Aki LX dh lemees...

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
Aulia Rahman
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan

Re: Aki LX dh lemees...

Post by Aulia Rahman » Fri Jun 20, 2014 12:15 pm

klo mau memperbesar arus alternator tu harus kebengkel mana om? maklum newbie pengen belajar...

kemaren saat lintas provinsi, dijalan cuacanya panas banget jadi AC ditinggikan...trus djalan audio jalan trus ampe ktujuan...
stlah ampe tujuan n acara dh selesai, hidupin mobil....eeeehhh ngga ada sama sekali ni aki arusnya...busheet minta dorong ni mobil tercinta, untung skali dorong lgsg maknyuss...
seandainya malam2 n sndirian dijalan bsa berabe ni mobil...antar kota antar provinsi lg...

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: Aki LX dh lemees...

Post by Pa'de Gung » Fri Jun 20, 2014 12:56 pm

Bisa langsung ke tukang dinamo om..
Biasanya ada stok, jadu bisa langsung TT dg punya maestro, biar ga perlu rubah dudukan.

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: Aki LX dh lemees...

Post by adeindra » Fri Jun 20, 2014 7:42 pm

Pa'de Gung wrote:
adeindra wrote:
apa engga percuma naikin kapasitas aki tapi dinamo untuk pengisiannya tetep aje standar jadi tidak bisa ngisi optimal?
CMIIW yaa
Engga percuma kok om....
Ngisi air di ember ato di drum, bisa dari kran yg sama. Hanya awalnya butuh waktu lebih lama...setelah penuh sesuai berkurangnya aja.

Penggantian alternator dg yg lebih besar diperlukan jika beban bertambah banyak/ besar.

Saat mesin hidup semua beban listrik ditanggung oleh alternator/aki istirahat(diisi). Dg begitu aki tetep terisi walaupun semua beban listrik dihidupkan.
Jika semua beban dihidupkan lalu tegangan jadi drop, berarti seluruh listrik mengalir ke beban, tidak tersisa untuk aki...saat itulah perlu ganti alternator lebih besar, bukan akinya yg dibesarkan.
naaah ..
pencerahan yang menyejukkan
thanks om

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Aki LX dh lemees...

Post by Ctrl_Alt_Del » Sat Jun 21, 2014 7:51 am

klo pas mesin idup + full asesoris idup, trus akinya dicabut, mesin mati kagak?
klo mesin jd mati brarti alte yg lemot. klo tetep idup bisa jd aki yg lemot.

biasanya klo mobil ga dipake n aki tetep dipasang bisa brp hari akinya abis?
coba cabut aki pas ga dipake, misal 4 hari diemin+cabut aki.
klo ga kuat start ya akinya tulalit.
klo masih bisa start brarti ada listrik bocor yg nyedot aki.
klo listrik bocor mau pake aki + alte segede gaban juga akan abis terus


.

User avatar
Aulia Rahman
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan

Re: Aki LX dh lemees...

Post by Aulia Rahman » Sat Jun 21, 2014 1:38 pm

Pa'de Gung wrote:Bisa langsung ke tukang dinamo om..
Biasanya ada stok, jadu bisa langsung TT dg punya maestro, biar ga perlu rubah dudukan.
makasih om jurus2 ampuhnya... jempol dah...
nanti ditanya2 lg dh ke tukang dinamo...sambil hitung2 budgetnya...kira2 brp ya...

User avatar
Aulia Rahman
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan

Re: Aki LX dh lemees...

Post by Aulia Rahman » Sat Jun 21, 2014 1:50 pm

Ctrl_Alt_Del wrote:klo pas mesin idup + full asesoris idup, trus akinya dicabut, mesin mati kagak?
klo mesin jd mati brarti alte yg lemot. klo tetep idup bisa jd aki yg lemot.

biasanya klo mobil ga dipake n aki tetep dipasang bisa brp hari akinya abis?
coba cabut aki pas ga dipake, misal 4 hari diemin+cabut aki.
klo ga kuat start ya akinya tulalit.
klo masih bisa start brarti ada listrik bocor yg nyedot aki.
klo listrik bocor mau pake aki + alte segede gaban juga akan abis terus


.
Yg dicabut (+) atau (-) om...atau dua2nya lgsg...dlu ad sempet mmbaca ktanya (+) yg dicabut untuk mengetahui kondisi alternator,bener ngga om?

wah ni om temanya sdh berubah mjd "kebocoran listrik" kya debat capres aza....,soal yg bocor2 listrik...cra mendeteksinya gmana om?misalkan semua perangkat ni mati semua,tp bisa abis mendadak...

castello_maya
GC Lover
GC Lover
Posts: 488
Joined: Sun Mar 23, 2014 8:55 pm
Location: ponorogo - jatim
Contact:

Re: Aki LX dh lemees...

Post by castello_maya » Sun Jun 22, 2014 10:08 am

nyimak mawon,, ,
Telp/sms/wa:. :0 8 5 2 3 4 9 7 0 satu mama
Pin: k4zt3ll0
Email: gaplex99@gmail.com

=)) =))

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Aki LX dh lemees...

Post by Ctrl_Alt_Del » Sun Jun 22, 2014 12:55 pm

aki salah satu terminal aja yg dicabut,
amannya sih yg negatif yg dicabut.
bisa juga yg positif, tp hati² kabel positif nya jgn sampe short kena body. nanti meledug semua.

cek listrik bocor pake multimeter (seting ke ampere meter) colok di ampere maksimum terlebih dahulu 10A biasanya.
wkt mesin mati, cabut terminal aki, trus pasang ampere meternya secara seri (terminal aki - ampere meter - kabel aki)
trus liat ada ampere yg muncul ga? klo nilainya kecil sekali coba turunin skala amperemeternya.
klo listrik bocor masih dibawah 50mA masih wajar.
klo lebih dari itu baru tes satu² di kotak sikring, tar keliatan di kelompok sikring mana yg bocor, baru dari situ cek lagi komponen apa yg lewat sikring itu, coba cabut satu².


.

User avatar
Aulia Rahman
GC Noob
GC Noob
Posts: 76
Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan

Re: Aki LX dh lemees...

Post by Aulia Rahman » Sun Jun 22, 2014 2:32 pm

Ctrl_Alt_Del wrote:aki salah satu terminal aja yg dicabut,
amannya sih yg negatif yg dicabut.
bisa juga yg positif, tp hati² kabel positif nya jgn sampe short kena body. nanti meledug semua.

cek listrik bocor pake multimeter (seting ke ampere meter) colok di ampere maksimum terlebih dahulu 10A biasanya.
wkt mesin mati, cabut terminal aki, trus pasang ampere meternya secara seri (terminal aki - ampere meter - kabel aki)
trus liat ada ampere yg muncul ga? klo nilainya kecil sekali coba turunin skala amperemeternya.
klo listrik bocor masih dibawah 50mA masih wajar.
klo lebih dari itu baru tes satu² di kotak sikring, tar keliatan di kelompok sikring mana yg bocor, baru dari situ cek lagi komponen apa yg lewat sikring itu, coba cabut satu².


.
makasih infonya om...
nambah catatan dlu spy ntar kapan2 bsa berguna ni ilmu...kata org ilmu kelistrikan lebih rumit daripada ilmu permesinan...
ijin copas dlu ya om...klo diingat2 ntar klupaan...kta dosen saya dlu jgn trlalu percaya dgn ingatan,lbh baik dicatat...

Post Reply