masang head Vtec

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
adetea1977
GC Noob
GC Noob
Posts: 50
Joined: Sat Jan 15, 2011 12:05 am

Re: masang head Vtec

Post by adetea1977 » Wed Feb 06, 2013 11:10 am

yang masang boim om.... dah dicari kabelnya ngga nemu yang bisa lsg ke selenoidnya...
delkonya belum di modif om...
itu dia om... bengkel yang bisa tuntasin kerjaannya... dan ngerti....
sebagai gambaran saya dah ke barspeed sama supernova....

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: masang head Vtec

Post by adeindra » Wed Feb 06, 2013 12:04 pm

ohhhh... mana die dah dah engga di supernova lagi ya

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: masang head Vtec

Post by krisnadew » Wed Feb 06, 2013 4:36 pm

jadi ribet gini ya ,, mau buat nembus brp detik sih .. =))

User avatar
*jarno*
GC Whore
GC Whore
Posts: 3301
Joined: Thu May 22, 2008 11:11 pm
Location: Bdg
Contact:

Re: masang head Vtec

Post by *jarno* » Wed Feb 06, 2013 5:40 pm

kalo saya ganti mesin karena ada yg jual murah. blok bawah D16 segelundung + head p2j total 2,7jt.
ga perlu pikir panjang lah yaa...

so far vtec ga diaktifin, masi pake single carb karena nemu yg NOS.
jatohnya ga murah juga, dan hasilnya ya gitu2 aja, malah setelah 2thn kompresi bocor, hueheheh... nasib.

feel yg paling kerasa, torsi jauh meningkat, itu aja.
oldskool japanese warrior

User avatar
rezayolando
GC Whore
GC Whore
Posts: 3470
Joined: Sun Nov 27, 2011 11:07 am
Location: Bandung
Contact:

Re: masang head Vtec

Post by rezayolando » Wed Feb 06, 2013 9:16 pm

basementproject wrote:gak ikutan ah sesat gini nih ajaran hahahhahaaaaaa
Wkwkwkwkwkwkwk... sesat tp mas yuq paling sesat mesinnya...
--- AERO SH 4 ' 89 ---

User avatar
hoxs21
GC Lover
GC Lover
Posts: 419
Joined: Thu Jul 17, 2008 2:48 pm
Location: ngayogyakarta hadiningrat
Contact:

Re: masang head Vtec

Post by hoxs21 » Wed Feb 06, 2013 9:25 pm

krisnadew wrote:jadi ribet gini ya ,, mau buat nembus brp detik sih .. =))
jempoolll.... :D
racing itu kejam... :p

nunu
GC Noob
GC Noob
Posts: 5
Joined: Sun Feb 03, 2013 5:13 pm

Re: masang head Vtec

Post by nunu » Wed Feb 06, 2013 9:31 pm

ijin nyimak om dan maz semua...
baca dari awal ... sharing nya mantaff dan berguna banget buad yg maw ada rencana ningkatin performa

salam
nubie - nunu

User avatar
PapaEmy
GC Noob
GC Noob
Posts: 122
Joined: Mon Mar 07, 2011 1:59 am

Re: masang head Vtec

Post by PapaEmy » Wed Feb 06, 2013 10:57 pm

HaJIIB wrote:
PapaEmy wrote:
adi_vostro wrote:
PapaEmy wrote:
adi_vostro wrote:
PapaEmy wrote: kalo buat sy.. yg sy masih ngga ngerti dgn kata org yg bilang "kl pake vtec ngga pake injeksi ecu dllnya maka hasilnya ngga maximal", emang batasan maximalnya itu ampe di mana seh? he3x.. :mrgreen:

