Page 1 of 2

Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Sat Sep 19, 2009 5:32 am
by B2389MT
Saat tengah menikmati perjalanan, tiba-tiba ban kempes karena terkena paku atau benda lancip semacamnya. Kita harus mengganti ban yang bocor dengan ban serep dan membawa ke bengkel untuk menambalnya. Apakah 'penderitaan' kita berakhir? Jawabnya adalah: Ya, karena kini 'penderitaan' itu berlanjut ke ban mobil kita! :((

Apa yang dilakukan oleh tukang tambal ban? Ban yang tadinya utuh sekarang ditusuk dengan alat tusuk yang sebesar jari kelingking. Ban yang tadinya bocor hanya seujung jarum, dibuat bolong seperti mulut pipa. Wow, kiamatlah sudah nasib ban mobil kita. Maklumlah, karena yang ditambal adalah ban berjenis tubeless alias tanpa ban dalam. :-ss

Setelah dilubangi, tali serabut disumbatkan ke lubang ban dengan regangan yang cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari bahan karetnya, anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibuat sobek dan putus berantakan, sehingga ban kita menjadi semakin lemah. Inilah bentuk kiamat dari ban kita setelah membayar ongkos tambal 8 - 10 ribu perak. #-o

Untuk pertama kalinya tambalan mungkin masih bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan. Tapi jika bocor lagi di titik yang sama, yang pasti tak bisa lagi disumbat dengan tali serabut itu. Yah, terpaksa harus menggunakan ban dalam. :-w

Dengan sedikit usaha dan lem karet, Anda bisa menghindari kerusakan yang lebih parah serta memperpanjang usia ban mobil Anda. Pompa ban mobil Anda sampai penuh udara, lalu putar perlahan sambil menyiram permukaannya dengan air. Setelah tampak gelembung udara pertanda adanya lubang, lingkari daerah bocor tersebut dengan cat atau sejenisnya sebagai penanda. :D

Kempeskan ban dan cuci hingga bersih daerah sekitar lubang, bocor itu lalu dilap dengan lap kering. Setelah kering benar, tetesi lubang dengan lem karet merk apapun, (tapi ada yang bilang pake lem power glue) sehingga lem meresap ke dalam lubang. Bantulah peresapan lem ke dalam ban dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti peniti atau paku kecil yang bersih ke dalam lubang, lalu tunggu kering selama beberapa menit.

Langkah terakhir, pompa ban hingga penuh udara dan siram perlahan dengan air ke lubang yang telah ditambal, untuk memastikan bahwa lubang telah tertambal dengan baik. Lakukan proses penambalan, dari awal hingga akhir dengan sangat cermat dan hati-hati, agar Anda tak perlu mengulangnya jika terjadi kegagalan.

Beberapa keunggulan dari model penambalan seperti ini adalah:


(1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif atau daya rekat lem karet lebih tinggi dibanding daya kohesif karet sendiri. Jadi titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya menggunakan lem. Apalagi bagian yang ditambal adalah lubang yang sangat kecil.
(2) Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.
(3) Tidak menambah massa yang mempe­nga­ruhi balancing alias keseimbangan.
(4) Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban. Menggunakan ban dalam menambah biaya, menambah rumit setting roda, keandalan yang lebih rendah dan risiko kegagalan yang jauh lebih tinggi.
(5) Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun alat-alat yang lebih rumit yang bisa merusak fisik ban.
(6) Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mengalami bocor. Tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban.


co-pas dari: http://www.manualbookmobil.com" onclick="window.open(this.href);return false;

Maaf klo repost... ;)

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Sat Sep 19, 2009 6:01 am
by ariphrp
siip tipsnya.. tapi ini siapa yaa? belom kenalan Oom?

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Sat Sep 19, 2009 6:21 am
by B2389MT
wah jgn dipanggil om..
masih kul ne..

ane Stanis, Pengguna Grandy, anggota LX AutoClub Semarang..

salam kenal bro..

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Sat Sep 19, 2009 6:26 am
by ariphrp
waah kalo di sini sih kuliah atau kerja, muda atau gaek, cowok atau cewek aja biasa dipanggil Oom.. :))
niih contohnya http://www.grandcivic.com/viewtopic.php ... 7&start=10" onclick="window.open(this.href);return false;
salam kenal juga ya..

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Sat Sep 19, 2009 11:28 am
by badooy
gut tips mas...
tp bisa diperjelas lg gak kira2 lem karet itu apa...
setau ane powerglue lebih bersifat keras gitu kurang elastis, takutnya seiring (ciyeh seiring) panas, cuaca, hujan, lembab dsb malah bocor lg..

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Sun Sep 20, 2009 3:10 pm
by B2389MT
mungkin lem semacam aibon or castol kali yak.. yang wanginya kata Bang Roma: "Memabukkan..."....
saya juga belom coba...
hehehe...

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Sun Sep 20, 2009 3:14 pm
by meneer
setau gw sih pake lem sejenis silikon item gitu

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Wed Sep 23, 2009 2:29 pm
by B2389MT
meneer wrote:setau gw sih pake lem sejenis silikon item gitu
lem apa tu? merknyah????

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Thu Sep 24, 2009 1:35 am
by Fieldz
seeeppp.....gud D.I.Y. nihh, mereknya dong om?
bukan smacm sealant yg biasa dipake itu kan y?

Re: Tips Menambal Ban Tubeless Sendiri

Posted: Fri Sep 25, 2009 11:51 pm
by B2389MT
waduh.. ya itu kali ya, aibon.. jgn sealant..