HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
danoe_int
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Fri Aug 26, 2011 2:23 am
Location: Banda Aceh-Jakarta

HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by danoe_int » Fri Feb 24, 2012 1:27 pm

Share aja : Stress kmrn2 sdh bongkar + ganti packing karbu full, intake, Delco,Vacuum2, selang vacuum..tetep stress boil ga nyala..rupanya hilang kompresi ( ga ngisep tuh ruangan bakar ) :(( ... cek sendiri tangan ga ke isep di manifol intake ..nyerah ksh bengkel ke- 1 bongkar 1/2 mesin wuihhh. bengkel ke- 2 cek dr atas lg...kompresi hilang paling banter 1 katanya..di sulap tanpa bongkap cover engine wuihh :-? gmn tuh...jd dulu pernah pcv ditutup sm lem sealent krn ga kepake ..kebayangkan ngumpulnya bekas lem sealent di manifol yg pastinya lambat laun ke isep jg ke ruang bakar..apalg stlh diseprot karbu cleaner dg maksud benerin RPM yg naikturun..tp sepertinya salah solusi tambah encer tuh bekas lem nya..nyangkutlah si piston/ bergerak lamban makanya kompresi dicek cm dpt 1 ga tau 1 apa hehe..terakhir dpt 8 nunggu pe 9-10 katanya.. bener ga???? Caranya :-? ..ga tau.... dugaan seperti masukin cairan pembersih piston lwt lubang busi tunggu trus diisep keluar lg..tp ini ga da cairan kyk gitu di Aceh..Persis dugaannya ..jd pertama dia pake oli utk gerakin piston dulu..bs gerak trus diguyur bensin dgn cara sm lewat lubang busi di isep lg dilakuin berulang kali...TOKCER...greng..greng..
gimana tuh ada efek kedepannya ga...??? mhn saran...
( TK buat Om PP jg Om Zul tetep dukung dr belakang )...

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by adeindra » Fri Feb 24, 2012 5:03 pm

ada yang bisa bantu nih?
tapi setau gue emang ada ada cairan yang disemprotkan di lubang busi buat bantu menghilangkan kerak... tapi kalo tujuannya jangka pangjang tidak akan ada cara lagi yang lebih baik dibanding bongkar total dan diganti :D

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by adi_vostro » Fri Feb 24, 2012 8:49 pm

Emmm,,,maaf nih,,saya belum begitu nangkap maksudnya..tp sepengertian saya,,menurut cerita dari Om,,kompresi hilang gara2 ada sisa lem sealer yg nempel di ruang bakar (buring) yg bikin macet piston..jadi piston nggak bisa naik turun dengan lancar.. gitu yah maksudnya?maaf kalo salah...
Kalo menurut saya sih nggak begitu Om..nggk mungkin piston bisa terhambat gara2 lem sealer...
Alasannya :
1. Gerak naik turun dr piston itu berasal dr perputaran kruk as..kalo seher macet nggk mau gerak,brarti logikanya kruk as jg nggk muter dong..semua bagian mesin jg bakalan macet,termasuk dinamo starter jg nggk bisa muter (soalnya kan dinamo starter tugasnya kan gerakin flywheel yg nyambung ke kruk as)
2. Bekas Sealer bakalan musnah kalo masuk ruang bakar..karena kompresi yg gedhe sama suhu tinggi..

Kemungkinan kompresi hilang :
1. Seher + ring seher uda aus..jadi nggak bisa lagi ngepas di buring..akibatnya kompresinya gembos,trus ada oli yg masuk ke ruang bakar...
2. Seal klep jebol..
3. Perpack cilinder head jebol..kompresi bocor..
4. Ada kotoran (bekas sealer termasuk) di sela2 klep...bikin klep nggak bisa nutup sempurna..atau permukaan klep jg nggk rata (pernah kejadian,dulu waktu masih suka balapan, mobil distarter nggk bisa nyala,,loss kompresi..saya getok2 per klep dan batang klep..eh,kompresi balik lagi..nggak mapan gitu lah istilah saya)
5. Permukaan cilinder head melengkung...bisa aja karena overheat...
Dll deh...


Kalo dr pengalaman saya,,sepertinya begitu Om..maap kalo ada yg salah,,soalnya saya nubie jg... :D
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

danoe_int
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Fri Aug 26, 2011 2:23 am
Location: Banda Aceh-Jakarta

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by danoe_int » Sat Feb 25, 2012 12:17 am

Soal mekanismenya bener Om,semua sistem hrs gerak..OK jd sblm tau soal kompresi ,yg udh dilakuin bersihin area intake :
1. karbu ( tertuduh 1 ), ganti packingnya sekalian krn RPM naik turun...
2. cuci intake manifold krn mmg ada..banyak bekas sealent ngumpul disana + ganti packingnya
3. ngintip 4lubang lagi2 bersihin sisa sealent,semprot bensin ditiup pompa manual hehehe bukan pake mulut ya..smp bersih..mgkn ini yg dimaksud Om Adi ada kotoran disela2 klep..ga smp getok per klep..yakin bersih aja pokoknya..
4. bersihin delco with d.i.y Om PP..
5. ganti busi..
6. test 1x starter dibantu istri..tutup timming belt dibuka ada gerak muter seret..bukan macet ya Om..starter ke 2 baru cek kompresi , nutup intake manifold yg 2 lubang ebonit/ke karbu pake tangan. ada sedotan tp kecil..nyerah deh...tarik ke bengkel..
crita kronologisnya lgsg test kompresi...YA ada cm nilai 1..ditinggal krn dibantu ditungguin kawan..balik lg sudah Greng----- laporanlah ga buka apa2 cm isi oli lwt lubang busi..start..baru bersihin sisa kotoran diruang bakar termsk oli td diisep jg cm pke alat manual biasa....lgsg greng udah??? masa segitu cepetnya...
kompresi naik ke 3, 6, 8 skrg 9.. seiring kebakarnya bekas sisa kotoran, pada knalpot awalnya kotor, bekasnya ada di tembok bengkel hehehe..artinya kompresi naik seiring bersih- keringnya ruang bakar ( bener Om Adi ) malem test ke jalan .. hana masalah/ Ga mslh..cek kompresi sdh nilai 10.. ayo gmn tuh...diinepin semalem..test drive pagi aminn.. puter2 banda aceh bs senyum lg...
Spt Om Adi-Om Ade bilang pantesnya bongkar total biar tambah yakin..nti dl Om msh ada yg ditunggu buat lakuin itu.hehehe kira2 dianggarkan brp ya Om buat ganti spt yg diatas..( seher dkk pendukungnya )
smntr yg bisa dishare
* jujur ke bengkel apa aja yg sdh dilakuin..biar bengkel ngerti mo diapain ni GC..
* mg2 dpt jg bengkel jujur yg mo ngerjain minimal utk maksimal hasil... ongkos jd murah soalnya..hehe

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by ariphrp » Sat Feb 25, 2012 6:57 am

baiknya sih bongkar mesin.. soal berapa habis biaya tergantung temuan setelah bongkar oom..

saya pengalaman bongkar mesin sampai 2 bengkel (yang pertama praktis cuma buang duit aja) total 8 juta.. sebenernya 5 juta sih cukup kalau dikurangi bengkel pertama yang cuma buang duit aja.. :)

kalo sekarang hana peng, (hehehe) survey harga aja dulu oom harga sparepart di Banda Aceh untuk Piston, seher, packing set, ongkos bubut, sama ongkos kerja turun mesin.. baru bisa memperkirakan berapa kang dana diperlukan :P

danoe_int
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Fri Aug 26, 2011 2:23 am
Location: Banda Aceh-Jakarta

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by danoe_int » Sat Feb 25, 2012 1:06 pm

wiuhh segitu ya..3 hari Opname : maaf Om inikan kompresi (hari ke-3 Opname) diukur sdh dpt 10 dg acuan nilai normalnya GC kan 9,5-13kg/cm2. apa ga sdh lbh baik ini keadaannya?? gmn Om..
Katanya test 1mgg dl, ini sdh test hari ke-2 nti test kompresi lg..sejauh ini msh blm ada kendala baik pelan/kencang tp kl nti 1mgg lg kompresi turun saran Bengkel cukup ganti ring sehernya aja + ongkos katanya cost 1,5jt.komennya Om??kl dah ganti ring kyknya ganti semua ya Om biar lbh yakin..entar deh liat 1mgg hasil dl sm liat "yg laen" td..hehe.

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by Pa'de Gung » Sat Feb 25, 2012 1:29 pm

Kalo hasil terakhir dirasa sudah bagus, knalpot kering dan ga ada tanda2 mengkawatirkan.... aman kok.
Sambil pelan2 ngumpulin dana...kalo mau lebih bagus... :)

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by adeindra » Sat Feb 25, 2012 3:34 pm

Iye bener

Turun mesin tuh serba salah kadang om.. Rencana awal hanya misalnya ganti ring seher....dana dah disiapin sekitaran cukup untuk ganti ring seher doang.... Eh begitu dibuka ternyata keliatan yang lain yang perlu diganti... Mungkin metal duduk, metal jalan, blok kropos, dll dll

Jadi iye bener, kalo emang udah engga ada masalah, ya lebih baik ngumpulin duit dulu sampe paling engga siap 5juta... Jadi begitu turun mesin dan ternyata yang harus diganti lebih banyak, dana udah siap deh

danoe_int
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Fri Aug 26, 2011 2:23 am
Location: Banda Aceh-Jakarta

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by danoe_int » Sat Feb 25, 2012 11:09 pm

amin didukung.. itulah maksudnya..Sayangkan kl udh bongkar tp msh ada yg kurang puas wkt ditutup lg ( Coba kmrn sekalian ganti ini-ganti itu pasti....)kan gitu mikirnya
ok smntr ditest dulu ,tengok2 harga onderdil diarea smbl nunggu "Si Akhirnya datang juga" ..TK buat info & saran

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: HILANG KOMPRESI COZ PISTON LENGKET

Post by Pa'de Gung » Sat Feb 25, 2012 11:38 pm

Siipp..om, jangan ragu share apapun selama masa tunggu... :)

Post Reply