Ya gara2 anggapan dari beberapa orang,kalo pake head vtec kenaikannya tenaganya bakalan kaya kalo naik ferio..padahal nggk bakal bisa sama,,karena memakai karburator nggak bakal bisa semaksimal pake injeksi..(Belom lagi masalah beda cc antara GC,nouva,ferio)

jadi mksd mas adi kl udah pake injeksi itu udah pasti maximal gitu ngga bisa lebih lg? coba tolong jelasin deh bates maximalnya itu sampe di mana.. satuannya apa.. dll :mrgreen:
Hahahahahaahahahhaa...gimana si Mas ni...maksimal itu ya sama seperti Head P08 bekerja di mesin aslinya D16 dengan spek standar baeaan pabrik berikut injeksi...kesimpulannya,,VTEC,,MIVEC,,VVTi,,dan lain jenisnya yang di combine dengan karburator tidak akan bisa bekerja se efisien dan sebaik fungsinya bila menggunakan injeksi yang diperuntukkan buat VTEC,MIVEC,VVTi,dll...coba deh avanza VVTi tu dipakein karburator,,apakah bisa bekerja dengan baik mesinnya?
Itu yang saya sebut Maksimal kinerja nya... :D
iyaa kalo pemahamannya spt itu yg mas maksud dgn "maximal", berarti head standard non-vtec, dipasangin cam racing plus head di pnp jg ga akan maximal dong kalo ngga pake system injeksi, begitu mksdnya?? :mrgreen:
nyubi masalah mesin nih,
tp mungkin itu yg di maksud om adi kalo gc mini me swap head p08 & masih pake carbu disebelahin sama yang emang asli pake head p08 di mesin D16 dengan injeksi yang emang standart bawaan pabrik, bisa keliatan maksimal mana saat vtec on. :)
CMIIW :D
mksdnya dia di atas udah jelas mas.. mnrt dia karbu itu ngga maximal, yg maximal hrs pake injeksi, makanya sy tny maximalnya sampe mana?? apa batasannya maximal itu spt apa.., krn yg sy pahami dari mini-me swap ini minimal ada perubahan cukup drastis, kl batasan maximalnya sy pun ngga tau sampe keq gimana, makanya saya tny emang kalo pake injeksi bisa maximal sampe keq gimana seh?

lalu dia jwb dgn contoh avanza kl pake karbu jadi ngga bener kerjanya.., berarti kl gitu ganti cam racing jg akan jadi percuma kl ngga pake injeksi.. krn ngga akan maximal.. yg maximal cuma injeksi.. bener kan gitu mksdnya? :mrgreen:

adetea1977 wrote:om2 ikut nimbrung dong.... ada beberapa pertanyaan nih om gambaran mesin saya mesin d16 (punya genio), head vtech p2j, header 4-1,
1. shift light nya merk pivot digital tapi ngga bisa aktifin selenoidnya jadi saya pake switch rem motor wat nyalain selenoidnya, kenapa?
2. mesin ngelitik terus kalo lagi jalan, kalo posisi diem angga ada kerasa nglitik, posisi timing belt dah ok, kenapa?
3. indikator vtech bekerja itu apa (dari sisi mesin)?
4. referensi bengkel daerah bekasi yang mengerti betul tentang ini dimana yah khususnya daerah bekasi? saya pernah coba dibeberapa bengkel... tapi masih ada yang ngeganjel..... apalagi menyimak topik ini jadi semakin bener ada yang kurang....
5. indikator ganti vtech berhasil itu apa aja sih om (dari sisi performa)?
terima kasih om2 atas perhatiannya.... mohon pencerahannya....
coba bantu jawab:

1. keqnya switch pivotnya rusak ato ada yg keputus mas
2. genio injeksi kan? coba tanya ama yg bilang pake injeksi maximal aja mas koq bisa ngelitik.. aku ngga ngerti :mrgreen:
3. suara derung mesin berubah lebih kasar
4. ngga tau jg mas kl itu.. sy ngerjainnya bedua ama temen soalnya..
5. iyaa vtecnya kicked-in mas indikatornya :mrgreen:

buat referensi aja utk vtec bisa kerja:

1. solenoid harus berfungsi, bisa ditest sambung ke accu utk ngetestnya
2. semua mesin seri D non-vtec yg diconvert ke vtec harus dicopot oil jet nozzlenya, (penting: kl psg head std non-vtec lg, oil jet nozzle hrs dipasang lg, kl ngga bisa2 jebol kruk-asnya nanti)
3. oli mesin harus bagus ngga boleh kurang
4. tekanan oli minimal hrs 52 psi
5. mesin harus mencapai temperatur ideal
6. tekanan oli lemah maka vtec ngga akan kicked-in walo pun soleoid udah on

User avatar
sayurasem
GC Noob
GC Noob
Posts: 106
Joined: Fri Sep 12, 2008 3:05 pm
Location: Banten

