DIY: HHO Generator

share about anything that you do-it-yourself...
User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: HHO Generator

Post by pauluspaska » Tue Oct 21, 2008 8:53 am

rahardjo wrote:maaf rekans belum sempat foto nih, segera saya susulin deh.

hasil test pertama 9,091 liter solar bisa 109km 1:12

hasil test kedua 9,091 liter solar bisa 124km 1:13,7

masih pake 1 tabung, AC nyala, soundsystem juga on, cukup memuaskan ya, untuk pemakaian dalam kota.

teman saya aplikasikan 2 tabung di nissan cedric, bisa 1:15 dalkot.
pengen juga nih nyoba, pakai 1 tabung aja sudah enteng sekali akselerasinya, ditanjakan juga kerasa sekali entengnya, tapi berhubung tabung hny 1, sering terasa 'dorongan' gas nya yg masuk ke mesin, seperti kalo pakai NOS, tapi kalo gas nya abis, ya ngga ndorong lagi. Ini yang menggugah saya untuk pakai 2 tab dg harapan bisa menghilangkan jeda waktu kehabisan gas.

pernah waktu tabung saya lepas untuk diperbaiki kebocorannya, phanter rasanya jadi lelet banget padahal abis tune up ganti filter udara & filter solar, disitu saya nyadar kalo selama pakai HHO terasa jauh lebih enteng dari pada tidak pakai.

wah pak Paulus malah sudah mikir ke situ ya, harus nya memang kalo diset diatas rpm 2000 baru aktif memang lebih efektif ya pak, kelistrikan dari alternator sudah lebih siap. lalu dibawah 2000 yang jalan 1 tab saja ? kalo udah installed tolong di upload ya pak.
Boleh tanya Om R,
apakah Om pakai katup pengatur udara di tabung HHO? maksud saya apakah selain selang yang mengalirkan HHO ke mesin adakah lubang pengatur udara di tabungnya?

Selamat Om, kreatifitasnya berhasil!....kalau punya HP berkamera bolehlah kita berfoto ria...eh maksudnya hasil kreatifitasnya di foto.....
Grandcivic Kaca Gelap

rahardjo

Re: DIY: HHO Generator

Post by rahardjo » Tue Oct 21, 2008 5:10 pm

pak Paulus,

Ada lobang pernafasan, tp tidak saya beri pengatur, jadi freeflow begitu. pernah saya beri pengatur, tetapi saat akselerasi menjadi seperti tertahan,jadi saya lepas.

hari ini saya pasang yang 2 tabung, kabel positif saya besarin, 2 biji lampu penahan saya lepas. produksi gas nya jauh lebih banyak, saya tadi coba sepanjang hampir 20km, lebih enteng dari 1 tabung, cuma saya herannya kok airnya sangat mendidih, tabung dan selang penghubungnya sangat panas sekali.

kenapa ya ? apakah mungkin campuran KOH nya kebanyakan ? atau musti ditahan pake lampu lagi ? karena pengalaman di 1 tabung, walaupun KOH saya tambah 20% tetap dingin2 aja, sama sekali tidak panas, bahkan hangat jg tidak.

udah difotoin pake hp tapi ngga punya card reader nya :mrgreen: besok pagi saya cari card reader dulu yah

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: HHO Generator

Post by pauluspaska » Tue Oct 21, 2008 5:48 pm

2 lampu dilepas, jadi 200 watt beban hilang, Om R bilang total penggunaan cuma 8 ampere which is 96 watts this means 2 cells suffer 200-96= 104 watts, that's why your cells are heating up.

2 tabung belum bisa menampung kelebihan energi, jadi energi itu diubah menjadi panas. Pasang lagi 2 ekstra tabung untuk memakai kelebihan 104 watt itu.

Ditunggu reportase fotonya....


KAMI MENUNGGU DENGAN SETIA HASIL FOTO
Moto Grand civic DIY Section**
Grandcivic Kaca Gelap

rahardjo

Re: DIY: HHO Generator

Post by rahardjo » Tue Oct 21, 2008 5:49 pm

setelah dapat pinjaman laptop dari bunda, sekarang bisa upload, mudah2an lancar.

