DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

share about anything that you do-it-yourself...
Post Reply
User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by nanangsurya » Tue Feb 09, 2010 4:00 pm

abah wrote:skema 2 yang bener om... udah tak coba kaya gitu...
wah....makasih bah..pencerahannya...mo pasang lagi neh......:)
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by adi_vostro » Thu Feb 11, 2010 2:42 am

onta wrote:Apa bengkel pernah ngetes arus yg masuk ke CDI tuw bisa berapa amper?
Setahu saya listrik yg masuk ke delco itu pake fuse 50A yg ada di main fuse box di depan.
Jadi kalaupun dibypass pake relay 30A itupun masih kurang.
Minimal dipasang yg seukuran 50A.
Nah untuk kasus mobil tua, sdh dibuktikan sama Om Paul,
bahwa kualitas kabel sdh ngedrop atau terminal di kunci kontak sdh tidak bagus
Buktinya voltase diukur sampai di delco lebih rendah timbang kepala aki.
Kalau mau perfect, bisa juga di rebuild kabelnya atau check rumah kunci kontak.
Cara paling simpel ya dibypass pake relay.

Kalau mau bagus tanpa potong2 yg sdh ada, bikin skun kabel barunya.
Skun cowok cewek untuk jalur rpm,
Skun cewek2 untuk kabel dari relay ke delco.
Lebih aman lagi ditambah fuse 50A ke arah relay.

Kalau si pencetus ide di milis ini malah di bypass langsung ke arah coilnya :D

nb:
umumnya transistor cdi dirancang sanggup menyalurkan arus sampai 20A,
sedangkan coil umumnya memakan arus 7A.
Untuk GC blm ada referensi & belum ada yg ngitung.
makasih untuk pencerahannya...bisa dibikin bahan buat protes ma bengkel neh.... :)) :))
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by cokgus » Thu Feb 11, 2010 4:46 pm

Standard voltage aki gc brpaan ya om?,,emang kalo kontak di on'in nilai voltage turun ya?..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by onta » Fri Feb 12, 2010 8:23 am

rata2 12.6 standby, klo bagus bisa dapet 12.8v
dikontak jelas turun, yg di onkan macem2. ada solenoid karbu, ada magnet alternator, blm termasuk asesories lain.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by cokgus » Fri Feb 12, 2010 1:25 pm

onta wrote:rata2 12.6 standby, klo bagus bisa dapet 12.8v
dikontak jelas turun, yg di onkan macem2. ada solenoid karbu, ada magnet alternator, blm termasuk asesories lain.

[Post made via Mobile Device] Image
bener om,,sy cek ke spd mtr jg gt,ap lg mbil yak..hehe

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by adi_vostro » Fri Feb 12, 2010 7:22 pm

akhirnya saya pasang juga...bengkel ngak mau masang'in,,,pasang sendiri aja.........
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

shopin
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 509
Joined: Sun Jan 18, 2009 10:22 pm
Location: sengkaling_malang,jawa timur
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by shopin » Mon Mar 01, 2010 6:59 pm

om mau nanya ...
tegangan yg kluar kan tergantung pemakaian beban "rata2 12.6 standby, klo bagus bisa dapet 12.8v
dikontak jelas turun, yg di onkan macem2. ada solenoid karbu, ada magnet alternator, blm termasuk asesories lain."

nah misal semakin banyak aksesoris yg dipasang, bukannya tegangan makin naek apabila di jumper langsung dari aki,kn tergantung aki donk....

soalnya pengalaman pribadi waktu mobil saya pake ketot (bukan alternator yg ad IC nya) tegangan yg masuk ke delco tinggi banget mpe 14,5 V, otomatis pengaruh ke semua klistrikan yg menyebabkan korslet kabel,stasioner dll

http://www.grandcivic.com/viewtopic.php?f=7&t=1922" onclick="window.open(this.href);return false;
now ONLY.. N 1277 GO

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by cokgus » Mon Mar 01, 2010 8:22 pm

shopin wrote:om mau nanya ...
tegangan yg kluar kan tergantung pemakaian beban "rata2 12.6 standby, klo bagus bisa dapet 12.8v
dikontak jelas turun, yg di onkan macem2. ada solenoid karbu, ada magnet alternator, blm termasuk asesories lain."

nah misal semakin banyak aksesoris yg dipasang, bukannya tegangan makin naek apabila di jumper langsung dari aki,kn tergantung aki donk....

soalnya pengalaman pribadi waktu mobil saya pake ketot (bukan alternator yg ad IC nya) tegangan yg masuk ke delco tinggi banget mpe 14,5 V, otomatis pengaruh ke semua klistrikan yg menyebabkan korslet kabel,stasioner dll

viewtopic.php?f=7&t=1922
ini ngomongin mslh ap sh om?..Relay Baypass ato baypass alternator?..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by onta » Mon Mar 01, 2010 9:56 pm

shopin wrote:om mau nanya ...
tegangan yg kluar kan tergantung pemakaian beban "rata2 12.6 standby, klo bagus bisa dapet 12.8v
dikontak jelas turun, yg di onkan macem2. ada solenoid karbu, ada magnet alternator, blm termasuk asesories lain."

nah misal semakin banyak aksesoris yg dipasang, bukannya tegangan makin naek apabila di jumper langsung dari aki,kn tergantung aki donk....

soalnya pengalaman pribadi waktu mobil saya pake ketot (bukan alternator yg ad IC nya) tegangan yg masuk ke delco tinggi banget mpe 14,5 V, otomatis pengaruh ke semua klistrikan yg menyebabkan korslet kabel,stasioner dll

viewtopic.php?f=7&t=1922
klo dapetnya 14.5 wah itu bisa dibilang bagus bisa dibilang riskan.
bagusnya supply listrik melimpah masih sesuai spek, jeleknya klo ada lonjakan voltase jadi overspek.

yg kemarin ditanyain itu kan posisi mobil diem, satu2nya supply dari aki. ya dapetnya sesuai tegangan aki.
ditambahi asesoris yg nyedot watt, ya turun voltase sumbernya. mirip tegangan PLN klo malem hari.
klo posisi mobil nyala, supply listrik diambil alih alternator.
fungsi cutout memutuskan listrik ke arah kumparan alternator apabila voltase sdh diatas ambang anjuran pabrik mobil.
aki posisinya isi ulang sambil menstabilkan tegangan, karena kerjanya mirip kapasitor.

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: DIY: RELAY BY-PASSED FOR BETTER FIRE

Post by zulindra » Mon Mar 15, 2010 10:01 pm

Mau nanya, Relay yang cocok berapa Ampere. kemarin sih ke bengkel minta dipasangin, tapi yg ada relay 30 A. katanya sih, mending cari yg 50 A. gimana nih, ada pengaruhnya nggak sih.

Post Reply