males ke Nawi/cipete/ftmwt sm kaki-2 n beli onderdil? BTC bo
Posted: Fri Oct 15, 2010 10:12 pm
Permisiii, temans-2. Berhubung warga Bintaro dan sekitarnya 'agak terbatas' u/ meluangkan waktunya ke bengkel handal (diluar Honda Services Resmi) terdekat, mungkin berdasarkan dari pengalaman yg baru aja saya alamin, thread topic ini bisa sedikit menambah 'pencerahan' apa dan bagaimana harus dilakukan jika kaki-2 GC temans-2 mulai 'keseleo' berikut 'tempat tukang urutnya'. Sbb:
(A). Lokasi Bengkel Referensi: Bintaro Trade Centre, bintaro sek.9 / dekat bunderan mau ke arah tol dal kot (tol bintaro).
(B). Jenis bengkel dan toko onderdeilnya:
- Service Per, kaki-kaki, arm, bushing Arm, Per (naikkan/turunkan tinggi mobil),
Ganti karet-karet kaki, jagonya: "CAHAYA PER", BTC pusat onderdil lantai 2
C.P: mas Ikin (masternya cek n service kaki-2!!!) & mas Adi (satu level dibawah mas Ikin jagonya), tilpun 02195250016.
PS: Sumpeh, mrk cukup handal as long as temans-2 request u/ 'booking' sehari sebelum datang.
- Onderdil: "Mandala Motor", C.P: kang Budi, 02194544066.
Orangnya straight to the point, suka kasih pilihan sesuai kebutuhan kita, tapi, agak sedikit ngk humble/cueks.
N.B: tawar harga hukumnya Wajib. Pasrah-2 aja 'haram'...hehehe!
Pengalaman GC 90 M/T gw:
A. Awal Masalah:
A.1. Depan: bermasalah dengan as roda kanan, dan bunyi kletek-2 pas full belok kiri ;
jika lepas kopling dari gigi 1 lanjut ke gigi 2, dan lepas gas dari gigi 2 ke 1, bunyi "kleteg"; karet penutup as steering kiri sobek; shockbrkr sudah megap-megap.
Mesin bergetar smp terasa dlm kabin / dashboard; rem depan koclok/ngk pakem
A.2. Belakang: shock brkr idem nasibnya sama depan (sdh mate' sebelah malah, yg kanan); jika kena lobang kecil, poldur, maupun garis-garis marka jika kita mo bayar tol, bunyinya kaya' gerobak baso dikejar Kamtib; oleng san-sin di tol jika mulai masuk speed 80 km/jam ke atas.
B. Solusi:
B.1. Depan:
- biar empuk, tapi lumayan: shock ganti baru pk Kayaba (850rb) dan tambah karet stopper biar shock gampang balik n empuk jika kena bantingan
- hilangin bunyi pas belok kiri: ganti as roda dpn kanan, merk HDK-Jepun (asli/ngknya?, wallahu alam) (350rb/set sdh sama karet penutup laher dan gemuk. Ps: gemuk disarankan beli se-tube lagi, krn bawaannya cuma bisa isi 1/4-nya)
- bunyi kleteg pas ganti koplin?
ganti semua karet bushing di arm depan, kalo ngk salah ada 3 pcs per sisi (25rb/pcs), karet-2 dilong joint ganti jika long joint masih bagus (25rb/pcs; dan karet bushing as
steering bag. Kiri, gunanya menjaga as steering biar ngk gampang beset jika kena kotoran/kerikil-2 kecil, jika beset, pastine minyak pwr steering 'ngiler terus' dibagian tsb (35rb/pcs)
- ganti canvas rem jika booster masih bagus pengeremannya (ngk bagel), cek booster kit-2nya apa ada tg masih berfungsi dgn baik, n cek master bawah yg ada di ban, terutama karet-2nya masih elastis atau kering/pecah-2? Segera ganti jika sdh kering/pecah-2.
Ps: ogut pake canvas merk Nissin (dus biru), rp. 190rb/set
B.2. Belakang:
- ngilangin bunyi 'bletog' jika kita habis 'nge gentak' kopling dr gigi 1 s/d 3:
Ganti semua karet bushing yg gede yg nempel persis dibawah dek sejajar dgn tekukan ujung pintu belakang.
Harga: 150rb/pcs (ori/Kw1), 130rb/pcs kw2. Disarankan ganti yg ori aja, ada label hondanya. Bentuknya spt gangsingan jawa.
Fungsi: menjaga kestabilan dan aerodinamis toe dan angle ayunan per-shock, dan
wing arm. Penting bgt diganti kalo sdh kering apalagi pecah- pecah.
