mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang hari

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
denny
GC Noob
GC Noob
Posts: 35
Joined: Mon Mar 14, 2011 1:32 pm
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by denny » Wed Mar 16, 2011 10:21 am

adeindra wrote:no problem kok om .... maksudnya kan karena tidak kenal maka tidak sayang om...

kalo udah kenal kan lebih enak buat saling sharing pengalaman... bukan berarti yang postingannya lebih banyak lebih jago juga kok

monggo :)

oh ya om numpang nanya, utk klub pecinta grand lx jogja dan solo sekitar bs ngubungi sapa ya?ada gatheringnya ndak?

caesaruki
GC Noob
GC Noob
Posts: 15
Joined: Wed Feb 23, 2011 9:26 am

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by caesaruki » Thu Mar 17, 2011 12:07 am

emang kayak gitu om,mobil saya jg gitu klo dah panas agak gak bisa lari. tapi klo malem or cuaca adem enak2 aj larinya.
trus klo reservoirnya harus di isi setiap 4 hari-1minggu skali itu normal gak om..?
@denny: coba hubungin om sono (AB1555BT) tuh om, no telpnya 0274-7885570, di jogja ada komunitasnya kok namanya GCF dah gabung ma ank2 semarang jg. banyak anak2 yg suka mdif mesinnya jg.

User avatar
denny
GC Noob
GC Noob
Posts: 35
Joined: Mon Mar 14, 2011 1:32 pm
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by denny » Thu Mar 17, 2011 8:45 am

caesaruki wrote:emang kayak gitu om,mobil saya jg gitu klo dah panas agak gak bisa lari. tapi klo malem or cuaca adem enak2 aj larinya.
trus klo reservoirnya harus di isi setiap 4 hari-1minggu skali itu normal gak om..?
@denny: coba hubungin om sono (AB1555BT) tuh om, no telpnya 0274-7885570, di jogja ada komunitasnya kok namanya GCF dah gabung ma ank2 semarang jg. banyak anak2 yg suka mdif mesinnya jg.


oke makasih nanti coba sy hubungi,mungkin ada yg bocor tp dikit tuh om, kalo punya sy panas sampe temperaturnya nunjukin setengah lbh dikit, nggelitik, dan ngempos, tuh kalo jalan siang hari cuaca panas jalan sedikit macet dan pake AC tp punya sy air radiatornya ndak berkurang, dan kipas radiatornya aku langsung ke aki, jadi nyala terus, ni aku coba mo bikinkn radiator yg gede, dan setel ulang timing pengapiannya agak di mundurin dikit

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by Koboy » Thu Mar 17, 2011 10:34 pm

samlil ngintip ah......soalnya kasusnya sama...

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by ariphrp » Thu Mar 17, 2011 10:42 pm

caesaruki wrote:emang kayak gitu om,mobil saya jg gitu klo dah panas agak gak bisa lari. tapi klo malem or cuaca adem enak2 aj larinya.
selain itu memang ada pengaruhnya Oom.. udara dingin membuat pembakaran lebih sempurna maka tarikan mesin rasanya lebih enteng kalau nyetir malem apalagi kalau gerimis.. vrooom..

maka aplikasi CAI baik diterapkan.. atau jejalin dry ice di intake air carbu.. :-BD

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by Koboy » Fri Mar 18, 2011 12:29 am

emang sebebnya kenapa sih om arip...kalo siang ( cuaca panas ) mbl agak lelet. gak kaya kalo kita setir malem ( cuaca dingin )....padahal kalo mbl th muda kan gak ngaruh...mau cuaca panas, mau dingin, gak masalah....padahal mbl pny om denny kan udah OH semua tuh...alias baru semua dalemannya...kan mestinya bisa dibilang semua msh good condition. knp begitu.....kalo memang pengaruh cuaca, brarti mbl yg tinggal di daerah bandung kondisi mesinnya bagus2 donk...... :( jadi ngiri nih.... :(( ayo donk...para master....ditunggu solusinya nih.......

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by meneer » Fri Mar 18, 2011 4:28 am

kalo siang berasa berat itu brarti overheat,meski jarum temperatur ga naek loh ya...biasanya gitu mah kita cek aja dari yg murah dulu kaya senior saya,om jarno, bilang...kita cek tuh dari radiator,apakah dia kotor atw ada yg buntu kisi2nya [bawa ke tukang radiator],kemudian kipas [ini yg agak susah,secara kita gak bisa cek kecepatan putaran kipas secara kasat mata]...

kemudian yg rada ekstrim,kita kembalikan kompresi ke angka standar pabrik...kalo head dah dipapas ya kita dobelin aja tuh paking atw kita buat paking kastem spesial rekuwes ke tukang2 paking...intinya mengembalikan ketinggian head ke ukuran std....
Last edited by meneer on Fri Mar 18, 2011 4:36 am, edited 1 time in total.
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by onta » Fri Mar 18, 2011 4:32 am

Betul kata senior, cek jg waterpump. Klo perlu pasang Wai

[ Post made via BlackBerry ] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by ariphrp » Fri Mar 18, 2011 7:00 am

Koboy wrote:emang sebebnya kenapa sih om arip...kalo siang ( cuaca panas ) mbl agak lelet. gak kaya kalo kita setir malem ( cuaca dingin )....padahal kalo mbl th muda kan gak ngaruh...mau cuaca panas, mau dingin, gak masalah....padahal mbl pny om denny kan udah OH semua tuh...alias baru semua dalemannya...kan mestinya bisa dibilang semua msh good condition. knp begitu.....kalo memang pengaruh cuaca, brarti mbl yg tinggal di daerah bandung kondisi mesinnya bagus2 donk...... :( jadi ngiri nih.... :(( ayo donk...para master....ditunggu solusinya nih.......
pernah denger teorinya begini:

bada saat temperatur rendah molekul Oksigen lebih padat dan lebih mudah terbakar saat dicampur bahan bakar..
maka ada aplikasi CAI (Cold Air Intake) untuk memasukkan udara yang lebih dingin ke intake air karbu/injector..

sebetulnya penyusunan intake air standar dari karbu juga sudah menunjukkan manfaatnya udara lebih dingin kan oom? perletakan ujung ducting udara ditaruh pada lokasi yang relatif lebih dingin. kalau dimobil touring malah kadang mengorbankan satu headlamp untuk posisi air intake..

di balap rally juga ada yang menggunakan dry ice untuk memasok udara dengan temperatur randah ke ruang bakar.. begitu yang saya pernah tau oom.. :-D

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: mesin modif, panas saat kondisi jalan macet dan siang ha

Post by adeindra » Fri Mar 18, 2011 1:25 pm

jawaban yang cantik sekali dari pak cik arip...

di yogya banyak kok anak2 gc... ada si brian, hohox, radit, adi vostro, titus, afid dll dll... monggo... masuk ke regional deh

Post Reply