WTA : Konfigurasi setting RPM
WTA : Konfigurasi setting RPM
sesuai judul, berhubung ada 4 titik yg mempengaruhi setelan RPM u/ GC karbu, bisa dishare dong urutan prioritas antara :
- throttle screw
- setelan vakum throttle
- choke
- kabel gas
soalx kalo gak sesuai malah gak bisa nurunin RPM..
- throttle screw
- setelan vakum throttle
- choke
- kabel gas
soalx kalo gak sesuai malah gak bisa nurunin RPM..
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
Saya biasanya throttle screw dulu atur sampai kondisi idle tanpa AC bisa 800
setelah itu nyalakan AC, kalau ngedrop dari 800 naikkan dengan stel idle up sampai 900-1000
setelah itu check lagi OFF AC dilihat berapa idle tanpa AC..
begitu aja sih Oom.. kalau saia tapinya..
setelah itu nyalakan AC, kalau ngedrop dari 800 naikkan dengan stel idle up sampai 900-1000
setelah itu check lagi OFF AC dilihat berapa idle tanpa AC..
begitu aja sih Oom.. kalau saia tapinya..
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
untuk nyetel choke, vakum throttle dan kabel gas gimana om ?
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
setel choke itu ada dimanual, sorry saya lupa tapi kurang lebih begini:
1. Tarikan full: tutup
2. turun satu: xxx RPM
3. Turun satu lagi: xxx RPM
Vaccum throtle juga ada di manual kalo gak salah di 2500 RPM, tapi ini terserah om, yang penting dia masih bisa nahan waktu mesin idle di bawah 700 RPM
Kabel gas juga terserah.
Kalau semua sudah diatur untuk mencapai ideal tapi masih terlalu tinggi, berarti ada yang bocor.
Saya sering turun karbu, nah pas masang lagi suka gak duduk dengan baik, jadi bocor.
[Post made via Mobile Device]
1. Tarikan full: tutup
2. turun satu: xxx RPM
3. Turun satu lagi: xxx RPM
Vaccum throtle juga ada di manual kalo gak salah di 2500 RPM, tapi ini terserah om, yang penting dia masih bisa nahan waktu mesin idle di bawah 700 RPM
Kabel gas juga terserah.
Kalau semua sudah diatur untuk mencapai ideal tapi masih terlalu tinggi, berarti ada yang bocor.
Saya sering turun karbu, nah pas masang lagi suka gak duduk dengan baik, jadi bocor.
[Post made via Mobile Device]
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
vakum throttleku kok gak kerja ya. Kalo gas ditarik mestinya ngisap kan. Aku dah bongkar dalemanx gak ada yg bocor. Cuma pernya keras bnget.
Sbenarnya fungsi vakum ini apaan sih om ?. Kalo menurutku sih membantu idle tetap di 750 meskipun mesin dingin.
Sbenarnya fungsi vakum ini apaan sih om ?. Kalo menurutku sih membantu idle tetap di 750 meskipun mesin dingin.
- pauluspaska
- GC Maniac
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
Betul itu.
Caranya tes, cabut aja selang vacum ke karbunya dari vacum throtle control. Apakah mesin jadi naik gak?
Jangan-jangan pasang dashpotnya kebalik?
[Post made via Mobile Device]
Caranya tes, cabut aja selang vacum ke karbunya dari vacum throtle control. Apakah mesin jadi naik gak?
Jangan-jangan pasang dashpotnya kebalik?
[Post made via Mobile Device]
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
dashpot yg bergaris sebelah atas (arah vakum). Oya, pernya itu gak ada di karbu kit ya om. Soalnya yg bikin gak narik pernya yg keras (kayak pernah dipanjangin/ditarik gitu). Klo bisa diukurkan panjang pernya brp cm om ?
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
setelah bongkar throttle controller, dengan susah payah memendekkan pernya, akhirnya throttle controller bekerja lagi sesuai manual.. hasilnya, tarikan responsif dan enteng banget, padahal muatan lagi penuh (5 orang). Pagi-pagi dites, injek gas 3 kali trus jreng 1 kali aja. Idle lebih cepat, RPM cepat naik di 750.. Alhamdulillah (tapi kesel juga sama yang pernah panjangin tuh per vakum)..
- cutemaster
- GC Enthusiast
- Posts: 702
- Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
- Location: Cibinong - Bogor - Jambi
- Contact:
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
zulindra wrote:setelah bongkar throttle controller, dengan susah payah memendekkan pernya, akhirnya throttle controller bekerja lagi sesuai manual.. hasilnya, tarikan responsif dan enteng banget, padahal muatan lagi penuh (5 orang). Pagi-pagi dites, injek gas 3 kali trus jreng 1 kali aja. Idle lebih cepat, RPM cepat naik di 750.. Alhamdulillah (tapi kesel juga sama yang pernah panjangin tuh per vakum)..
om ada pic/potonya ga yang dimaksud ini..??
agak bingung.. soalnya ga begitu hapal dengan bahasa bengkel/teknis
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti
Re: WTA : Konfigurasi setting RPM
Brarti pas bongkar + susun ulang, bocor di sambungan karbu terselesaikan.
TC ga pengaruh di idle, kecuali vacuumnya bocor.
Paling kerasa kerja TC, saat start engine/waktu pengereman mendadak sesaat setelah akselerasi.
Start engine, start pertama di rpm 2000 berangsur menurun.
Saat pengereman mendadak, fungsinya spy mesin ga mati mendadak.
[ Post made via BlackBerry ]
TC ga pengaruh di idle, kecuali vacuumnya bocor.
Paling kerasa kerja TC, saat start engine/waktu pengereman mendadak sesaat setelah akselerasi.
Start engine, start pertama di rpm 2000 berangsur menurun.
Saat pengereman mendadak, fungsinya spy mesin ga mati mendadak.
[ Post made via BlackBerry ]