- cek/ganti segera jika karet-2 di strutbar/ arm wing sdh pecah-2. Jangan diganti karetnya..kalau bisa ganti satu set sm wing-2nya kalo punya dana ok (harga 125rb/set ori Honda).
U/ karet arm wing ini, memang lebih murah diganti karet-2nya doang (rp. 25rb x 4 sisi), tapi 3-6 bln kedepan (tergantung volume pemakaian), jangan marahin montir-nya..karena, pegangan u/ memasukkan karet-2 tsb sdh aus, logikanya, fungsi kerja karet tsb malah jadi tambah berat dr sebelumnya karena sdh tdk presisi lagi pegangannya tsb.
Fungsi: menjaga kelembutan ayunan shock breaker dan per blkg.
- ganti/cek semua karet-2 stabilizer (karet kecil-2 diameter seukuran bakso kecil) yg nempel disetiap lengan ayun yg berhubungan dengan shock . Ada 4 pcs per sisi, total 8 pcs, harga rp. 25rb/pcs x 8pcs,
Fungsi: biar ngk keras bantingannya jika kena lobang-2 kecil/poldur dan ngk 'rame' didaerah kabin blkg.
- ini nih..penting: ganti aja semua karet bushing..jika ada dana lebih..ganti juga shock breaker blkg dan stel per-2nya juga biar lebih abdoi.
Ogut pake shock blkg merk HRC, rp. 650rb/set.
Alhamdulillah, sekarang, ogut makin cinta sm GC ogut...lembut abizzz...tapi, dompet gw? Masuk 'I.C.U'...xixixixi...
intinya: semua kondisi kaki-2 dan mesin mubil, umumnya 'masih sehat' s/d 5 thn pertama JIKA usernya 'rajin dan cermat' sama asetnya.
So, GC kita? Pastinya yg paling muda umurnya sdh 19 thn..nah, kalo yg punya emang bener-2 tangan pertama, trus baru skrg-2 ini mo jual, insya Allah, org tsb mestinya sadar u/ menjaga 'kesehatan' gc-nya.
Tapi, kalo di bpkb, gc kita sdh 'kaya jablay'? Kembali ke si pembeli mo punya visinya apa dulu? Harus 'siap-siaga' u/ ngk bosen ketemu sama montir kalo niat pake, tapi, kalo mo niat jual (pdg/pedagang), biasanya, 'cuma ngebedakin' doang...so, be wise!
Tq ya atensinya..semoga membantu info ini buat temans-temans..dah ah..capek ngetiknya!
[Post made via Mobile Device]
(A). Lokasi Bengkel Referensi: Bintaro Trade Centre, bintaro sek.9 / dekat bunderan mau ke arah tol dal kot (tol bintaro).
(B). Jenis bengkel dan toko onderdeilnya:
- Service Per, kaki-kaki, arm, bushing Arm, Per (naikkan/turunkan tinggi mobil),
Ganti karet-karet kaki, jagonya: "CAHAYA PER", BTC pusat onderdil lantai 2
C.P: mas Ikin (masternya cek n service kaki-2!!!) & mas Adi (satu level dibawah mas Ikin jagonya), tilpun 02195250016.
PS: Sumpeh, mrk cukup handal as long as temans-2 request u/ 'booking' sehari sebelum datang.
- Onderdil: "Mandala Motor", C.P: kang Budi, 02194544066.
Orangnya straight to the point, suka kasih pilihan sesuai kebutuhan kita, tapi, agak sedikit ngk humble/cueks.
N.B: tawar harga hukumnya Wajib. Pasrah-2 aja 'haram'...hehehe!
Pengalaman GC 90 M/T gw:
A. Awal Masalah:
A.1. Depan: bermasalah dengan as roda kanan, dan bunyi kletek-2 pas full belok kiri ;
jika lepas kopling dari gigi 1 lanjut ke gigi 2, dan lepas gas dari gigi 2 ke 1, bunyi "kleteg"; karet penutup as steering kiri sobek; shockbrkr sudah megap-megap.
Mesin bergetar smp terasa dlm kabin / dashboard; rem depan koclok/ngk pakem
A.2. Belakang: shock brkr idem nasibnya sama depan (sdh mate' sebelah malah, yg kanan); jika kena lobang kecil, poldur, maupun garis-garis marka jika kita mo bayar tol, bunyinya kaya' gerobak baso dikejar Kamtib; oleng san-sin di tol jika mulai masuk speed 80 km/jam ke atas.
