Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
-
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Mon Mar 10, 2014 7:36 pm
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Om numpang tanya dunkk
Ini msh seputaran radiator
Td gc di bawa dr ambarawa ke kendal normal2 aja.nah setelah pulang dr kendal plng ke ambarawa kena macet om.
Trus temperatur suhu naik om berhenti dlu di liat air radiator habis om
Kmungkinan bisa ky bgtu knpa ya om?
Mohon bantuanya om
Ini msh seputaran radiator
Td gc di bawa dr ambarawa ke kendal normal2 aja.nah setelah pulang dr kendal plng ke ambarawa kena macet om.
Trus temperatur suhu naik om berhenti dlu di liat air radiator habis om
Kmungkinan bisa ky bgtu knpa ya om?
Mohon bantuanya om
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Coba saya jawab om indra....
Dg asumsi air radiator sudah dicek sebelum berangkat dan tidak pernah over heat jika tidak kena macet.
Jika kondisi diatas jawabannya ya...
Secara global penyebabnya adalah sistim pendingin tidak bekerja maksimal. Selanjutnya tinggal mencari penyebab utamanya.
Saat terjebak macet...sistim pendingin hanya mengandalkan kipas radiator saja. Jangankan mesin...penumpangnya aja gerah jika tanpa ac kena macet.![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
Jadi kemampuan kipas mendinginkan mesin bisa dicurigai.
Kalo kipas sehat cek radiator apakah ada kebocoran / cek juga selang2 nya.. Jika biasanya air ga pernah nambah, lihat dari lubang pengisian apakah ada kerak dalam radiator.
Kalo radiator yakin sehat, cek aliran air dalam radiator. Jika aliran lemah mungkin water pump bermasalah, ato jalur sirkulsinya ada yg buntu.
Terakhir cek tabung reservoir, normalnya air dalam tabung levelnya relatif tetap ato berkurang dalam waktu yg cukup lama.
Jika air justru bertambah, coba ganti tutup radiatornya.
Itu dari saya om... Selebihnya nunggu om2 yg lebih berpengalaman...
Dg asumsi air radiator sudah dicek sebelum berangkat dan tidak pernah over heat jika tidak kena macet.
Jika kondisi diatas jawabannya ya...
Secara global penyebabnya adalah sistim pendingin tidak bekerja maksimal. Selanjutnya tinggal mencari penyebab utamanya.
Saat terjebak macet...sistim pendingin hanya mengandalkan kipas radiator saja. Jangankan mesin...penumpangnya aja gerah jika tanpa ac kena macet.
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)
Jadi kemampuan kipas mendinginkan mesin bisa dicurigai.
Kalo kipas sehat cek radiator apakah ada kebocoran / cek juga selang2 nya.. Jika biasanya air ga pernah nambah, lihat dari lubang pengisian apakah ada kerak dalam radiator.
Kalo radiator yakin sehat, cek aliran air dalam radiator. Jika aliran lemah mungkin water pump bermasalah, ato jalur sirkulsinya ada yg buntu.
Terakhir cek tabung reservoir, normalnya air dalam tabung levelnya relatif tetap ato berkurang dalam waktu yg cukup lama.
Jika air justru bertambah, coba ganti tutup radiatornya.
Itu dari saya om... Selebihnya nunggu om2 yg lebih berpengalaman...
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Kalo tutup tabung reservoir apakah harus kenceng/rapat? Punya saya sudah dol tutupnya jadi suka lepas sendiri
GRAND CIVIC
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia
Legenda Jalan Raya Negara Indonesia
-
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Mon Mar 10, 2014 7:36 pm
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Kmrn waktu mau berngkt sih udh di cek air dh cukup om.ini pertama kali gc pergi luar kota dr pertama saya beliPa'de Gung wrote:Coba saya jawab om indra....
Dg asumsi air radiator sudah dicek sebelum berangkat dan tidak pernah over heat jika tidak kena macet.
Jika kondisi diatas jawabannya ya...
