WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
BotaQue
GC Noob
GC Noob
Posts: 21
Joined: Sat Dec 10, 2011 8:18 pm
Location: Depok

WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by BotaQue » Thu Feb 02, 2012 5:06 pm

Hallo om2 sekalian :) ,

Mau tanya2 nih. nouva saya '88. waktu mau pulang kantor saya nyalain mesin seperti businya pincang. saya coba paksain jalan karena udah malem tp setelah nempuh 1KM tiba2 over heat. saya cek, air di radiator & cadangannya kering kerontang. akhirnya saya isi. setelah jalan kurang lebih 3KM di eh over heat lagi :( dan setelah saya cek lagi ternyata airnya udah berkurang lagi. setelah sampai rumah, saya ganti semua businya dan setelah mesin distart, masih kayak pincang businya, mesin goyang2 kayak mau mati dan saya coba keliling rumah, temperatur naik ga normal lagi.

Mohon info dari temen2, kira2 apanya yang bermasalah dan mohon info juga kalau ada bengkel rujukan dari temen2, sukur2 klo ada montir yang bisa dipanggil ke rumah (Depok) karena sekarang udah susah distart mesinnya.

Terimakasih :D

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by adi_vostro » Thu Feb 02, 2012 5:17 pm

Kemungkinan besar packing head jebol itu Om...air radiator masuk ke ruang bakar,itu yg bikin mesin jadi pincang...
Sebaiknya secepatnya buat diperbaikin...resiko water hammer Om...
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
BotaQue
GC Noob
GC Noob
Posts: 21
Joined: Sat Dec 10, 2011 8:18 pm
Location: Depok

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by BotaQue » Thu Feb 02, 2012 5:34 pm

adi_vostro wrote:Kemungkinan besar packing head jebol itu Om...air radiator masuk ke ruang bakar,itu yg bikin mesin jadi pincang...
Sebaiknya secepatnya buat diperbaikin...resiko water hammer Om...
waduuh :shock: klo udah melengkung harus dibubut ya om? ada bengkel referensi?
thanks ya om Adi

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by nanangsurya » Thu Feb 02, 2012 7:48 pm

BotaQue wrote:
adi_vostro wrote:Kemungkinan besar packing head jebol itu Om...air radiator masuk ke ruang bakar,itu yg bikin mesin jadi pincang...
Sebaiknya secepatnya buat diperbaikin...resiko water hammer Om...
waduuh :shock: klo udah melengkung harus dibubut ya om? ada bengkel referensi?
thanks ya om Adi
bener om klo over heat mesin pasti pincang om...bahkan mati sendiri.....apalagi mpe kering kerontang.....klo musti bubut dan turun separoh siapin dana 2-3jt om.....
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
yudy
GC Whore
GC Whore
Posts: 2935
Joined: Wed Dec 16, 2009 11:18 am
Location: Pancoran-Pinang Ranti-Cibubur-Sentul City
Contact:

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by yudy » Fri Feb 03, 2012 12:57 am

nais inpoh
Flight Ticket & Residence Voucher
Domestic & International
" WICAKSONO TRAVEL "
Telp : 021 - 6060 1280
PIN : 229E7E15 / 2658EAEA
E-mail : wicaksonotravel@rocketmail.com

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by zulindra » Fri Feb 03, 2012 5:53 am

mending ganti head zc skalian om, ongkos gak beda jauh kok..

User avatar
pelurutajam
GC Lover
GC Lover
Posts: 342
Joined: Tue Nov 16, 2010 9:35 am
Location: surabaya

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by pelurutajam » Fri Feb 03, 2012 9:33 am

tapi lebih yakin dicek satu2 dulu om..pastikan pengapian dari 4 kabel delco yang menuju ke busi dalam kondisi nyala/keluar percikan api. karena pincang bisa karena dari pengapian kabel busi atau dari busi. kalau masalah overheat dan airnya habis juga bisa karena ada kebocoran, baik pada selang2nya atau pada cooling di silinder head (alias head melenting)..

User avatar
pakdhe eko
GC Lover
GC Lover
Posts: 309
Joined: Thu Jan 05, 2012 3:41 am
Location: Antara Kelapa Gading - Brebes JATENG
Contact:

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by pakdhe eko » Fri Feb 03, 2012 3:14 pm

nanangsurya wrote:
BotaQue wrote:
adi_vostro wrote:Kemungkinan besar packing head jebol itu Om...air radiator masuk ke ruang bakar,itu yg bikin mesin jadi pincang...
Sebaiknya secepatnya buat diperbaikin...resiko water hammer Om...
waduuh :shock: klo udah melengkung harus dibubut ya om? ada bengkel referensi?
thanks ya om Adi
bener om klo over heat mesin pasti pincang om...bahkan mati sendiri.....apalagi mpe kering kerontang.....klo musti bubut dan turun separoh siapin dana 2-3jt om.....
waaah...semoga belum sampe harus turun separoh om...
D 1399 SJ

PakdhEko - 081213532879
PIN : 3153C632
Si gepeng dari ndeso to kutho

User avatar
BotaQue
GC Noob
GC Noob
Posts: 21
Joined: Sat Dec 10, 2011 8:18 pm
Location: Depok

Re: WTA: pembakaran mesin seperti busi pincang

Post by BotaQue » Sat Feb 04, 2012 11:25 pm

nanangsurya wrote:
BotaQue wrote:
adi_vostro wrote:Kemungkinan besar packing head jebol itu Om...air radiator masuk ke ruang bakar,itu yg bikin mesin jadi pincang...
Sebaiknya secepatnya buat diperbaikin...resiko water hammer Om...
waduuh :shock: klo udah melengkung harus dibubut ya om? ada bengkel referensi?
thanks ya om Adi
bener om klo over heat mesin pasti pincang om...bahkan mati sendiri.....apalagi mpe kering kerontang.....klo musti bubut dan turun separoh siapin dana 2-3jt om.....
okeh2. thx infonya ya om :)
zulindra wrote:mending ganti head zc skalian om, ongkos gak beda jauh kok..
kekurangan & kelebihannya apa ya om? estimasi biaya?
thx
pelurutajam wrote:tapi lebih yakin dicek satu2 dulu om..pastikan pengapian dari 4 kabel delco yang menuju ke busi dalam kondisi nyala/keluar percikan api. karena pincang bisa karena dari pengapian kabel busi atau dari busi. kalau masalah overheat dan airnya habis juga bisa karena ada kebocoran, baik pada selang2nya atau pada cooling di silinder head (alias head melenting)..
air udah masuk ke pembakaran om, saya udah cek. antara packing atau head melenting nih.
thx infonya om.
pakdhe eko wrote:
nanangsurya wrote:
BotaQue wrote:
adi_vostro wrote:Kemungkinan besar packing head jebol itu Om...air radiator masuk ke ruang bakar,itu yg bikin mesin jadi pincang...
Sebaiknya secepatnya buat diperbaikin...resiko water hammer Om...
waduuh :shock: klo udah melengkung harus dibubut ya om? ada bengkel referensi?
thanks ya om Adi
bener om klo over heat mesin pasti pincang om...bahkan mati sendiri.....apalagi mpe kering kerontang.....klo musti bubut dan turun separoh siapin dana 2-3jt om.....
waaah...semoga belum sampe harus turun separoh om...
mudah2an Pakdhe, doain yaa :D
thx

Post Reply