![Happy :)](./images/smilies/1.gif)
tambah pengalaman lg ane....nice inpo om...PapaEmy wrote:Mr.Kethu wrote:Thanks ats infonya..piston n ring piston udh ganti semua,mlh ring pistonnya dignti lg yg buat balap..kmrn pas mu distel lg malah baut tensioner yg di blok mesin dol..hufftt..mumet..kepaksa hrs bongkar lg..bobok, dibor, dibuat drat baru..tambah lama lg ni GC saya mondok di bengkel..waktu kejadian mogoknya, mesin distater macet ngga om? kl mesin macet ngga bisa distart sama sekali biasanya yg kena metalnya, bisa metal duduk ato metal jalan, aneh kalo mesin bisa distart (oleh dinamo stater mksdnya) tapi ngga ada kompresi sama sekali..Mr.Kethu wrote:klo turun mesinya krn desember kmrn GC saya mogok di blora..dicek kompresi ga ada n dua busi dah klomoh oli..trpksa mobil hrs diderek n divonis turun mesin..dibongkar mesin trnyata blok mesin udh baret..
krn piston ikut diganti kmrn, harusnya jangan lsg jalan inreyen om, krn pistonnya belom kuat utk lsg dibebani utk lsg jalan normal walau pun utk inreyen, pengalaman dulu pernah gnti piston, mesin dihidupin dulu non-stop selama 48 jam, baru stlh itu jalan inreyen 1000km, kemudian gnti oli dan filter lg baru stlh itu bisa dipake normal spt biasa.
Keliatannya om kpaksa turun lg mesinnya, kl dugaan sy pistonnya yg baru ga bisa dipake lg krn kmrn ngebul, begitu jg dgn ring pistonnya, sama gasket cylinder head (ato paking set) jg kpaksa ganti lg, tp kl metal duduk metal jalannya ngga perlu ganti lg. Nanti stlh mesin dibangun ulang jangan lsg jalan inreyen lagi om, dan selama inreyen mesin jgn digeber ato dibebani penuh dulu 1000km pertama utk amannya
kalo mslh dinding cylinder baret, itu yg ngerapiin tukang bubut, nanti pas bongkar lg sertakan piston baru (yg mau dipasang) berikut ring piston barunya ke tukang bubutnya biar dipasin ama dia, 1 pasang aja buat contohnya, ikutin saran tukang bubutnya kl misalnya perlu oversize, overisize brp perlunya sesuai dgn kondisi blok mesinnya, oversize hny di ring piston bukan di pistonnya, krn kl bore (diameter) pistonnya diganti yg lebih besar maka cylinder headnya biasanya ganti juga yg sesuai dgn piston ukuran barunya, jgn lupa kode piston aslinya itu hrs sesuai dgn cylinder head bawaan mobilnya, kalo kode piston barunya berbeda dgn piston aslinya hati2 krn bisa menyebabkan valve/katup jadi mentok krn celah celong2 di permukaan piston ngga sesuai dengan bukaan valvenya, nanti malah jadi berantakan semua![]()
ok deh gitu aja dulu.. semoga bisa membantu yaa..
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)