Secara global penyebabnya adalah sistim pendingin tidak bekerja maksimal. Selanjutnya tinggal mencari penyebab utamanya.
Saat terjebak macet...sistim pendingin hanya mengandalkan kipas radiator saja. Jangankan mesin...penumpangnya aja gerah jika tanpa ac kena macet.
Jadi kemampuan kipas mendinginkan mesin bisa dicurigai.
Kalo kipas sehat cek radiator apakah ada kebocoran / cek juga selang2 nya.. Jika biasanya air ga pernah nambah, lihat dari lubang pengisian apakah ada kerak dalam radiator.
Kalo radiator yakin sehat, cek aliran air dalam radiator. Jika aliran lemah mungkin water pump bermasalah, ato jalur sirkulsinya ada yg buntu.
Terakhir cek tabung reservoir, normalnya air dalam tabung levelnya relatif tetap ato berkurang dalam waktu yg cukup lama.
Jika air justru bertambah, coba ganti tutup radiatornya.
Itu dari saya om... Selebihnya nunggu om2 yg lebih berpengalaman...
Biasanya di gunakan harian sih normal aja dan setiap di cek air radiatornya selalu normal om
Kmrn sih sempet di cek in ma tmn saya ke bngkel om.montir nya bilang kipas radiatornya katanya sih kurang besar klu yg ini buat avan¤a
Tp di cek ma tetangga saya om dia montir bngkel jg katanya itu emng ukuran asli buat gc
Nah apa penyebabnya itu
Jd bgg nie om klu ada 2 presepsi ky gni hehe (mohon pencerahanya om agar gag bgg)
Nanti saya cek dulu aja seperti anjuranya pa'de gung
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Ga masalah om alk... Yg penting ujung selang kerendem di dasar tabung supaya air di reservoir bisa digunakan seluruhnya..dan selang tidak bocor.alk wrote:Kalo tutup tabung reservoir apakah harus kenceng/rapat? Punya saya sudah dol tutupnya jadi suka lepas sendiri
Kek orang minum pake sedotan lah...gelasnya ga ditutup ga papa, tp kalo sedotannya bocor jadi nyedot angin.
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Fan motor punya av**za sama besararnya dg punya gc kok om.. Dan bukan cuma motornya aja yg bisa jadi penyebab..daun kipasnya juga harus dilihat. Sekencang apapun motornya..kalo baling-baling kipasnya udah berubah bentuk..ya percuma.indra.gc-ambarawa wrote: Kmrn waktu mau berngkt sih udh di cek air dh cukup om.ini pertama kali gc pergi luar kota dr pertama saya beli
Biasanya di gunakan harian sih normal aja dan setiap di cek air radiatornya selalu normal om
Kmrn sih sempet di cek in ma tmn saya ke bngkel om.montir nya bilang kipas radiatornya katanya sih kurang besar klu yg ini buat avan¤a
Tp di cek ma tetangga saya om dia montir bngkel jg katanya itu emng ukuran asli buat gc
Nah apa penyebabnya itu
Jd bgg nie om klu ada 2 presepsi ky gni hehe (mohon pencerahanya om agar gag bgg)
Nanti saya cek dulu aja seperti anjuranya pa'de gung
Jadi yg lebih penting seberapa kenceng hembusan aginnya.
-
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Mon Mar 10, 2014 7:36 pm
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Trima kash atas pencerahanya omPa'de Gung wrote:Fan motor punya av**za sama besararnya dg punya gc kok om.. Dan bukan cuma motornya aja yg bisa jadi penyebab..daun kipasnya juga harus dilihat. Sekencang apapun motornya..kalo baling-baling kipasnya udah berubah bentuk..ya percuma.indra.gc-ambarawa wrote: Kmrn waktu mau berngkt sih udh di cek air dh cukup om.ini pertama kali gc pergi luar kota dr pertama saya beli
Biasanya di gunakan harian sih normal aja dan setiap di cek air radiatornya selalu normal om
Kmrn sih sempet di cek in ma tmn saya ke bngkel om.montir nya bilang kipas radiatornya katanya sih kurang besar klu yg ini buat avan¤a
Tp di cek ma tetangga saya om dia montir bngkel jg katanya itu emng ukuran asli buat gc
Nah apa penyebabnya itu
Jd bgg nie om klu ada 2 presepsi ky gni hehe (mohon pencerahanya om agar gag bgg)
Nanti saya cek dulu aja seperti anjuranya pa'de gung
Jadi yg lebih penting seberapa kenceng hembusan aginnya.
