discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
irwans85
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 972
- Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
- Location: klaten,magelang
Post
by irwans85 » Wed Aug 04, 2010 3:00 pm
sebelumnya mau tanya dulu om...alesane ditutup kenapa ya??? kalo pemikiran "coro bodo" saya mungkin ga pa2 ya kalo cuma ditutup satu kan air nya masih bisa mengalir dari lubang2 yang lain...
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
-
fasc
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 759
- Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
- Location: tegal - sleman
Post
by fasc » Wed Aug 04, 2010 3:06 pm
bener, mang kalo di tukang radiator disogrok pake besi tipis
kalo masalah ditutup itu itung aja secara sederhana misal ada 20 saluran, ditutup 1 ya, kemampuan radiator tinggal 95%, xixi..
-
Kurniawan dicky
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 2237
- Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
- Location: Bdg-Ckr
Post
by Kurniawan dicky » Wed Aug 04, 2010 3:20 pm
Saya pernah perhatiin servis radiator, memang begitu om... tutup atas dan bawah dilepas dgn solder (utk tutup yg sudah diganti tembaga). Lalu pipa2 kecil sodok2 besi tips ampe bersih. Biasanya kalo bocor ditutupnya bisa ditambal dengan cara disolder, tapi kalo bocor dibagian pipa2 kicil yg ada siripnya (kisi-kisi) akan susah untuk ditambal. Makanya agar masih bisa digunakan lubang pipa yg bocor dibuntu....lumayan sambil nunggu dana utk ganti radiator baru...Selagi indikator temp masih batas normal oke-oke saja om.. artinya radiator masih mampu ngademin mesin..
-
irwans85
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 972
- Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
- Location: klaten,magelang
Post
by irwans85 » Wed Aug 04, 2010 3:22 pm
dicoba dulu aja om...yang penting :
1. air radiator tidak berkurang
2. sirkulasi air lancar, tetap mengalir
3. pastikan temperaturnya normal...
secara fungsi radiator kan cuma mendinginkan ato menjaga temperatur mesin agar tetap stabil...
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
-
arozi
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 5239
- Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
- Location: Bandung
Post
by arozi » Thu Aug 05, 2010 11:24 am
irwans85 wrote:dicoba dulu aja om...yang penting :
1. air radiator tidak berkurang
2. sirkulasi air lancar, tetap mengalir
3. pastikan temperaturnya normal...
secara fungsi radiator kan cuma mendinginkan ato menjaga temperatur mesin agar tetap stabil...
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
cara liat sirkulasi, pas pagi mau manasin mesin liat aja apakah air nya setelah hangat muncrat-muncrat atau tidak... kalo muncrat-muncrat berarti sebagian besar dah tersumbat lagi.
saran saya sebulan sekali buka nipple bawah, kuras airnya pake air bersih yang mengalir sambil nyalain mesin.
dijamin bakal lancar sirkulasinya.
kalo saya pake air sisa kondensasi AC yang saya saring kembali pake kaos, perasaan sih adem banget meski lama disimpen di botol aqua.
B J O
-
azerocks
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 148
- Joined: Thu May 19, 2011 11:29 am
- Location: Purwakarta (weekdays), Sukabumi (weekend)
Post
by azerocks » Thu Mar 01, 2012 4:18 pm
arozi wrote:irwans85 wrote:dicoba dulu aja om...yang penting :
1. air radiator tidak berkurang
2. sirkulasi air lancar, tetap mengalir
3. pastikan temperaturnya normal...
secara fungsi radiator kan cuma mendinginkan ato menjaga temperatur mesin agar tetap stabil...
[Post made via Mobile Device]
[Post made via Mobile Device] ![Image](http://grandcivic.com/images/mobile.png)
cara liat sirkulasi, pas pagi mau manasin mesin liat aja apakah air nya setelah hangat muncrat-muncrat atau tidak... kalo muncrat-muncrat berarti sebagian besar dah tersumbat lagi.
saran saya sebulan sekali buka nipple bawah, kuras airnya pake air bersih yang mengalir sambil nyalain mesin.
dijamin bakal lancar sirkulasinya.
kalo saya pake air sisa kondensasi AC yang saya saring kembali pake kaos, perasaan sih adem banget meski lama disimpen di botol aqua.
ini thread udah lama banget sih, tapi berhubung butuh bertanya jadinya weh kudu nanya "om, minta petunjuknya dunks, bagian nipple bawah (asumsi saya sih di radiator) tuh lokasinya disebelah mana ya? saya udah gatel pengen coba kuras sendiri air radiator tapi masih aja belom berani dan belom tau caranya. maksudnya hal-hal apa aja yang harus diperhatikan saat kuras air radiator sendiri, selang-selang mana yang harus dilepas, selang-selang mana yang gak boleh dioprek, dsb. plis help ya"
makasiiiih...
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
EF Lover, EK user
-
adeindra
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 14020
- Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm
Post
by adeindra » Thu Mar 01, 2012 4:44 pm
katub buat pembuangan adanya di sisi kanan bawah om (drivers side)
kurang lebih dibawah selang yang bawah
namun perlu diliat dulu tuh radiator masih aseli engga... kemungkinan kalo bagian bawah radiator udah engga aseli yang plastik ya bakaln engga ada tuh nipple
so, kalo mau nguras ya harus buka selang radiator yang bawah itu
yakin pingin nguras sendiri om? engga serahkan ke yang ahlinya aje?
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
biar sekalian dibersihin engga cuma dikuras aje
-
azerocks
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 148
- Joined: Thu May 19, 2011 11:29 am
- Location: Purwakarta (weekdays), Sukabumi (weekend)
Post
by azerocks » Mon Mar 05, 2012 3:29 pm
jadi gak yakin neh om Ade...
sekitar 6 bulan yang lalu saat servis AC (isi freon dan servis kompressor) pernah dibilangin ma tukangnya kalo salah satu radiatornya udah bukan yang bawaan LXnya lagi, udah pake yang punya genio, tapi sy lupa yang copotan genio tu radiator yang mana (depan atau belakang), atau jangan-jangan itu akal-akalan dia aja ya?
![Not talking [-(](./images/smilies/33.gif)
EF Lover, EK user
-
choElo98
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1620
- Joined: Thu Jan 14, 2010 1:46 pm
- Location: Padang-Pariaman-Bukittingi
Post
by choElo98 » Mon Mar 05, 2012 7:09 pm
kalo genio radiatornya cuma separo GC om.
menurut saya kalo untuk kuras radiator/mengganti air saluran tidak sulit, bisa DIY om.
selang dari mesin ke radiator di copot,lalu slangnya hubungkan ke sumber air.
sumber air yg mengalir ya om spt air ledeng/mesin pompa, hidupkan mobil maka air tadi masuk radiator trus ke blok mesin trus langsung keluar. lakukan sampai air g keluar bersih.
" ...ciek,,duo,,,tigo,,,gooooooooooo ... "
Mari Rame_in Forum
-
Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Post
by Ctrl_Alt_Del » Wed Mar 07, 2012 1:15 pm
ga nyopot selang radiator-mesin jg bisa koq..
buka tutup radiator, buka drain bawah, nyalain mesin sambil lobang tutup radiator sambil di colok selang sambil dialirin air keran rumah..