[HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
[HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
Halo gan, seperti yang sudah ane cerita, intinya grand civic 1990 koma 5 tahun baru siuman 2-3 bulan..
Ceritanya begini: sebelumnya saat koma otomatis freon AC menguap ampe kering, lalu setelah diisi, AC nyala lagi, dingin gan! Masalahnya kalo AC lagi aktif (mohon bedakan "nyala" dan "aktif". "nyala": saat tuas penghidup AC berada pada 1,2,3. "aktif": saat AC sedang "nyala" dan terdengar seolah ada suara yang disemprotkan dr dalam AC", biasanya berlangsung selama 10 detik selama 40 detik sekali) tarikannya mati alias hampir ga ada tarikan, jadi kalo mau mendahului mobil harus dimatiin dulu ACnya.
LALU: ane panggil si "dokter" (baca: montir) dan ane ceritain keluhan ane, lalu yang montir ane lakukan ialah memutar sesuatu di sebelah kiri mesin (yg ada silindernya itu lho), alhasil gas-nya jadi tinggi, ac "aktif" pun bisa narik meski ga sekenceng ac tidak "aktif"..
MASALAHNYA: kalo lagi dipanasin (No AC), RPM berada pada 1000, sudah hangat/panas masih 1200an (NO AC), saat diinjak gas-nya ke 2500, penunjuk gas turun ke 2000 dan tidak turun lagi. Kejadiannya juga sama pada saat AC nyala dan tidak "aktif", kalau aktif dia turun ke 1200. Nah kan kalo matiin mobil tuh harus matiin AC kan, jadi pas abis dibawa jalan, ane mau matiin mobilnya, saat ACnya dimatiin RPM naik ke 2000, saat ane putar dan cabut kunci kontaknya, mobil ane "kejang-kejang", ga mati, saat ane masukin konci kontaknya dan ane putar ke 2 (slot kunci kontak ada 0 (cabut), 1 (listrik),2 (ON), 3(Start)), mobil ane langsung hidup dan RPM langsung loncat ke 3000 dan turun perlahan ke 2000an tanpa perlu di starter lagi.
PENANGGULANGAN SEMENTARA: Kalo dalam keadaan demikian, saat kunci kontak saya putar ke 0, disaat bersamaan saya tarik "CUK" (yg buat naikin RPM kalo mesin dingin), entah kenapa pada keadaan demikian CUK membuat RPM down alhasil mobil berhasil mati. Tapi tetap saja hal itu abnormal
DIAGNOSIS: Katanya "banjir" gitu,jadi gas-nya maunya tinggi mulu..
AKAN DILAKUKAN: Penggantian selang gas
[UPDATE!!] sekarang kalo idle RPMnya 3100 dan kalo AC aktif jadi 2100 --18 Juli 2012--
---------------------------------------------------------------------------------------------
Nah om tante senior junior GC ada yang pernah mengalami hal demikian? Boleh di-share bagaimana penanggulangannya? Atau ada yang berpendapat untuk solusinya? Apakah diagnosis dan tindakan yang akan dilakukan sudah tepat? itu saja. Feel Free to Comment
-Danke Schon-
Ceritanya begini: sebelumnya saat koma otomatis freon AC menguap ampe kering, lalu setelah diisi, AC nyala lagi, dingin gan! Masalahnya kalo AC lagi aktif (mohon bedakan "nyala" dan "aktif". "nyala": saat tuas penghidup AC berada pada 1,2,3. "aktif": saat AC sedang "nyala" dan terdengar seolah ada suara yang disemprotkan dr dalam AC", biasanya berlangsung selama 10 detik selama 40 detik sekali) tarikannya mati alias hampir ga ada tarikan, jadi kalo mau mendahului mobil harus dimatiin dulu ACnya.
LALU: ane panggil si "dokter" (baca: montir) dan ane ceritain keluhan ane, lalu yang montir ane lakukan ialah memutar sesuatu di sebelah kiri mesin (yg ada silindernya itu lho), alhasil gas-nya jadi tinggi, ac "aktif" pun bisa narik meski ga sekenceng ac tidak "aktif"..
MASALAHNYA: kalo lagi dipanasin (No AC), RPM berada pada 1000, sudah hangat/panas masih 1200an (NO AC), saat diinjak gas-nya ke 2500, penunjuk gas turun ke 2000 dan tidak turun lagi. Kejadiannya juga sama pada saat AC nyala dan tidak "aktif", kalau aktif dia turun ke 1200. Nah kan kalo matiin mobil tuh harus matiin AC kan, jadi pas abis dibawa jalan, ane mau matiin mobilnya, saat ACnya dimatiin RPM naik ke 2000, saat ane putar dan cabut kunci kontaknya, mobil ane "kejang-kejang", ga mati, saat ane masukin konci kontaknya dan ane putar ke 2 (slot kunci kontak ada 0 (cabut), 1 (listrik),2 (ON), 3(Start)), mobil ane langsung hidup dan RPM langsung loncat ke 3000 dan turun perlahan ke 2000an tanpa perlu di starter lagi.
PENANGGULANGAN SEMENTARA: Kalo dalam keadaan demikian, saat kunci kontak saya putar ke 0, disaat bersamaan saya tarik "CUK" (yg buat naikin RPM kalo mesin dingin), entah kenapa pada keadaan demikian CUK membuat RPM down alhasil mobil berhasil mati. Tapi tetap saja hal itu abnormal
DIAGNOSIS: Katanya "banjir" gitu,jadi gas-nya maunya tinggi mulu..
