Page 1 of 2

penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 6:12 am
by ketchiro
ada yg pakai penghemat bbm?? berpengaruh tdk?? yg murah aja jgn yg same 2jt an(brauqet kalo kg salah), yg tipe magnet warna orange (sering iklan di tabloid otomotif) :D thx

Re: penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 8:51 am
by Nawee
Kl mnrt saya segala macam penghemat BBM kurang worthed...
coz saya dulu pernah pake salah satu merek , dan hsl investasi alat tsb tdk sbanding dgn manfaatnya. :( :( :(

but kl si om mo coba boleh2 aja, mulai dr Broquet yg hrgna 2jtan,
ato model magnet yg djepit selang bensin sekitar 400rban... :mrgreen:

Yg lbh mantab sih mendingan turun 1/2 msn bersihan kerak karbon, skir klep, and etc... mengembalikan kesegaran msnnya, coz msn GC dah uzur loh. :) :) :)

Re: penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 9:23 am
by pauluspaska
Yang disinggung oleh Om Iwan itu ada benarnya.
Penghematan BBm bisa pertama-tama dengan memperbaiki kondisi mesin dulu.

1. Mesin yang bersih, segar, masih dalam spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik akan menghasilkan konsumsi BBM yang baik.

2. Penambahan alat bantu luar yang diklaim mampu menambah irit konsumsi BBM ada benarnya juga, tetapi ini hanya terjadi jika kondisi no 1 tercapai terlebih dahulu.

Penghematan BBM dengan cara apa pun tanpa menyentuh BBM nya itu sendiri sampai titik tertentu hanya akan mencapai puncaknya dan tidak akan bisa lebih irit lebih lanjut.. Terutama mobil GC kita. Mengingat konstruksi dan desain awal mesin GC.

GC kita belum didesain dengan teknologi permesinan canggih seperti VTEC, i-VTEC, DOHC, dll sehingga masih tetap dianggap belum efisien. Teknologi mesin yang canggih memang berfokus pada menggunakan BBM itu secara efisien dengan hasil yang maksimal.

(Bahasa gw bener-bener EYD yah.... :roll: )

Apa yang Om Yudha bilang bener, daripada fokus ke pengiritan tapi gak dapet performance mendingan dapet performance, sukur2 dapet irit.

Saya sendiri pakai beberapa metode pengiritan:
1. PnP
2. Carbon Clean
3. Skir Klep
4. CAI
5. Oil Catch
6. Magnet (pasang di jalur BBM dan di karbu)
7. Oil Matic Cooler
8. Ban ramping dan sedang-sedang saja (R 15)
9. Grounding cable
10. Kabel busi Racing
11. Hot Pill

Itu semua bisa dapet irit yang lumayan....tapi gw sempet lupa...gara-gara saringan udara kotor, bisa bikin boros juga...(nah loh!)

Banyaklah cara untuk ngirit...

1. cara nyetir (sekalian latihan esmosi)
2. Isi bensin pagi hari
3. pengennya sih pasang: busi racing, Turbo, Knalpot bagus, Radiator 2 lapis, turun mesin sekalian(ganti metal, ring piston, sekalian pistonnya)

Waaaah..banyak deh! :mrgreen:

Re: penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 9:33 am
by badooy
setuju ama om iwan...

klo gw sih drpd beli2 aneh2 sgala penghemat gitu, mending bikin enak mesin aja.. tinggal kaki kanan nyesuaiin...
trus, sering2 ngantorna pake honda bersayap kalo hari2 macet..
lumayan irit tuuhhh... ;) :D

Re: penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 9:34 am
by meneer
jangan lupa buat spooring balancing kaki kanan juga om :roll:

gaya mengemudi kita juga turut mempengaruhi keiritan BBM kendaraan kita.halaaaaaaaaah... :mrgreen:

Re: penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 9:46 am
by badooy
ganti velg ring 12 pasti irit deh om, kalo dalem kotaan...
tp cupu berat hihihihi... (tp klo 13 nggak kok lan.. .. nggak salah.. :P )
tp r. 14 jg cupu... gw gara2 ketandukin iwan aja nih jd menikmati 14...
hmmm, tp ya klo sering luar kotaan sih ring paling pas lah...

eh, back to the topic..
klo mnrt gw siy, selain ruang bakarnya yg pengaruh bgt ke keborosan bensin, klo GC siy mustina karbu nya juga yg diperhatiken.. dah lama bgt boo, 18 thn.. pasti dah banyak bikin inefisiensi..
coba kalo ada yg mau beli BARU... kayaknya sangat berpengaruh signifikan ke konsumsi bensin...

Re: penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 10:08 am
by Nawee
baduy001 wrote:ganti velg ring 12 pasti irit deh om, kalo dalem kotaan...
tp cupu berat hihihihi... (tp klo 13 nggak kok lan.. .. nggak salah.. :P )
tp r. 14 jg cupu... gw gara2 ketandukin iwan aja nih jd menikmati 14...
hmmm, tp ya klo sering luar kotaan sih ring paling pas lah...

eh, back to the topic..
klo mnrt gw siy, selain ruang bakarnya yg pengaruh bgt ke keborosan bensin, klo GC siy mustina karbu nya juga yg diperhatiken.. dah lama bgt boo, 18 thn.. pasti dah banyak bikin inefisiensi..
coba kalo ada yg mau beli BARU... kayaknya sangat berpengaruh signifikan ke konsumsi bensin...
weikkk r14" yg kek apa yg dpake Yud, JDM bgt nih kekna... ;) ;)

hayyo sapa yg mo beli Karb GC baru sharga 4,5jt.... :mrgreen: :mrgreen:
mending buat ganti head VTEC skalian aja x yah hrg sgitu mah... :twisted: :twisted:

Re: penghemat bbm

Posted: Mon Jun 23, 2008 9:36 pm
by *jarno*
Nawee wrote: weikkk r14" yg kek apa yg dpake Yud, JDM bgt nih kekna... ;) ;)

hayyo sapa yg mo beli Karb GC baru sharga 4,5jt.... :mrgreen: :mrgreen:
mending buat ganti head VTEC skalian aja x yah hrg sgitu mah... :twisted: :twisted:
waah, si om ditawarin 4,5jt? saya ditawarin 3,75jt, sama aja ya.. :lol: :lol:

emang keliatan instant banget ya kalo pake panghemat BBM, ga ribet ini-itu.. itu yang jadi daya tarik paling kuat. kalo masih mau pake penghemat BBM, coba tungguin majalah autobild yang bakal terbit ntar, mereka mau ngebahas+ngetest macem2 penghemat BBM. kali aja metode pengujiannya bisa dipertanggungjawabkan..

Re: penghemat bbm

Posted: Tue Jun 24, 2008 7:15 pm
by Bagus
bener tuh bro....kalo untuk pake alat2 penghemat bbm tidak terlalu berpengaruh...mungkin pengaruhnya cuman 5% dari 100%...coz gw pernah make kayak gitu...namanya lupa apa...dah harganya mahal, ga ngaruh pula....mending turun setengah mesin biar kerak2nya di bersihin...
btw GC gw kok boros amat ya..??? 1: 6/7 tapi kalo luar kota bisa 1:13...
aneh tapi nyata nih..hehehehe

Re: penghemat bbm

Posted: Wed Jun 25, 2008 12:58 am
by dhemilencok
busettt jauh amat ya beda perbandingannya??? udah tanya k kaki kanan belom om??siapa tau dia bisa jawab.... :lol: :lol: