AC

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: AC

Post by Koboy » Thu Jan 06, 2011 12:26 am

pauluspaska wrote: coba bersihkan karbu dan pengapian(delko).
Coba geser delko kearah karbu untuk dapatkan power.
Jangan lupa sering bersihkan kontak di dalam tutup delko. Bersihkan busi juga. Ini membantu

[Post made via Mobile Device] Image
geser delconya sebanyak apa ya om kira2....kalo sekarang posisi ditengah persis....
bersihkan kontak dalem tutup delco maksudnya yg 4 titik pembagi apinya? yg sering ada kerak itu ya...

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: AC

Post by Koboy » Thu Jan 06, 2011 12:29 am

Kurniawan dicky wrote: Pressure switch kali om, itu kalo tekanan freon kurang ac gak mau nyala

[Post made via Mobile Device] Image
kalo nyalanya sih...nyala om ac-nya....cuma kurang dingin....padahal begitu ac ngangkat, mobil lelet bangetlah.... switch yg dimaksud yg ada kakinya kaya bohlam itu ya....tapi kakinya cuma 2...tul gak om...

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: AC

Post by onta » Thu Jan 06, 2011 10:44 am

coba posisi mobil diem, sambil ac nyala, disiram condensor/pendingin didepan pake air. usahakan kena semuanya.
apa jadi dingin? atau tetep ga dingin?

klo dingin, brarti condensor dah kotor, bisa kisi2nya dah buntu. bisa juga kipas pendingin dah lemah.

klo masih ga dingin, cek tekanan freon. siapa tau freonnya kurang.

cek itu dulu

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: AC

Post by pauluspaska » Thu Jan 06, 2011 2:21 pm

Koboy wrote: geser delconya sebanyak apa ya om kira2....kalo sekarang posisi ditengah persis....
bersihkan kontak dalem tutup delco maksudnya yg 4 titik pembagi apinya? yg sering ada kerak itu ya...

[Post made via Mobile Device] Image
Kalau mau geser-geser delko, harus pastiin karbu sehat, busi bersih.
Supaya mesin bertenaga diputaran bawah buat nanjak di gunung kidul, geser delko kearah karbu. Dicoba saja 3-4mm, kalau belum ada bedanya, geser lebih banyak.
Putaran mesin lebih cepat naik.

Kalau diputar sebaliknya bensin jadi irit, tapi gak bertenaga.

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: AC

Post by Koboy » Sat Jan 08, 2011 6:13 pm

om onta > kalo dinginnya sih dingin om....cuma kurang gigit dinginnya om.... kalo disiram air sih blum pernah coba wkt cuaca panas... soalnya keseringan condensor kena air hanya waktu hujan tok...tapi kan juga didukung karena cuaca memang gak panas.... jadi memang dingin....coba deh kapan2 mo tak coba.....

om PP> kalo digeser kearah karbu brarti gampang nglitik ya om.....

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: AC

Post by pauluspaska » Mon Jan 10, 2011 10:20 am

kalau digeser ke arah radiator itu gampang nglitik, mesin rada berat. Buat lari sprint kudu buka gas lebar.
Kalau digeser ke arah karbu, putaran mesin gampang naik, tapi jadi agak boros. Yaaah mana ada yang mau tenaga berisi tapi irit??

[Post made via Mobile Device] Image

Koboy
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 910
Joined: Tue Aug 31, 2010 10:15 pm
Location: Jl. Puri Anjasmoro -Semarang
Contact:

Re: AC

Post by Koboy » Mon Jan 10, 2011 11:50 pm

pauluspaska wrote:kalau digeser ke arah radiator itu gampang nglitik, mesin rada berat. Buat lari sprint kudu buka gas lebar.
Kalau digeser ke arah karbu, putaran mesin gampang naik, tapi jadi agak boros. Yaaah mana ada yang mau tenaga berisi tapi irit??

[Post made via Mobile Device] Image
OK....OK....langsung plintir tuh delco......

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Sanggi
GC Noob
GC Noob
Posts: 193
Joined: Mon Feb 27, 2012 1:25 pm
Location: bandung

Re: AC

Post by Sanggi » Thu Jul 26, 2012 8:37 am

saya punya masalah dengan diatas..mohon bantuannya para suhu..

kemaren relay ac ane ganti tertulis 12v 30A sekalian dengan fuse nya../.

n ternyata OK.. alhamdulillah

setelah dipake jalan malem kira kira 30 menitan. AC ga dingin ladi .. saat di cek fuce putus.

ada masalah apa lagi ???
1. Setelah penggantian relay dengan kapasitas yang sama tapi baru apa ada pengaruh ?
2. Putaran kipas sebenarnya kemana , kearah mesin ato ke arah radiator ? (setelah perbaikan kipas berputar ke arah radiator)
3. klo putaran kipas ternyata salah apakah ada pengaruh nya ?

terima kasih bantuannya
salam GCers
Merahmaroon 2012
085659385104
2949B844

User avatar
Adie_batoe
GC Noob
GC Noob
Posts: 12
Joined: Fri Jul 10, 2009 9:32 pm

Re: AC

Post by Adie_batoe » Thu Aug 23, 2012 11:43 am

om2 yang ganteng..saat ini kondisi Ac saya sperti diatas..klu boleh tau posisi relay kompresor berada dimana ya om?klu mudah dan tidak ribet saya mau ganti sendiri om..terima kasih om2 yg ganteng dan baik hati..:)

hendra0077
GC Noob
GC Noob
Posts: 14
Joined: Sat May 03, 2014 2:19 pm

Re: AC

Post by hendra0077 » Sat May 10, 2014 2:08 pm

Dear Para sesepuh.
Mohon pencerahannya,
Bisa kah kita bersihkan sendiri Filter AC, dan posisinya dimana ya? Ane pakai LX88

Thanks & Regards
Hendra
WA 081274690077

Post Reply