Share Karburator, AC, dan Radiator.

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
akang
GC Lover
GC Lover
Posts: 330
Joined: Sun Apr 05, 2009 10:49 pm
Location: Bandung sebelah timur sedikit

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by akang » Thu Jul 14, 2011 11:49 pm

tukang radiator yg udah pengalaman biasanya bisa bikin custom om...mau bikin 2 ply atau 3 ply juga bisa....... :) ....atau sekalian pake yg full aluminium

User avatar
_augusta_
GC Noob
GC Noob
Posts: 30
Joined: Mon Jan 10, 2011 4:56 pm
Location: Jaksel-BSD

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by _augusta_ » Wed Jul 20, 2011 11:44 am

akang wrote:tukang radiator yg udah pengalaman biasanya bisa bikin custom om...mau bikin 2 ply atau 3 ply juga bisa....... :) ....atau sekalian pake yg full aluminium
2 ply itu 2 lapis maksudnya om?
full alumunium kayak radiator mobil2 eropa ya bos? susah di tambal bukan kabarnya?

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by Pa'de Gung » Wed Jul 20, 2011 1:32 pm

_augusta_ wrote:nah itu dia om, tadi pagi di cek, kondisi dingin
ac di idupin, fan yang idup cuma fan ac doang, fan radiator ga nyala
apa karena temperatur optimal blom tercapai? jadi fan radiator blom mau nyala?
Seharusnya 2 fan selalu nyala bersamaan saat AC on atau saat thermostat on. Kalo kelistrikan belum dirubah, bisa dicoba jumper dari 2 kabel yg ada di thermostat. Letaknya di deket filter oil yg kabelnya 2, cabut dan hubungkan keduanya dan 2 fan harusnya aktif.

Belum lama ada teman yg mengalami over heat saat AC on, ato AC off tapi kondisi jalan macet. Ternyata daun kipas sudah hampir lurus, sehingga proses pendinginan tidak bisa maksimal. Dalam kondisi seperti itu, perpindahan air dari radiator ke reservoir terlalu sering sehingga banyak yg meguap.

semoga membantu.... :)

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by zulindra » Wed Jul 20, 2011 2:14 pm

Sharing aja, problem overheat ketika AC on sembuh setelah kuras radiator..

User avatar
_augusta_
GC Noob
GC Noob
Posts: 30
Joined: Mon Jan 10, 2011 4:56 pm
Location: Jaksel-BSD

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by _augusta_ » Tue Jul 26, 2011 3:44 pm

Pa'de Gung wrote:
_augusta_ wrote:nah itu dia om, tadi pagi di cek, kondisi dingin
ac di idupin, fan yang idup cuma fan ac doang, fan radiator ga nyala
apa karena temperatur optimal blom tercapai? jadi fan radiator blom mau nyala?
Seharusnya 2 fan selalu nyala bersamaan saat AC on atau saat thermostat on. Kalo kelistrikan belum dirubah, bisa dicoba jumper dari 2 kabel yg ada di thermostat. Letaknya di deket filter oil yg kabelnya 2, cabut dan hubungkan keduanya dan 2 fan harusnya aktif.

Belum lama ada teman yg mengalami over heat saat AC on, ato AC off tapi kondisi jalan macet. Ternyata daun kipas sudah hampir lurus, sehingga proses pendinginan tidak bisa maksimal. Dalam kondisi seperti itu, perpindahan air dari radiator ke reservoir terlalu sering sehingga banyak yg meguap.

semoga membantu.... :)
mantap om terimakasih inponya, kemaren ganti2an, dah diperbaiki ganti motor fan nya pake yg copotan 150k

eh kemaren si nova ngambek lagi, ternyata gantian temen sebelah alias fan ac yang mati, yah kirain bakal ganti lagi,
untungnya cuma kabel powernya doang yang putus,,...

sekarang dem adem, garis temperatur di bawah setengah

ican_chandra
GC Noob
GC Noob
Posts: 3
Joined: Mon Aug 15, 2011 11:13 pm
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by ican_chandra » Tue Aug 16, 2011 3:14 am

ac normal, tp kalo siang dinginnya gak sampe ke belakang... memang begitukah karakter ac grand civic? ada suggest?
ican
grand civic '91

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by Ctrl_Alt_Del » Tue Aug 16, 2011 9:28 am

mungkin kaca filmnya kurang nahan panas...
mungkin freon kurang? tekanan kurang?
mungkin jg kondensernya (yg di bemper kondenser kan ya namanya?)
kondenser kotor/mampet kisi2 nya krn karat di dalem, sama kayak radiator gitu.. atau kisi2 kena cat.. (yg gw di cat ama tukang cat bemper)
jd hasil kompresi jg panas krn kondenser mampet..



.

User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 702
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by cutemaster » Tue Oct 11, 2011 10:03 pm

sedikit share, 3-4 Bulan lalu ngalamin hal yang sama pada AC. kompresor AC bocor pada bagian karet2 nya.
Dah sempat nanya-nanya sama Sesepuh GC dot Com buat cari2 yang seccond.
akhirnya coba-coba ke bengkel AC dekat rumah.
- Kompresor di trondolin habis
- GC terpaksa Nginep 1 malam
- Alhamdulillah karet2 bisa diganti dan sekarang udah ga bocor lagi.
- Total jendral benerin kompresor bocor + isi Kembali Freon + Cek Jalur/selang AC = Rp. 400 Ribu
sekarang AC dah muaknyoss lagi.... Adem dan Suejukkk
- Kesimpulan, Kompresor bocor kalau hanya pada bagian karet2 atau seal, masih bisa dibenerin kok



*ehh.. 2 hari yang lalu Idle-UP ac bermasalah, kalo AC ON idle malah drop sampai ke 200 rpm malah terkadang mesin jadi mati
ada solusi..?
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti :P

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by Pa'de Gung » Tue Oct 11, 2011 10:11 pm

Udah cek solenoid plus selang2nya om..?
Kalo solenoid kerja katup vacum di kiri karbu (sisi selang bensin masuk) bekerja menarik trotle sehingga idle naik.
Kalo vacum sudah kerja tapi idle ga naik, ada pengaturnya di ujung vacum. putar kanan sampai rpm yg diinginkan.

User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 702
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: Share Karburator, AC, dan Radiator.

Post by cutemaster » Tue Oct 11, 2011 10:14 pm

Pa'de Gung wrote:Udah cek solenoid plus selang2nya om..?
Kalo solenoid kerja katup vacum di kiri karbu (sisi selang bensin masuk) bekerja menarik trotle sehingga idle naik.
Kalo vacum sudah kerja tapi idle ga naik, ada pengaturnya di ujung vacum. putar kanan sampai rpm yg diinginkan.
udah om, termasuk selang2nya juga udah di cek, semua normal. selang tidak ada yang bocor.
Saya coba (dihubungkan) kedua selang vacum tanpa menggunakan idle-up. rpm nya langusng naik saat ac on.
D I Y ...... Lebih Asik daripada hanya Sekedar Ganti :P

Post Reply