Ini mash saya cek satu persatu jalur radiator nya mga aja nanti ktm kendalanya dan bisa di benahi lg biar gc jd normal lagi
Sekali lg trima ksh dah ksh pelajaran pa'de gung
-
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Mon Mar 10, 2014 7:36 pm
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Om tnya lg dunk minta bantuanya
Ini kmrn sistem pindingnya udah saya ganti om waterpump nya krna dah rembes
Nah kmrn servis radiator di korok tu radiator.dulu air radiator pakai air mineral biasa trus saya ganti pakai coolant biar bagus
Tp kok air di resevoir nya nambah ya om dah gtu nyampai mendidih?
Apa klu ky gni ada yang nyumbat lagi ya om.atau tutupnya radiator minta ganti
Minta saranya dunk om
Ini kmrn sistem pindingnya udah saya ganti om waterpump nya krna dah rembes
Nah kmrn servis radiator di korok tu radiator.dulu air radiator pakai air mineral biasa trus saya ganti pakai coolant biar bagus
Tp kok air di resevoir nya nambah ya om dah gtu nyampai mendidih?
Apa klu ky gni ada yang nyumbat lagi ya om.atau tutupnya radiator minta ganti
Minta saranya dunk om
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Sepertinya masalah belum tuntas om... Walaupun sudah ada perkembangan, masalah nya tetep proses pendinginan ga maksimal ato gagal mendinginkan mesin.
Tutup radiator saya kira ga masalah om..karena air di reservoir mau berkurang.
Air radiator mendidih karena gagal didinginkan.. Kalo diteruskan akan terjadi over heat.
Dugaan saya ada di fan cooling yg ga mumpuni..
Ato termostat ga terbuka penuh...mungkin juga tersumbat.
Air mineral memang sedikit kerak...tapi endapan mineralnya berbentuk lumpur... Tidak bagus untuk pendingin mesin.
Tutup radiator saya kira ga masalah om..karena air di reservoir mau berkurang.
Air radiator mendidih karena gagal didinginkan.. Kalo diteruskan akan terjadi over heat.
Dugaan saya ada di fan cooling yg ga mumpuni..
Ato termostat ga terbuka penuh...mungkin juga tersumbat.
Air mineral memang sedikit kerak...tapi endapan mineralnya berbentuk lumpur... Tidak bagus untuk pendingin mesin.
-
- GC Noob
- Posts: 96
- Joined: Mon Mar 10, 2014 7:36 pm
Re: Air radiator ngisi trus tiap pagi mo kerja...
Kalau termostat ktnya gag ada itu om udah di lepas ma pemilik lama.katanya yg servis radiator kemarin.Pa'de Gung wrote:Sepertinya masalah belum tuntas om... Walaupun sudah ada perkembangan, masalah nya tetep proses pendinginan ga maksimal ato gagal mendinginkan mesin.
Tutup radiator saya kira ga masalah om..karena air di reservoir mau berkurang.
Air radiator mendidih karena gagal didinginkan.. Kalo diteruskan akan terjadi over heat.
Dugaan saya ada di fan cooling yg ga mumpuni..
Ato termostat ga terbuka penuh...mungkin juga tersumbat.
Air mineral memang sedikit kerak...tapi endapan mineralnya berbentuk lumpur... Tidak bagus untuk pendingin mesin.
Apa kemaren waktu pembersihanya waktu di ganti coolant kurang bersih ya om jd mkn kotoranya yang mengendak terkikis colant trus jd nyumbat lagi
Apa mungkin kipas fan nya yang udh gag bagus ya om,tp tak liat hembusanya kenceng