discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
-
idhuy
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 32
- Joined: Thu Feb 10, 2011 12:27 am
- Location: Cianjur --> Depok
-
Contact:
Post
by idhuy » Sun Mar 25, 2012 10:51 am
oowh...gitu yaa, coba nanti di test apa yang om krisnadew bilang diatas
terima kasih banyak om krisnadew & opa ade
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
-
pauluspaska
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Post
by pauluspaska » Sun Mar 25, 2012 2:51 pm
Saya beli radiator matic di Bintang terang atrium cuma kena 1.1 jt.
Saya sarankan pakai yg aslinya, sebab pakai yg asli akan menyelamatkan matic cooler di bagian bawah.
Saya pengalaman pakai kuningan untuk bagian atas dan bawah cukup lama, suhu radiator dipaksa lebih tinggi dari yang asli.
Kalau radiator kuningan mampet, tekenan dan suhu tidak punya pelepasan. Kalau yg asli, tekanan dan suhu dilepas dengan memecahkan fiber bagian atas.
Cooler matic cepet rusak kalau pakai radiator kuningan.
Grandcivic Kaca Gelap
-
Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Post
by Ctrl_Alt_Del » Mon Mar 26, 2012 6:50 am
klo mesin dingin kan thermostat masih nutup, klo head bocor apa dgn kondisi thermostat nutup masih bisa muncrat atau ngeblukbuk gitu airnya?
apa ngga nunggu anget2 dikit sampe thermostat ngebuka??
head gw jg kayaknya bocor halus nih..
bogor bandung pasti minta minum segelas..
dipanasin sambil tutup radiator dibuka ngga muncrat, tp berbusa kayak busa cocacola gitu..
sekalian papas aja kli yaa...
.
-
adeindra
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 14020
- Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm
Post
by adeindra » Mon Mar 26, 2012 9:12 am
hehehe beneer aal
-
Fieldz
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1223
- Joined: Thu Aug 28, 2008 9:52 am
- Location: j.a.k.a.r.t.a
-
Contact:
Post
by Fieldz » Mon Mar 26, 2012 9:39 am
pauluspaska wrote:Saya beli radiator matic di Bintang terang atrium cuma kena 1.1 jt.
Saya sarankan pakai yg aslinya, sebab pakai yg asli akan menyelamatkan matic cooler di bagian bawah.
Saya pengalaman pakai kuningan untuk bagian atas dan bawah cukup lama, suhu radiator dipaksa lebih tinggi dari yang asli.
Kalau radiator kuningan mampet, tekenan dan suhu tidak punya pelepasan. Kalau yg asli, tekanan dan suhu dilepas dengan memecahkan fiber bagian atas.
Cooler matic cepet rusak kalau pakai radiator kuningan.
numpang ikutan belajar ya oms
Memecah itu maksutnya pecah rusak bagian kepala radiatornya yg dari fibernya itu om? jebol dong?
gabisa di repair lg kan kalo fiber ya om?
+1 lagi..cooler matic itu maksutnya tempat oli matic yg dibawah radiator bukan? (cepet) rusaknya tu maksutnya kaya gmn om?
-
pauluspaska
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Post
by pauluspaska » Mon Mar 26, 2012 11:59 am
Om F,
Bener om, Biasanya kalau sistem pendinginan mesin gak normal (radiator mampet-bocor masuk ruang bakar), tekanan dan suhu biasanya lebih tinggi dari normal.
Kalau pakai radiator OEM, yang rusak duluan biasanya kepala bagian atas (retak) sebagai proses pelepasan tekanan (selain dari pada pelepasan tekanan ke reservoir). Nah kalau pakai tembaga apalagi kalau lasnya kuat banget tekanan tinggi cuma bisa lewat reservoir. Nah cooler matic bagian bawah sering kena tuh.
Saya pengalaman gitu soalnya dulu. bolak-balik tukang radiator, eh yang sering kena cooler maticnya.
Saya duga, para insinyur honda sudah menghitung kenapa harus pakai fiber untuk bagian atas dan bawah.
Bagi saya, jadi lebih mudah kontrolnya. Kalau radiator pecah berarti ada yang fatal terjadi.
Grandcivic Kaca Gelap
-
Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
![GC Enthusiast GC Enthusiast](./images/ranks/screwdriver_rank_3.gif)
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Post
by Ctrl_Alt_Del » Mon Mar 26, 2012 5:23 pm
kayaknya kalo tekanan berlebihan ngga sampe mecahin radiator..
kan ada tutup radiator yg release pressure.. 0,9 sd 1,1 kpa.
kcuali tutup radiatornya udah tulalit..
-
pauluspaska
- GC Maniac
![GC Maniac GC Maniac](./images/ranks/screwdriver_rank_4.gif)
- Posts: 1530
- Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm
Post
by pauluspaska » Mon Mar 26, 2012 7:43 pm
Kan sudah saya tulis om Al, ada penyaluran ke reservoir.
Logikanya, kepala radiator tembaga lebih kuat dari yang fiber. Sehingga lebih sulit pecah. Paling2 yang pecah las-las-annya atau bocor di saluran air.
Grandcivic Kaca Gelap
-
silayung
- GC Noob
![GC Noob GC Noob](./images/ranks/screwdriver_rank_1.gif)
- Posts: 8
- Joined: Sat Mar 24, 2012 1:53 pm
Post
by silayung » Sun Apr 01, 2012 1:38 am
suhu2 semua masalah radiator dah beres nih, sama tukang radiator dicari copotan dari grand civic matic lain
masalah radiator beres eh malah maticnya sekarang kalau perpindahan gigi bunyi jeduk, kenapa ya? apa gearboxnya rusak ya?
kalo ganti matic segelondongan mahal ga ya? carinya dimana? trims suhu2 semua
-
adeindra
- GC Whore
![GC Whore GC Whore](./images/ranks/screwdriver_rank_5.gif)
- Posts: 14020
- Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm
Post
by adeindra » Sun Apr 01, 2012 7:56 am
Pembahasan berbeda nih
Udah dibuat thread baru kan? Bahas disitu aje yaaa