Page 1 of 4

DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Tue Jul 22, 2008 4:58 pm
by pauluspaska
1. Buka Busi
1.JPG
2. Buka tutup saringan
2.JPG
3. Buka Tutup timing Belt
3.JPG
4. Dongkrak ban yang dekat timing belt supaya bisa ngolong pasang kunci pas ke kruk As

5. Putar kruk As sampai tanda UP CAM di atas dengan tanda - berada horisontal di kiri dan kanan
5.JPG
6. Saya pakai feeler gauge, beli di atrium Rp. 15.000
6.JPG
7. Setel klep masuk antara 0.17mm - 0.22mm > saya pakai 0.20mm
setek klep keluar antara 0.22 - 0.27 mm > saya pakai 0.25 mm

Pastikan waktu memeriksa celah dan mengencangkan terasa agak susah menarik feeler itu.
10.JPG
8. Putar 90 derajat ke arah berlawanan jarum jam sampai tanda - berada di puncak. Setel klep silinder nomor 3, Putar 90 derajat lagi ke arah berlawanan jarum jam dan setel katup nomor 4, lalui 90 derajat lagi untuk setel klep nomor 2.

8. Pastikan semua mur kencang.
dan tutup kembali cover silinder head

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Tue Jul 22, 2008 8:44 pm
by saitama
waaawww mah kalo gini maaah jadinya semua anak GC pada buka bengkel " terima servis kilat murmer " heheheheheheheheheheee...

keren om seruu bantu up aja dulu oom

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Tue Jul 22, 2008 9:01 pm
by dhemilencok
aahhhh... NGGGEEEERI..hahaha

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 12:03 am
by saitama
ayoo mil belajar berani sama mesin n bagian vital sama mobil biar ga tergantung bengkel terus

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 12:07 am
by badooy
sebetulna dalem pengencangan part2 tsb ada yg butuh pake torsi ttt gak ye?

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 12:32 am
by saitama
ga ada om baduy kalo cuma skir klep ga perlu pake torsi

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 6:20 am
by ketchiro
pengalaman gue pernah slek mur sm baut klep kg bisa lagi di buka, lagi tune up di mugen ps minggu, terus jadi nya di bongkar semua nya, suling nya juga turun (di lihat udah rada kemakan dikit), perlu ganti tdk ya kalo suling???, padahal cuma gara2 baut nya aja kg bisa gerak, ya udah terpaksa gue inden di mugen baut, mur sm pelatuk nya, gue lupa namanya apa, ini kejadian sekitar tahun 2001 an

kalo kata bengkel honda mochtar gc jgn sering2 stel klep, nanti bakal slek kaya gini

stel klep harus keadaan mesin dingin, sedang kan kalo ke bengkel pasti mesin nya sudah panas, bener tidak sih?? harus dalam keadaan dingin baru boleh stel klep??

kalo di honda mugen stel klep, kipas ac di cabut, terus di sambungin ke aki, deketin ke klep2 nya deh, biar dingin, cukup lama kalo disana stel klep nya (bisa biki aki tekor) he he

stel klep sendiri blm berani he he, thx

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 10:00 am
by saitama
sulingan kalo ga di ganti pasti klepnya bakal sering kendor ataw kocak kasian klepnya

terlalu sering stel klep ga baik, terlalu jarang setel klep juga ga baik bisa nyebabin slek ataw dol ( istilah mekanik di sby )

stel klep harus dalam kondisi mesin dingin. Kalo dalam kondisi panas tu klep n part2 mesin masih masa memuai tunggu dingin dulu paling ga pegang cover dek klep masih panas ga, kalo udah agak dingin baru deh di bongkar2 trus di stel

kalo stel klep sampe harus nyopot kipas ac trus di tancepin ke aki itu salah kaprah oom dari pada gitu mending biar dingin dulu sambil ngopi ataw rokokan

tul gaakk???

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 10:58 am
by Nawee
khusus Honda stel klep memang harus dlm keadaan dingin, bisa dgn kipas didinginkannya ato mengalirkan air radiator ke silinder head & airnya dibuang (cara Pak Martono ex. Chief montir HPM).
Kl msn msh panas djamin tune up jd useless...

Re: DIY: Hard Tune-up 1: Stel Klep

Posted: Wed Jul 23, 2008 11:12 am
by saitama
yuupp
tapi lebih baik kalo ngedinginin biarkan dia dingin dengan sendirinya jangan di siram ataw di kipas takutnya mulet tuh mesin