Re: masang head Vtec

Post by sayurasem » Thu Feb 07, 2013 12:21 am

Nubie izin nyimak yah om2 smua

Hehehehehe

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: masang head Vtec

Post by adi_vostro » Thu Feb 07, 2013 12:45 am

PapaEmy wrote:
HaJIIB wrote:
PapaEmy wrote:
adi_vostro wrote:
PapaEmy wrote:
adi_vostro wrote:
PapaEmy wrote: kalo buat sy.. yg sy masih ngga ngerti dgn kata org yg bilang "kl pake vtec ngga pake injeksi ecu dllnya maka hasilnya ngga maximal", emang batasan maximalnya itu ampe di mana seh? he3x.. :mrgreen:

Ya gara2 anggapan dari beberapa orang,kalo pake head vtec kenaikannya tenaganya bakalan kaya kalo naik ferio..padahal nggk bakal bisa sama,,karena memakai karburator nggak bakal bisa semaksimal pake injeksi..(Belom lagi masalah beda cc antara GC,nouva,ferio)

jadi mksd mas adi kl udah pake injeksi itu udah pasti maximal gitu ngga bisa lebih lg? coba tolong jelasin deh bates maximalnya itu sampe di mana.. satuannya apa.. dll :mrgreen:
Hahahahahaahahahhaa...gimana si Mas ni...maksimal itu ya sama seperti Head P08 bekerja di mesin aslinya D16 dengan spek standar baeaan pabrik berikut injeksi...kesimpulannya,,VTEC,,MIVEC,,VVTi,,dan lain jenisnya yang di combine dengan karburator tidak akan bisa bekerja se efisien dan sebaik fungsinya bila menggunakan injeksi yang diperuntukkan buat VTEC,MIVEC,VVTi,dll...coba deh avanza VVTi tu dipakein karburator,,apakah bisa bekerja dengan baik mesinnya?
Itu yang saya sebut Maksimal kinerja nya... :D
iyaa kalo pemahamannya spt itu yg mas maksud dgn "maximal", berarti head standard non-vtec, dipasangin cam racing plus head di pnp jg ga akan maximal dong kalo ngga pake system injeksi, begitu mksdnya?? :mrgreen:
nyubi masalah mesin nih,
tp mungkin itu yg di maksud om adi kalo gc mini me swap head p08 & masih pake carbu disebelahin sama yang emang asli pake head p08 di mesin D16 dengan injeksi yang emang standart bawaan pabrik, bisa keliatan maksimal mana saat vtec on. :)
CMIIW :D
mksdnya dia di atas udah jelas mas.. mnrt dia karbu itu ngga maximal, yg maximal hrs pake injeksi, makanya sy tny maximalnya sampe mana?? apa batasannya maximal itu spt apa.., krn yg sy pahami dari mini-me swap ini minimal ada perubahan cukup drastis, kl batasan maximalnya sy pun ngga tau sampe keq gimana, makanya saya tny emang kalo pake injeksi bisa maximal sampe keq gimana seh?

lalu dia jwb dgn contoh avanza kl pake karbu jadi ngga bener kerjanya.., berarti kl gitu ganti cam racing jg akan jadi percuma kl ngga pake injeksi.. krn ngga akan maximal.. yg maximal cuma injeksi.. bener kan gitu mksdnya? :mrgreen:

adetea1977 wrote:om2 ikut nimbrung dong.... ada beberapa pertanyaan nih om gambaran mesin saya mesin d16 (punya genio), head vtech p2j, header 4-1,
1. shift light nya merk pivot digital tapi ngga bisa aktifin selenoidnya jadi saya pake switch rem motor wat nyalain selenoidnya, kenapa?
2. mesin ngelitik terus kalo lagi jalan, kalo posisi diem angga ada kerasa nglitik, posisi timing belt dah ok, kenapa?
3. indikator vtech bekerja itu apa (dari sisi mesin)?
4. referensi bengkel daerah bekasi yang mengerti betul tentang ini dimana yah khususnya daerah bekasi? saya pernah coba dibeberapa bengkel... tapi masih ada yang ngeganjel..... apalagi menyimak topik ini jadi semakin bener ada yang kurang....
5. indikator ganti vtech berhasil itu apa aja sih om (dari sisi performa)?
terima kasih om2 atas perhatiannya.... mohon pencerahannya....
coba bantu jawab:

