Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabil

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by pauluspaska » Thu Mar 27, 2014 9:43 am

Overheat adalah hasil dari (setidaknya) sebuah sistem yang abnormal.

Yang paling mudah diperiksa adalah radiator yang mampet.
Pembakaran yang tidak sempurna, packing yang jebol, silinder head melenting, silinder head yang keropos jadi biang overheat juga.

Gunakanlah coolant kalau bagian-bagian yang keropos di mesin sudah dihilangkan. Coolant menjaga komponen pendinginan terlumasi.
Grandcivic Kaca Gelap

lowjohn13
GC Noob
GC Noob
Posts: 6
Joined: Fri Mar 07, 2014 3:50 pm

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by lowjohn13 » Sun Mar 30, 2014 11:09 pm

just asking :
temperature normal mesin kita klo di ukur dengan thermometer infra red berapa ya ?
apakah 90 ~ 100 , ac nyala normal ?
nova ku klo ac nyala temperature naik ke 90 ~ 100 an..
sementara ini ac on off klo lagi jalan..
terus analisa awal untuk mengembalikan ke temperature ideal apa yaaa ?
Thanks

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by Pa'de Gung » Mon Mar 31, 2014 12:57 am

lowjohn13 wrote:just asking :
temperature normal mesin kita klo di ukur dengan thermometer infra red berapa ya ?
apakah 90 ~ 100 , ac nyala normal ?
nova ku klo ac nyala temperature naik ke 90 ~ 100 an..
sementara ini ac on off klo lagi jalan..
terus analisa awal untuk mengembalikan ke temperature ideal apa yaaa ?
Thanks
Waduhh..susah jawabnya om... Blum pernah ukur pake alat lain...:D

Kalo bener 100°C mestinya air udah mendidih keluar ke reservoir... Teorinya sih suhu ideal mesin 80°C ~ 90°C.
Paling gampang lihat berapa lama kipas radiator on. Kalo on sampai off kurang dari ½ menit..keknya masih dalam suhu normal... Lebih dari itu sebaiknya waspada.
Saat AC on kondisi berhenti, harus bisa sampai otomatis off. Jika tidak saat kena macet kompresor akan kepanasan dan suhu mesin meningkat.

Coba dulu maksimalkan kerja fan cooling..mulai dari kelistrikannya... Sumber listrik kipas utama di supply lewat kontak... Sering kali tegangan sudah menurun jauh.

User avatar
irwans85
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 972
Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
Location: klaten,magelang

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by irwans85 » Mon Mar 31, 2014 5:00 am

Saya pake dua indikator om, tp merk defi abal2 he5.. Kalo menurut indikator ini, dia menunjukkan suhu ideal dari angka 80-100 lebih 100 indikator suhu original dah mulai naik.. Menurut saya knapa bisa lebih dari 100 bisa karena memang ga valid ato itu tidak hanya ngukur air tapi ngukur suhu logam buat dia nempel..
GrayaxX n Ga3ul Lovers...Black Black Black Vorever

lowjohn13
GC Noob
GC Noob
Posts: 6
Joined: Fri Mar 07, 2014 3:50 pm

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by lowjohn13 » Mon Mar 31, 2014 7:03 pm

Pa'de Gung dan mas Irwan..
Thanks untuk pencerahan dan sharing ilmu nya..
cman masih penasaran : mesin akan over heat klo temperature mencapai kisaran berapa ?
pingin banget nimba ilmu lebih dalem ,
soal nya nova fan dh di jumper 2 fan selalu on ,
knds kipas utama mungkin sudah nggak maksimal , klo mau ganti ada saran pake yg asli ato pny kari**n ?
kemudian , soal thermoswitch dan thermostat , bisa kasih liat conto foto part nya ?
dan gmn cara kerja kedua part tersebut ?
#masih bermimpi mesin sehat dengan knds semua komponen optimal kerja nya... :smile:

User avatar
irwans85
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 972
Joined: Mon Feb 16, 2009 10:32 am
Location: klaten,magelang

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by irwans85 » Mon Mar 31, 2014 8:23 pm

