![Image](http://www.rmcybernetics.com/images/main/eng/ignition_coil_driver_circuit_diagram_4.jpg)
Parts:
IC1 LM555
IC2 LM393
R1 10k
R2 10k
R3 2.2k
R4 10k
VR1 1M
VR2 10k
C1 47nF
T1 IRF740(max10A), IRF530(max14A), IRF540(max22A)
D1 1N4007
Tdi sempat belanja, total biaya untuk semua komponen ga termasuk pcb, timah, solder, bensin motor: 20rb
Sebetulnya induksi dari mana saja tidak masalah. Kalau sebelum Carb atau Throtle body (TB) (mesin injeksi) ada kelebihan dan kelemahannya.rahardjo wrote:
Selama ini kok tidak ada gejala idle up kacau.
Mungkin karena saya masuknya melalui jalur filter, jadi jalur sebelum masuk ke carb (kalo dimobil bensin, kalo di diesel istilahnya apa ya?)
karena saya pernah coba pasang di vw kodok melalui lobang intake manifold setelah carb yg langsung ke mesin, memang agak kacau, gejalanya seperti kebanyakan campuran udara, mbrebet begitu, dan harus di stel pengatur selang pernafasannya sampai putaran mesin bisa kembali normal.
sebetulnya menurut saya lebih efektif yg masuk setelah carb, karena lgs dikonsumsi mesin (gas yg terbuang lebih sedikit), teman saya sudah mencoba di vw nya, bisa capai 1:20.
mungkin di mobil bensin ber carb lebih mudah aplikasinya dari pada mobil injeksi macam diesel dan EFI bensin.
memang dari rekans di club vw pernah kasi input, kalau seharusnya selang hho nya di cabang 2, posisi pertama masuk lewat filter (untuk konsumsi saat stationer),posisi kedua masuk lewat intake manifold setelah carb (untuk akselerasi)pauluspaska wrote:
Sebetulnya induksi dari mana saja tidak masalah. Kalau sebelum Carb atau Throtle body (TB) (mesin injeksi) ada kelebihan dan kelemahannya.
Kelebihan:
Sewaktu RPM tinggi, di bagian mulut carb atau TB ini vacuum pressurenya tinggi sehingga sedotannya bagus untuk menarik HHO
Kelemahan
Jika RPM rendah bagian ini hanya punya vacuum pressure yang tidak tinggi.
Pertanyaan selanjutnya, apakah batangan stainless steelnya berkarat?
itu batangan stainless yang solid atau yang hollow?
ya kalo bikin pcb ya syusah, cari kayu bekas olympic, terus nempelin tembagane piye?pauluspaska wrote:Brur, itu PWM bekerja sampai berapa frekuensinya? sampe 400 Hz?
aku tuh males bikin PCB ne to....
mungkin nanti bikin pake hardwire, males kalo softwire.
udah kenalan om?kiwil wrote:duh akhirnya bisa register juga..![]()
alo kk semua saya sudah buat juga rangkaian PWM ini tapi koq pas sudah jadi hasil nya sy ukur pake multitester ampernya ga berubah ya ? pas saya puter2 VR1 dan VR2 nya ga ada perubahan baik di ampere maupun voltage nya..
saya bikin pake etched board dan hasil nya seperti ini :
note: saya pake IRF530A pengganti IRF740
apakah ada yg salah dalam pengkawatan tersebut ?
terima kasih banyak atas bantuannya ;)
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh....
heheheh.,...jadi curhat