1. keqnya switch pivotnya rusak ato ada yg keputus mas
2. genio injeksi kan? coba tanya ama yg bilang pake injeksi maximal aja mas koq bisa ngelitik.. aku ngga ngerti :mrgreen:
3. suara derung mesin berubah lebih kasar
4. ngga tau jg mas kl itu.. sy ngerjainnya bedua ama temen soalnya..
5. iyaa vtecnya kicked-in mas indikatornya :mrgreen:

buat referensi aja utk vtec bisa kerja:

1. solenoid harus berfungsi, bisa ditest sambung ke accu utk ngetestnya
2. semua mesin seri D non-vtec yg diconvert ke vtec harus dicopot oil jet nozzlenya, (penting: kl psg head std non-vtec lg, oil jet nozzle hrs dipasang lg, kl ngga bisa2 jebol kruk-asnya nanti)
3. oli mesin harus bagus ngga boleh kurang
4. tekanan oli minimal hrs 52 psi
5. mesin harus mencapai temperatur ideal
6. tekanan oli lemah maka vtec ngga akan kicked-in walo pun soleoid udah on
Hihihihhihihihihi...masih belum mengerti juga statement saya ternyata ya Om...
Ya udah,,saya jelasin yang lebih jelas deh biar tambah bingung lagi... :D
Kita buat analoginya untuk kata maksimal kalo memang Om susah ngertinya...
VTEC tidak akan bisa bekerja dengan baik bila dipadukan dengan karburator...kalo tidak bisa bekerja dengan baik,,segala sesuatu hasilnya tidak akan maksimal kan?itu analoginya...kenapa di injeksi with ECU yang support VTEC bisa bekerja dengan baik?karena didukung dengan piranti2 penunjang kinerja VTEC,seperti sensor2 yang saya sebutkan di comment saya sebelumnya...di karburator tidak ada sensor2 begitu..

Kenapa ngelithik,,saya yakin Om PapaEmy tidak mengamati kontur squis head P08 yang lebih flat daripada kontur squis head standar PM3...saya tanya deh Om,,kalo kontur squis nya lebih flat,,dampak ke mesin gimana Om?apakah Om PapaEmy jg tau kalo seher D16 itu type nya gimana surface nya?cekung,flat,atau dome?dan juga apakah TMA silinder head P08 dengan PM3 itu sama?
Kalo nggk tau ya nggk bakal bisa mengerti statement saya di comment sebelumnya.. :p

Saya coba jawab ya Om berkaitan dengan ngelithik...sekali lagi,ini menurut pendapat saya...
Sebab ngelithik :
1. TMA P08 beda dengan standar PM3..makanya setting'an delco susah di dapat..akhirnya harus di coak dudukan bautnya..syukur2 pake adjustable cam gear,jadi bisa di dial buat nyamain TOP seher dengan TOP camshaft
2.Squis P08 lebih flat daripada standar PM3..artinya,pasang P08 kompresi bakal lebih tinggi daripada waktu pasang head standar..kompresi naik = butuh bahan bakar yg lebih tinggi oktannya...dipaksa pake premium = ngelithik...
3. Seher D16 itu cekung surface nya..sedangkan seher standar GC itu flat,dan nouva itu dome (jenong)...akibatnya kompresi lebih tinggi jadinya waktu pake head P08
4.Tidak adanya knocking sensor di blok GC / nouva...beda dengan blok Vtec,ada knocking sensornya..knocking sensor bertugas menyampaikan kondisi mesin yang knocking ke ECU,buat merubah kurva pengapian dan lain2...ini salah satu sebab VTEC dengan injeksi lebih baik kinerja nya dibanding VTEC dengan karburator..kalo kinerjanya kurang baik,,hasilnya kadi nggk maksimal kan? :p
Belum lagi berkaitan dengan AFR,,delco yang beda (vaccum dengan elektric sensor buat advancer nya),dll

Seperti itu sepanjang yang saya tau...semoga bermanfaat...itu semua merupakan pendapat saya pribadi lho ya...Cee eM I Weee...CMIW :p
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

Post Reply