Page 1 of 4

coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Fri Dec 03, 2010 11:27 am
by adang
dah ada yng posting cara pasang mounting engine belon ya?
Ceritanya sih nekat, ngga ada pengalaman sama sekali, bongkar pasang sendiri Engine mounting,..didorong keinginan buat ngirit,..daripada 300rb dipake buat ongkos,..mening ta beliin satu Eng mount,..
baru sukses pasang 3 engine mount,..tinggal nyang belakang,..lagi mikir gimana cara bongkarnya dulu,. :-? .(sambil ngolong-keringat-keringat..)
klo dah sukses pasang yang blakang,..ntar pengen gue posting di DIY ini.., cara buka engine mounting modal otodidak.... :mrgreen:

salam GC brehoh

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Fri Dec 03, 2010 12:31 pm
by adeindra
sementara nunggu foto yang belakang dibuka...
hayo dong cerita DIY ganti engine mounting yang lain gemna prosesnya? alat apa yang dibutuhkan? beneran bisa sendirian ngelakuinnya? dsb dsb

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Fri Dec 03, 2010 12:54 pm
by adang
bener gan sendiri suwer,..ampe pegel2 kapalan,.. =; klo pun bagian yg blakang nyerah,..yang kiri-kanan dan depan,..tetep mo ane sharing buat agan-agan,.. :ymhug: ntar ama kunci-kunci na ane photo,..kunci sok biasa aja dll (sok apa shock ya...),.k :roll:

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Sat Dec 04, 2010 8:41 am
by zulindra
perlu torque wrench gak om, soalnya mesin bisa getar kalo tekanan EM beda2.

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Sat Dec 04, 2010 8:52 am
by Sutopo Eravianto
klo yg belakang kayak na emank rada susah om...
posisi na rada sulit...
tpi di tunggu nieh hasil percobaan masang EM sendiri...

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Mon Dec 06, 2010 1:01 pm
by adang
Ni dia cara replace EM,

1. Replace/install Rear Transmission Mount (belakang)
Pertama-tama , sorry bila ada istilah yang ngga sesuai ‘ilmu mesin’ karena kagak ada begron mesin mesin acan.ini hanya sebuah sharing bagi yg bukan ‘mekaniker’.
Saya posting dulu ‘Rear Transmission Mount’ (bagian belakang) yang ‘full’ susah nya minta ampun .(sy sarankan yg mo nekad aja yg mo coba buka/pasang yang belakang).

Siapkan dulu tenaga sekuat mungkin, karena loe bakalan pegel2, terutama kaki lu nopang badan terus.(tangan ngga seberapa)

Ruang mesin GC yg ‘ledug’ kotor abis,..,ancur, tarikan mesin sih masih ma’nyos.

Persiapkan tools seperti dibawah ini:
Yg paling penting kunci shock 17 dan 14 dan kunci T 14 yg panjang (harusnya sih lebih panjang (besi atas nya bisa maju mundur), karena ente bakalan mutar-muter kunci di space yg sempit.
Gambar1.
Image

harusnya sih buka Rear Beam (body yg melintang dibawah, tp khawatir kagak bisa pasang lagi) jadi pake jalan atas.
Buka ‘dashpot control’ (yg ditunjuk) biar kagak ‘ngehalangin’ jalur kunci T14, hati2 jg ada beberapa selang kecil karburator yg bakalan kesenggol2, jdi cabut dulu.
Yg ditunjuk panah kuning = jalan masuk kunciT14, masukan terus ke bagian belakang/ke bawah hingga terasa ‘klop’ masuk ke baud 14.lalu buka sedikit2.
Image
Image
Image

ngambil gambarnya susahh…dibawah ini jarak dekat, masukin kedalam sampe terasa baud 14.
Image

setelah berkeringat-keringat ngebuka yg belakang,..buka baud yg depan seperti gambar dibawah:
Image

setelah itu buka ‘special bolt’ nya (baud 17),.gunakan konci shock 17 (kunci pada gambar1 yg ada pegangan hitam). Pake kunci ini simple, ngga pegel, beli di depo bangunan harga 90 rebu.lihat gambar dibawah:
Image
Image

habis gitu,..buka juga baud 14 samping , seperti gambar di bawah (kunci 14nya ta poto in)
Image