Image
Image
Image
Image
Image
Image

rahardjo

Re: DIY: HHO Generator

Post by rahardjo » Tue Oct 21, 2008 5:53 pm

pak Paulus,

ruang mesin panther sangat sesak, kayaknya udah nda bisa ditambah lagi deh, mungkin saya mau kembali pakai lampu.

ooya udah upload nih ;)

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: HHO Generator

Post by pauluspaska » Tue Oct 21, 2008 5:56 pm

Oh iya ya...Panther gak ada bagasi, kalau di Grill depan sebelum radiator gak bisa ya?

Beli batangan stainless itu dimana Om? Nampak sederhana ya.

jadi selang HHO dimasukan sebelum filter atau sesudah filter udara?
Grandcivic Kaca Gelap

rahardjo

Re: DIY: HHO Generator

Post by rahardjo » Tue Oct 21, 2008 6:08 pm

sempit tempatnya.

stainless nya beli di toko bangunan, biasa untuk bikin pagar atau railing tangga gituan.

setelah filter, jadi percis 5 cm sebelum intake yang dari aluminium (gambar kedua), saya pasang di posisi sebelah bawah dari karet saluran filter, mengingat sifat HHO yg mudah menguap.

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: DIY: HHO Generator

Post by pauluspaska » Mon Oct 27, 2008 1:08 pm

rahardjo wrote:sempit tempatnya.

stainless nya beli di toko bangunan, biasa untuk bikin pagar atau railing tangga gituan.

setelah filter, jadi percis 5 cm sebelum intake yang dari aluminium (gambar kedua), saya pasang di posisi sebelah bawah dari karet saluran filter, mengingat sifat HHO yg mudah menguap.
Om Raharjo, selang HHO di induksi ke intake dengan open port di HHOnya, gak bikin idle naik kacau? sebab sepengetahuan saya jika mesin disel panther itu ada oxygen sensor yang menghitung debit oksigen. Kalau ada open hole sedikit saja idle mesin akan kacau....
Mohon pencerehannya om...
Grandcivic Kaca Gelap

rahardjo

Re: DIY: HHO Generator

Post by rahardjo » Tue Oct 28, 2008 9:21 am

pauluspaska wrote:
Om Raharjo, selang HHO di induksi ke intake dengan open port di HHOnya, gak bikin idle naik kacau? sebab sepengetahuan saya jika mesin disel panther itu ada oxygen sensor yang menghitung debit oksigen. Kalau ada open hole sedikit saja idle mesin akan kacau....
Mohon pencerehannya om...
Selama ini kok tidak ada gejala idle up kacau.
Mungkin karena saya masuknya melalui jalur filter, jadi jalur sebelum masuk ke carb (kalo dimobil bensin, kalo di diesel istilahnya apa ya?)
karena saya pernah coba pasang di vw kodok melalui lobang intake manifold setelah carb yg langsung ke mesin, memang agak kacau, gejalanya seperti kebanyakan campuran udara, mbrebet begitu, dan harus di stel pengatur selang pernafasannya sampai putaran mesin bisa kembali normal.
sebetulnya menurut saya lebih efektif yg masuk setelah carb, karena lgs dikonsumsi mesin (gas yg terbuang lebih sedikit), teman saya sudah mencoba di vw nya, bisa capai 1:20.
mungkin di mobil bensin ber carb lebih mudah aplikasinya dari pada mobil injeksi macam diesel dan EFI bensin.

User avatar
batman
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 812
Joined: Thu Jul 24, 2008 4:19 pm
Location: @#$ macet nya Jakarta..

Re: DIY: HHO Generator

Post by batman » Tue Oct 28, 2008 11:07 am

Wah om paul n om hardjo ni emang benar2 kreatip n ambisius yup.. ok om2 lanjutin trus project na.. jadi nambah elmu bacanani...

Post Reply