B. Solusi:
B.1. Depan:
- biar empuk, tapi lumayan: shock ganti baru pk Kayaba (850rb) dan tambah karet stopper biar shock gampang balik n empuk jika kena bantingan
- hilangin bunyi pas belok kiri: ganti as roda dpn kanan, merk HDK-Jepun (asli/ngknya?, wallahu alam) (350rb/set sdh sama karet penutup laher dan gemuk. Ps: gemuk disarankan beli se-tube lagi, krn bawaannya cuma bisa isi 1/4-nya)
- bunyi kleteg pas ganti koplin?
ganti semua karet bushing di arm depan, kalo ngk salah ada 3 pcs per sisi (25rb/pcs), karet-2 dilong joint ganti jika long joint masih bagus (25rb/pcs; dan karet bushing as
steering bag. Kiri, gunanya menjaga as steering biar ngk gampang beset jika kena kotoran/kerikil-2 kecil, jika beset, pastine minyak pwr steering 'ngiler terus' dibagian tsb (35rb/pcs)
- ganti canvas rem jika booster masih bagus pengeremannya (ngk bagel), cek booster kit-2nya apa ada tg masih berfungsi dgn baik, n cek master bawah yg ada di ban, terutama karet-2nya masih elastis atau kering/pecah-2? Segera ganti jika sdh kering/pecah-2.
Ps: ogut pake canvas merk Nissin (dus biru), rp. 190rb/set
B.2. Belakang:
- ngilangin bunyi 'bletog' jika kita habis 'nge gentak' kopling dr gigi 1 s/d 3:
Ganti semua karet bushing yg gede yg nempel persis dibawah dek sejajar dgn tekukan ujung pintu belakang.
Harga: 150rb/pcs (ori/Kw1), 130rb/pcs kw2. Disarankan ganti yg ori aja, ada label hondanya. Bentuknya spt gangsingan jawa.
Fungsi: menjaga kestabilan dan aerodinamis toe dan angle ayunan per-shock, dan
wing arm. Penting bgt diganti kalo sdh kering apalagi pecah- pecah.
- cek/ganti segera jika karet-2 di strutbar/ arm wing sdh pecah-2. Jangan diganti karetnya..kalau bisa ganti satu set sm wing-2nya kalo punya dana ok (harga 125rb/set ori Honda).
U/ karet arm wing ini, memang lebih murah diganti karet-2nya doang (rp. 25rb x 4 sisi), tapi 3-6 bln kedepan (tergantung volume pemakaian), jangan marahin montir-nya..karena, pegangan u/ memasukkan karet-2 tsb sdh aus, logikanya, fungsi kerja karet tsb malah jadi tambah berat dr sebelumnya karena sdh tdk presisi lagi pegangannya tsb.
Fungsi: menjaga kelembutan ayunan shock breaker dan per blkg.
- ganti/cek semua karet-2 stabilizer (karet kecil-2 diameter seukuran bakso kecil) yg nempel disetiap lengan ayun yg berhubungan dengan shock . Ada 4 pcs per sisi, total 8 pcs, harga rp. 25rb/pcs x 8pcs,
Fungsi: biar ngk keras bantingannya jika kena lobang-2 kecil/poldur dan ngk 'rame' didaerah kabin blkg.
- ini nih..penting: ganti aja semua karet bushing..jika ada dana lebih..ganti juga shock breaker blkg dan stel per-2nya juga biar lebih abdoi.
Ogut pake shock blkg merk HRC, rp. 650rb/set.
Alhamdulillah, sekarang, ogut makin cinta sm GC ogut...lembut abizzz...tapi, dompet gw? Masuk 'I.C.U'...xixixixi...
intinya: semua kondisi kaki-2 dan mesin mubil, umumnya 'masih sehat' s/d 5 thn pertama JIKA usernya 'rajin dan cermat' sama asetnya.
So, GC kita? Pastinya yg paling muda umurnya sdh 19 thn..nah, kalo yg punya emang bener-2 tangan pertama, trus baru skrg-2 ini mo jual, insya Allah, org tsb mestinya sadar u/ menjaga 'kesehatan' gc-nya.
Tapi, kalo di bpkb, gc kita sdh 'kaya jablay'? Kembali ke si pembeli mo punya visinya apa dulu? Harus 'siap-siaga' u/ ngk bosen ketemu sama montir kalo niat pake, tapi, kalo mo niat jual (pdg/pedagang), biasanya, 'cuma ngebedakin' doang...so, be wise!
Tq ya atensinya..semoga membantu info ini buat temans-temans..dah ah..capek ngetiknya!
[Post made via Mobile Device]