kalo knalpot patah

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
fafaarif
GC Noob
GC Noob
Posts: 141
Joined: Thu Feb 09, 2012 10:48 am
Location: bantul yogyakarta

kalo knalpot patah

Post by fafaarif » Tue Aug 21, 2012 11:32 pm

permisi, ceritanya gini Om, kemaren waktu jalan2 silaturami t4 kerabat2, tiba2 knalpot grandy patah pe diatas tabung kalpotnya, alhasil mobil tetep di pake dengan kondisi knalpot tanpa tabung karna ga sempet las dulu.. suaranya serasa kaya mobil balap euy,, sampe dikira nantang ama Toyo Vi*s yg tampak nya uda modip sporty2an gra2 kita selip,bis itu Vi*s lgsung tancap gas kabur jauh2.
Nah intinya mw tanya2 lagi nih.
1. kalo tabung knalpot yg bagian blakang tuh fungsi nya ap yah Om, ngaruh banget ga ama kinerja mesin. soalnya lum sempet benerin padahal masih bakal sibuk tuh mobil ampe minggu besok.
2. kalo ga buru2 di benerin ngerusak mesin ga Om?
3. kenapa yah kok bagian pangkal tabung nya kropos mulu?

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: kalo knalpot patah

Post by adeindra » Wed Aug 29, 2012 11:30 am

1. muffer atau tabung paling belakang itu untuk meredam suara dan tentunya agar ada pressure back ke mesin
2. engga ngerusak tapi pasti yang mengganggu suara yang kenceng banget sama pasti bahan bakar lebih boros
3. keropos kareana air yang mengembun dijalur knalpot

User avatar
b2199nb
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1352
Joined: Mon Dec 28, 2009 7:28 pm

Re: kalo knalpot patah

Post by b2199nb » Wed Aug 29, 2012 11:55 am

saran sih, pasang aja om tabungnya lagi di toko knalpot, paling cuma setengah jam kok
mo selamat pelan - pelan, cari perawan cepet - cepet...GAAAASSS POOOOLLLL!!!!

ef abi
GC Lover
GC Lover
Posts: 402
Joined: Fri Sep 23, 2011 11:44 pm
Contact:

Re: kalo knalpot patah

Post by ef abi » Wed Aug 29, 2012 2:11 pm

Sya pernah baca d artikel googling,exhaust jg bs mnimbulkan suhu panas om klo gas buang nya ga aturan..
Tp klo cm tabung blkang aja sii saya jg kurang paham om..
Bner kata om budi tuuh,mendingan cpet2 ganti tabung nya..
Cemunguudhh eea.. :D

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: kalo knalpot patah

Post by adeindra » Wed Aug 29, 2012 3:29 pm

http://astraworld.blogspot.com/2008/06/ ... bocor.html

Jangan tergesa-gesa menyalahkan performa mesin jika Anda merasa mobil kurang bertenaga. Bukan tak mungkin kesalahan terletak pada komponen lain. Karena knalpot bocor, misalnya. Untuk mengetahui kebocoran knalpot dapat dilakukan dengan cara mendengar. Knalpot yang bocor biasanya menghasilkan suara gas buang lebih berisik dan keras seiring putaran mesin.

Bila benar knalpot mengalami kebocoran, perbaikan dapat dilakukan dengan mengelas bagian-bagian yang bocor. Namun jika sudah terlalu parah dan keropos di mana-mana, mau tidak mau knalpot tersebut harus diganti dengan yang baru.

Knalpot bocor memang dapat mempengaruhi performa mesin. Hubungan sebab akibat itu terjadi karena secara teknis kebocoran pada knalpot dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan mesin.

Normalnya, dari 100% panas yang dihasilkan mesin, 32% hilang akibat pendinginan mesin, 6% hilang akibat gesekan, 3% hilang akibat bermacam pompa di mesin, 34% akan terbuang melalui gas buang. Nah, hanya 25% lah yang dimanfaatkan untuk menjadi tenaga. Jumlah untuk tenaga inilah yang akan semakin kecil jika knalpot bocor. Karena panas mesin yang terbuang ke udara bebas melalui knalpot semakin besar. Itu sebabnya mesin terasa kurang bertenaga.