Beres!, lap keringat mu,..lalu cabut tuh ‘Rear Transmission Mount’nya.
Selanjutnya cara instaal (pasang baru),..tinggal balikin aja urutannya. Gambar diatas semua sebetulnya EM baru,..Cuma saya jelasin saja urutan buka. Dan pasang tinggal pake teknik yg sama.


2. Replace/install Front Transmission Mount (depan)
yang ini saya jelasin lebih ringkas aja karena lebih mudah dari yang ‘Rear EM’

- Buka Blower, juga switch nya sekalian.
Image

- Anggap saja blowernya sudah di copot,..lalu buka baud 14 yg nempel ke blok mesin seperti yg ditunjuk panah kuning, lalu KAMU DONGKRANG ‘FRONT’ BEAM’ LALU TIDURAN TERLENTANG KE KOLONG BUKA BAUD 14 LAINYA.
- Image
Image

- Habis gitu Buka ‘special bolt’ nya (baud 17),.seperti yg ditunjuk telunjuk gombar diatas tadi. Pada saat kamu buka special bolt, kamu tahan sisi sebelahnya dengan kunci 19,..biar kagak ikut muter.


- Beres!, lap keringat mu lagi lalu cabut tuh ‘Front Transmission Mount’nya.

Selanjutnya cara install (pasang baru),..ada sedikit aksi yg harus dilakukan yaitu,
Setelah memasang special bolt, donkraknya pindahin utk mengankat blok engine.
Image

dongkrak dari bawah. Angkat atau turun kan dongkrak hingga lubang utk baud 14 di EM tepat dengan lubang baud 14 di engine:
Image

lalu pasang special bolt yg nempel di Front Beam
ok beres pasang deh.

Udah dulu bro,..(nulisnya dikantor,..ntar diliat Boss lagi,..) klo ada waktu kosong lagi,..posting yg EM samping kiri kanan.

Salam.
Adang GC.

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Tue Dec 07, 2010 2:40 pm
by badooy
wihh hebringgg.. manteepp!!! sendirian ajah? brp jam total pengerjaan? :D

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Tue Dec 07, 2010 9:17 pm
by helmi17
Mau nanya neh soalnya sya ga tau mesin mobil....
Klo itu sebenernya di ganti buat apa yaa....?
Apa masalahnya...?
Klo suara duk... duk.... pas nginjek bolongan tau ga ya apa masaalahnya barangkali sudah pernah merasakannya.....

Trim's infonya...

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Tue Dec 07, 2010 9:33 pm
by Koboy
helmi17 wrote:Mau nanya neh soalnya sya ga tau mesin mobil....
Klo itu sebenernya di ganti buat apa yaa....?
Apa masalahnya...?
Klo suara duk... duk.... pas nginjek bolongan tau ga ya apa masaalahnya barangkali sudah pernah merasakannya.....

Trim's infonya...
sebenernya diganti unt kenyamanan aja om...... misalkan pada saat idle, body dan steer gak geter...... gitu aja sih sebetulnya.....

[Post made via Mobile Device] Image

Re: coba pasang Engine mounting ndiri

Posted: Wed Dec 08, 2010 9:20 am
by adeindra
Bantu jawab; engine mounting berguna untuk memegang posisi mesin di engine bay (rangka bodi). Ada 4 engine bay kiri kanan dan depan belakang. Jika engine bay yang terbuat dari karet ini getas or robek, akan berpengaruh ke getaran mesin yang akan sangat berasa sekali di kabin. Bahkan kalo yang engine belakang rusaknya ekstrim, dalam beberapa kasus membuat susah masuk gigi.

Hayooo ommm semangat...hebat DIY nya informatif banget... Ditunggu DIY nya yang lain

[Post made via Mobile Device] Image