DIY Bersihkan Tromol Rem Belakang
Posted: Tue Jul 02, 2013 11:36 am
Rem belakang jarang sekali dapat perhatian kita oleh sebab bentuknya yang tertutup padahal fungsinya fatal.
Sebaiknya inspeksi dilakukan 6 bulan sekali atau minimal 1 tahun sekali untuk mengetahui ketebalan dan fungsi sistem.
Inspeksi berguna untuk menemukan kegagalan kaliper rem akibat tumpukan debu dan kegagalan material yang berakibat macetnya kaliper maupun bocornya minyak rem.
Langkah-langkah inspeksi:
1. Kendurkan baut roda
2. Angkat Bodi mobil
Kalau tidak punya jack stand, sangat disarankan untuk menaruh ban mobil yang dicopot di bagian bawah mobil untuk menahan kalau-kalau mobil jatuh
3. Siapkan baut 12 yang panjangnya cukup kira-kira 3 CM untuk membuka tromol. Oh ya jangan lupa rem tangan dilepas ya
4. Cari lubang baut
Di tromol terdapat 2 lubang bersebrangan untuk memasukan baut agar tromol dapat mudah keluar/copot
Pasang baut
5. Putar Baut dengan kunci sampai tromol terdorong keluar
6. Sesudahnya tromol terbuka dan copot periksa debu dan kondisi sistem rem dan ketebalan brake pad
7. Siapkan cairan pembersih debu.
SANGAT TIDAK DISARANKAN UNTUK MENIUP, MENYEMRPOT DENGAN UDARA ATAU MENYIKAT DEBU.
Partikel debu rem sangat berbahaya bagi paru-paru.
Saya gunakan pembersih karburator seperti ini
8. Bersihkan tromol dan sistem rem
Harus bersih dari debu. Ketika disemprot pembersih, kotoran akan larut dan jatuh sendiri.
9. Service Limit
Service limit brake pad adalah 2 mm, kalau sudah mencapai 2 mm, segera ganti brake pad
Service limit tromol adalah 1mm, Kalau tromol mempunyai marking 181mm artinya tromol standar mempunyai diameter dalam 180mm dan service limitnya adalah 1 mm
10. Bersihkan brake pad pakai sikat kawat dari debu yang menempel.
11. Atur rem tangan
untuk mengatur rem tangan dapat sekalian dilakukan saat tromol terbuka melalui mekanisme di sini:
Sebenarnya pengaturan rem tangan harus saat tromol terpasang untuk memastikan saat terkuncinya tromol
melalui lubang ini:
Lubang ini berada di belakang sisi atas backing plate dan harus ada penutup karetnya agar tidak ada air dan kotoran masuk
Jangan lakukan yang berikut:
1. Bongkar sistem rem kalau tidak punya peralatan yang memadai.
Memasang kembali brake pad (misalnya) bakal bikin keringetan dan sulit. Lagi pula ganti brake pad tidak dilakukan sering kok. Bawa saja ke bengkel. Kalau tidak salah kena 50 ribu per ban untuk service dan ganti brake pad.
Pada saat roda terbuka inspeksi bagian kaki kaki ya.
Bushing trailing Arm kudu diganti nih, pantesan jedag-jedug yang belakang kanan
Semoga bermanfaat
Sebaiknya inspeksi dilakukan 6 bulan sekali atau minimal 1 tahun sekali untuk mengetahui ketebalan dan fungsi sistem.
Inspeksi berguna untuk menemukan kegagalan kaliper rem akibat tumpukan debu dan kegagalan material yang berakibat macetnya kaliper maupun bocornya minyak rem.
Langkah-langkah inspeksi:
1. Kendurkan baut roda
2. Angkat Bodi mobil
Kalau tidak punya jack stand, sangat disarankan untuk menaruh ban mobil yang dicopot di bagian bawah mobil untuk menahan kalau-kalau mobil jatuh
3. Siapkan baut 12 yang panjangnya cukup kira-kira 3 CM untuk membuka tromol. Oh ya jangan lupa rem tangan dilepas ya
4. Cari lubang baut
Di tromol terdapat 2 lubang bersebrangan untuk memasukan baut agar tromol dapat mudah keluar/copot
Pasang baut
5. Putar Baut dengan kunci sampai tromol terdorong keluar
6. Sesudahnya tromol terbuka dan copot periksa debu dan kondisi sistem rem dan ketebalan brake pad
7. Siapkan cairan pembersih debu.
SANGAT TIDAK DISARANKAN UNTUK MENIUP, MENYEMRPOT DENGAN UDARA ATAU MENYIKAT DEBU.
Partikel debu rem sangat berbahaya bagi paru-paru.
Saya gunakan pembersih karburator seperti ini
8. Bersihkan tromol dan sistem rem
Harus bersih dari debu. Ketika disemprot pembersih, kotoran akan larut dan jatuh sendiri.
9. Service Limit
Service limit brake pad adalah 2 mm, kalau sudah mencapai 2 mm, segera ganti brake pad
Service limit tromol adalah 1mm, Kalau tromol mempunyai marking 181mm artinya tromol standar mempunyai diameter dalam 180mm dan service limitnya adalah 1 mm
10. Bersihkan brake pad pakai sikat kawat dari debu yang menempel.
11. Atur rem tangan
untuk mengatur rem tangan dapat sekalian dilakukan saat tromol terbuka melalui mekanisme di sini:
Sebenarnya pengaturan rem tangan harus saat tromol terpasang untuk memastikan saat terkuncinya tromol
melalui lubang ini:
Lubang ini berada di belakang sisi atas backing plate dan harus ada penutup karetnya agar tidak ada air dan kotoran masuk
Jangan lakukan yang berikut:
1. Bongkar sistem rem kalau tidak punya peralatan yang memadai.
Memasang kembali brake pad (misalnya) bakal bikin keringetan dan sulit. Lagi pula ganti brake pad tidak dilakukan sering kok. Bawa saja ke bengkel. Kalau tidak salah kena 50 ribu per ban untuk service dan ganti brake pad.
Pada saat roda terbuka inspeksi bagian kaki kaki ya.
Bushing trailing Arm kudu diganti nih, pantesan jedag-jedug yang belakang kanan
Semoga bermanfaat