal)
terima kasih ,,
salam GCers
Tes pengapian bisa dilakukan di bawah, dgn memberikan tegangan 12V pada delko dan memutar as rotornya dengan tangan, ato kondisi terpasang.
kalo api sudah oke dan tetep ga mau nyala, mungkin as rotor kebalik, sehingga posisi rotor juga terbalik.
Bisa dicoba dengan reposisi kabel busi di tutup delko ke posisi sebrangnya / tukar silang ( kabel busi 1 tukar tempat dgn 4, 2 tukar tempat dgn 3 ).