Mesin sehat optimal itu butuh proses, waktu dan biaya om ha5.. Kipas dijumpet tentu membuat mesin lebih dingin tp efek negatif membuat umur kipas menjadi pendek(komponen cepet aus) n membuat anglatan waktu start butuh arus yg besar, kalo aki g sehat bisa2 g mau distarter. Fungsi thermostat adalah untuk mengalirkan air dalam sistem pendinginan, kyk semacam kran otomatis om. Jadi air seakan terbagi 2, diradiator(dingin) n di mesin(panas)...saat suhu dimesin mencapai panas tertentu, thermostat membuka sehingga airnya berpindah...air dingin menuju mesin n air panas menuju radiator unt didinginkan oleh kipas dan angin dr luar. Fungsi thermoswitch adalah untuk menghidupkan dan mematikan kipas secara otomatis berdasarkan suhu. Jadi saat mesin mencapai suhu tertentu kipas ajan menyalA dan saat mesin sudah dingin kipas otomatis mati, itu yg membuat kipas lebih awet om katena kipas tidak bekerja terus menerus. Filosofi paling sederhana adalah mesin harus bekerja dalam suhu ideal, tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas. CMIIW..
GrayaxX n Ga3ul Lovers...Black Black Black Vorever

Anox
GC Noob
GC Noob
Posts: 108
Joined: Fri May 21, 2010 11:48 am
Location: NGANJUK, JAWA TIMUR

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by Anox » Mon Mar 31, 2014 11:37 pm

irwans85 wrote:Mesin sehat optimal itu butuh proses, waktu dan biaya om ha5.. Kipas dijumpet tentu membuat mesin lebih dingin tp efek negatif membuat umur kipas menjadi pendek(komponen cepet aus) n membuat anglatan waktu start butuh arus yg besar, kalo aki g sehat bisa2 g mau distarter. Fungsi thermostat adalah untuk mengalirkan air dalam sistem pendinginan, kyk semacam kran otomatis om. Jadi air seakan terbagi 2, diradiator(dingin) n di mesin(panas)...saat suhu dimesin mencapai panas tertentu, thermostat membuka sehingga airnya berpindah...air dingin menuju mesin n air panas menuju radiator unt didinginkan oleh kipas dan angin dr luar. Fungsi thermoswitch adalah untuk menghidupkan dan mematikan kipas secara otomatis berdasarkan suhu. Jadi saat mesin mencapai suhu tertentu kipas ajan menyalA dan saat mesin sudah dingin kipas otomatis mati, itu yg membuat kipas lebih awet om katena kipas tidak bekerja terus menerus. Filosofi paling sederhana adalah mesin harus bekerja dalam suhu ideal, tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas. CMIIW..
siipp..:) ijin nyimak om.

User avatar
Ivankarim
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 904
Joined: Mon Sep 12, 2011 3:30 pm
Location: Magelang - Jogjakarta

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by Ivankarim » Tue Apr 01, 2014 7:33 pm

irwans85 wrote:Mesin sehat optimal itu butuh proses, waktu dan biaya om ha5.. Kipas dijumpet tentu membuat mesin lebih dingin tp efek negatif membuat umur kipas menjadi pendek(komponen cepet aus) n membuat anglatan waktu start butuh arus yg besar, kalo aki g sehat bisa2 g mau distarter. Fungsi thermostat adalah untuk mengalirkan air dalam sistem pendinginan, kyk semacam kran otomatis om. Jadi air seakan terbagi 2, diradiator(dingin) n di mesin(panas)...saat suhu dimesin mencapai panas tertentu, thermostat membuka sehingga airnya berpindah...air dingin menuju mesin n air panas menuju radiator unt didinginkan oleh kipas dan angin dr luar. Fungsi thermoswitch adalah untuk menghidupkan dan mematikan kipas secara otomatis berdasarkan suhu. Jadi saat mesin mencapai suhu tertentu kipas ajan menyalA dan saat mesin sudah dingin kipas otomatis mati, itu yg membuat kipas lebih awet om katena kipas tidak bekerja terus menerus. Filosofi paling sederhana adalah mesin harus bekerja dalam suhu ideal, tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas. CMIIW..
wah mantheb penjelasanya om..

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Trik dan tips untuk perjalanan jauh temperatur ttp stabi

Post by Pa'de Gung » Tue Apr 01, 2014 9:56 pm

Setuju om irwan... :)

Post Reply