Selain masalah usia, kebocoran pada knalpot umumnya dipicu oleh korosi (karat). Korosi pada komponen knalpot bisa terjadi karena efek kondensasi (karena perbedaan temperatur antara di dalam dan di luar pipa knalpot) maupun karena kandungan garam yang cukup tinggi di udara sekitar kendaraan.

Dari uraian itu, ada beberapa tindakan yang perlu kita perhatikan agar kasus knalpot bocor tidak terjadi.

Jangan sering-sering idling (stationer) atau berkendara dalam kecepatan rendah pada waktu yang lama. Ini untuk mencegah mengendapnya air dalam pipa knalpot.
Jagalah kebersihan bagian kolong kendaraan terutama pada saat musim hujan. Di antaranya adalah pipa atau saluran knalpot.
Beri perhatian extra pada knalpot bila sering melewati daerah-daerah yang mengandung kadar garam yang tinggi (melewati pantai misalnya). Cara ini untuk mencegah korosi.(Source : AstraWorld)

fafaarif
GC Noob
GC Noob
Posts: 141
Joined: Thu Feb 09, 2012 10:48 am
Location: bantul yogyakarta

Re: kalo knalpot patah

Post by fafaarif » Tue Oct 02, 2012 3:54 pm

hehe makasi om2 saranya. kemaren uda ane las ke tukang knalpot. mw ganti tabung tapi lum ada alokasi dana nih. sempet lama juga mobil di onggokin ga dipake, jadi juga kmaren ga buru2 ane benerin

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: kalo knalpot patah

Post by rezayolando » Tue Oct 16, 2012 10:30 am

adeindra wrote:http://astraworld.blogspot.com/2008/06/ ... bocor.html

Jangan tergesa-gesa menyalahkan performa mesin jika Anda merasa mobil kurang bertenaga. Bukan tak mungkin kesalahan terletak pada komponen lain. Karena knalpot bocor, misalnya. Untuk mengetahui kebocoran knalpot dapat dilakukan dengan cara mendengar. Knalpot yang bocor biasanya menghasilkan suara gas buang lebih berisik dan keras seiring putaran mesin.

Bila benar knalpot mengalami kebocoran, perbaikan dapat dilakukan dengan mengelas bagian-bagian yang bocor. Namun jika sudah terlalu parah dan keropos di mana-mana, mau tidak mau knalpot tersebut harus diganti dengan yang baru.

Knalpot bocor memang dapat mempengaruhi performa mesin. Hubungan sebab akibat itu terjadi karena secara teknis kebocoran pada knalpot dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan mesin.

Normalnya, dari 100% panas yang dihasilkan mesin, 32% hilang akibat pendinginan mesin, 6% hilang akibat gesekan, 3% hilang akibat bermacam pompa di mesin, 34% akan terbuang melalui gas buang. Nah, hanya 25% lah yang dimanfaatkan untuk menjadi tenaga. Jumlah untuk tenaga inilah yang akan semakin kecil jika knalpot bocor. Karena panas mesin yang terbuang ke udara bebas melalui knalpot semakin besar. Itu sebabnya mesin terasa kurang bertenaga.

Selain masalah usia, kebocoran pada knalpot umumnya dipicu oleh korosi (karat). Korosi pada komponen knalpot bisa terjadi karena efek kondensasi (karena perbedaan temperatur antara di dalam dan di luar pipa knalpot) maupun karena kandungan garam yang cukup tinggi di udara sekitar kendaraan.

Dari uraian itu, ada beberapa tindakan yang perlu kita perhatikan agar kasus knalpot bocor tidak terjadi.

Jangan sering-sering idling (stationer) atau berkendara dalam kecepatan rendah pada waktu yang lama. Ini untuk mencegah mengendapnya air dalam pipa knalpot.
Jagalah kebersihan bagian kolong kendaraan terutama pada saat musim hujan. Di antaranya adalah pipa atau saluran knalpot.
Beri perhatian extra pada knalpot bila sering melewati daerah-daerah yang mengandung kadar garam yang tinggi (melewati pantai misalnya). Cara ini untuk mencegah korosi.(Source : AstraWorld)
:ymapplause: mantab opa,.
--- AERO SH 4 ' 89 ---

Post Reply