AKAN DILAKUKAN: Penggantian selang gas
[UPDATE!!] sekarang kalo idle RPMnya 3100 dan kalo AC aktif jadi 2100 --18 Juli 2012--
---------------------------------------------------------------------------------------------
Nah om tante senior junior GC ada yang pernah mengalami hal demikian? Boleh di-share bagaimana penanggulangannya? Atau ada yang berpendapat untuk solusinya? Apakah diagnosis dan tindakan yang akan dilakukan sudah tepat? itu saja. Feel Free to Comment
-Danke Schon-
Last edited by veylr on Wed Jul 18, 2012 10:06 pm, edited 3 times in total.
- yudy
- GC Whore
- Posts: 2935
- Joined: Wed Dec 16, 2009 11:18 am
- Location: Pancoran-Pinang Ranti-Cibubur-Sentul City
- Contact:
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
pertaammaaxx
ayo om2 tolong dibantu
ayo om2 tolong dibantu
Flight Ticket & Residence Voucher
Domestic & International
" WICAKSONO TRAVEL "
Telp : 021 - 6060 1280
PIN : 229E7E15 / 2658EAEA
E-mail : wicaksonotravel@rocketmail.com
Domestic & International
" WICAKSONO TRAVEL "
Telp : 021 - 6060 1280
PIN : 229E7E15 / 2658EAEA
E-mail : wicaksonotravel@rocketmail.com
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
Di sebelah kiri mesin yg ada silindenya... apa ya....?
Tapi baca kajadiannya (bisa mati kalo coke ditarik), keknya air mix nya ga pas om.... setelan anginnya kebanyakan....
Kejadian yg sama kalo vacum bocor dikit, RPM naik dan mesin susah dimatiin... coba tune up setel ulang karbu om, kalo perlu bersihkan sekalian...
Tapi baca kajadiannya (bisa mati kalo coke ditarik), keknya air mix nya ga pas om.... setelan anginnya kebanyakan....
Kejadian yg sama kalo vacum bocor dikit, RPM naik dan mesin susah dimatiin... coba tune up setel ulang karbu om, kalo perlu bersihkan sekalian...
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
hmmm.... inget cerita2 nih gc sebelumnya kan lama engga nyala kan....
kayaknya perlu servis total karbunya deh... buat dibersihin bener semua isi dalemnya karbu
sehingga pas disetel ulang udah enak dapet settingannya...
kapan terakhir di tune up sekalian liat semua jalur pengapian... mungkin sekalian itu juga dilakukan jika sudah lama engga... sekalian setel delko juga mungkin tidak paaaas
kayaknya perlu servis total karbunya deh... buat dibersihin bener semua isi dalemnya karbu
sehingga pas disetel ulang udah enak dapet settingannya...
kapan terakhir di tune up sekalian liat semua jalur pengapian... mungkin sekalian itu juga dilakukan jika sudah lama engga... sekalian setel delko juga mungkin tidak paaaas
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
sama nih kejadian pas dulu...
saya service carby langsung ok om..ada yg kotor.kalau bahasa jawanya mobil kejang2 itu overslah ( menurut om adi_vostro )
itu terjadi saat mesin dalam keadaan benar2 panas..
di service aja om.carby saya aja sampe direbus sama mekanik baru mau normal..hahahaa
oia,selenoid karbu bermasalah juga bisa menimbulkan kejadian demikian om
saya service carby langsung ok om..ada yg kotor.kalau bahasa jawanya mobil kejang2 itu overslah ( menurut om adi_vostro )
itu terjadi saat mesin dalam keadaan benar2 panas..
di service aja om.carby saya aja sampe direbus sama mekanik baru mau normal..hahahaa
oia,selenoid karbu bermasalah juga bisa menimbulkan kejadian demikian om
Cekuek..brem..bremm....klek..wussssss...
egagrandcivic@gmail.com
PIN : 231839BF
egagrandcivic@gmail.com
PIN : 231839BF
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
Bener om , itu airmixnya gak pas , kebanyakan setelan angin nya , memang pada saat mesin dihidupkan waktu pagi akan terasa enak , istilah nya cetek....bruummpppp.... tapi apada saat di matikan , akan terasa kejang2 , alias susah dimatikan....
Max LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX
============
KT 1211 BH
JAGUAR LX
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
@All: jadi intinya yang saya dapat dr teman2x share bahwa karburator perlu diservis dan dibersihin.. air-mix nya disetel ulang juga..
@om Ade: delko itu apa ya?
@pa'de: maksudnya ini nih... (foto bukan milik GC saya, namun yang saya tunjukin itu maksud saya, persis seperti yang ada di GC saya)
@om Ade: delko itu apa ya?
@pa'de: maksudnya ini nih... (foto bukan milik GC saya, namun yang saya tunjukin itu maksud saya, persis seperti yang ada di GC saya)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
delko alias distributor itu om..
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
bener om... itu die maksudnya delko yang disetel2 agar titik pengapiannya pas
Re: [HELP] Kunci sudah dicabut, mesin tidak mau mati!?
Oke om om sekalian.. Thx, sekarang masalahnya dah slse.. Tinggal cat ulang deh gc-nya.. Foto tinggal nyusul
Maklum dah kuliah lg, jadi jarang xzis di forum.. Hehehe... Sayonara...
Maklum dah kuliah lg, jadi jarang xzis di forum.. Hehehe... Sayonara...