Aki LX dh lemees...
- Aulia Rahman
- GC Noob
- Posts: 76
- Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
- Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan
Re: Aki LX dh lemees...
klo mau memperbesar arus alternator tu harus kebengkel mana om? maklum newbie pengen belajar...
kemaren saat lintas provinsi, dijalan cuacanya panas banget jadi AC ditinggikan...trus djalan audio jalan trus ampe ktujuan...
stlah ampe tujuan n acara dh selesai, hidupin mobil....eeeehhh ngga ada sama sekali ni aki arusnya...busheet minta dorong ni mobil tercinta, untung skali dorong lgsg maknyuss...
seandainya malam2 n sndirian dijalan bsa berabe ni mobil...antar kota antar provinsi lg...
kemaren saat lintas provinsi, dijalan cuacanya panas banget jadi AC ditinggikan...trus djalan audio jalan trus ampe ktujuan...
stlah ampe tujuan n acara dh selesai, hidupin mobil....eeeehhh ngga ada sama sekali ni aki arusnya...busheet minta dorong ni mobil tercinta, untung skali dorong lgsg maknyuss...
seandainya malam2 n sndirian dijalan bsa berabe ni mobil...antar kota antar provinsi lg...
- Pa'de Gung
- Site Admin
- Posts: 5934
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
- Location: Ngawi, Jawa Timur
Re: Aki LX dh lemees...
Bisa langsung ke tukang dinamo om..
Biasanya ada stok, jadu bisa langsung TT dg punya maestro, biar ga perlu rubah dudukan.
Biasanya ada stok, jadu bisa langsung TT dg punya maestro, biar ga perlu rubah dudukan.
Re: Aki LX dh lemees...
naaah ..Pa'de Gung wrote:Engga percuma kok om....adeindra wrote:
apa engga percuma naikin kapasitas aki tapi dinamo untuk pengisiannya tetep aje standar jadi tidak bisa ngisi optimal?
CMIIW yaa
Ngisi air di ember ato di drum, bisa dari kran yg sama. Hanya awalnya butuh waktu lebih lama...setelah penuh sesuai berkurangnya aja.
Penggantian alternator dg yg lebih besar diperlukan jika beban bertambah banyak/ besar.
Saat mesin hidup semua beban listrik ditanggung oleh alternator/aki istirahat(diisi). Dg begitu aki tetep terisi walaupun semua beban listrik dihidupkan.
Jika semua beban dihidupkan lalu tegangan jadi drop, berarti seluruh listrik mengalir ke beban, tidak tersisa untuk aki...saat itulah perlu ganti alternator lebih besar, bukan akinya yg dibesarkan.
pencerahan yang menyejukkan
thanks om
- Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Re: Aki LX dh lemees...
klo pas mesin idup + full asesoris idup, trus akinya dicabut, mesin mati kagak?
klo mesin jd mati brarti alte yg lemot. klo tetep idup bisa jd aki yg lemot.
biasanya klo mobil ga dipake n aki tetep dipasang bisa brp hari akinya abis?
coba cabut aki pas ga dipake, misal 4 hari diemin+cabut aki.
klo ga kuat start ya akinya tulalit.
klo masih bisa start brarti ada listrik bocor yg nyedot aki.
klo listrik bocor mau pake aki + alte segede gaban juga akan abis terus
.
klo mesin jd mati brarti alte yg lemot. klo tetep idup bisa jd aki yg lemot.
biasanya klo mobil ga dipake n aki tetep dipasang bisa brp hari akinya abis?
coba cabut aki pas ga dipake, misal 4 hari diemin+cabut aki.
klo ga kuat start ya akinya tulalit.
klo masih bisa start brarti ada listrik bocor yg nyedot aki.
klo listrik bocor mau pake aki + alte segede gaban juga akan abis terus
.
- Aulia Rahman
- GC Noob
- Posts: 76
- Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
- Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan
Re: Aki LX dh lemees...
makasih om jurus2 ampuhnya... jempol dah...Pa'de Gung wrote:Bisa langsung ke tukang dinamo om..
Biasanya ada stok, jadu bisa langsung TT dg punya maestro, biar ga perlu rubah dudukan.
nanti ditanya2 lg dh ke tukang dinamo...sambil hitung2 budgetnya...kira2 brp ya...
- Aulia Rahman
- GC Noob
- Posts: 76
- Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
- Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan
Re: Aki LX dh lemees...
Yg dicabut (+) atau (-) om...atau dua2nya lgsg...dlu ad sempet mmbaca ktanya (+) yg dicabut untuk mengetahui kondisi alternator,bener ngga om?Ctrl_Alt_Del wrote:klo pas mesin idup + full asesoris idup, trus akinya dicabut, mesin mati kagak?
klo mesin jd mati brarti alte yg lemot. klo tetep idup bisa jd aki yg lemot.
biasanya klo mobil ga dipake n aki tetep dipasang bisa brp hari akinya abis?
coba cabut aki pas ga dipake, misal 4 hari diemin+cabut aki.
klo ga kuat start ya akinya tulalit.
klo masih bisa start brarti ada listrik bocor yg nyedot aki.
klo listrik bocor mau pake aki + alte segede gaban juga akan abis terus
.
wah ni om temanya sdh berubah mjd "kebocoran listrik" kya debat capres aza....,soal yg bocor2 listrik...cra mendeteksinya gmana om?misalkan semua perangkat ni mati semua,tp bisa abis mendadak...
-
- GC Lover
- Posts: 488
- Joined: Sun Mar 23, 2014 8:55 pm
- Location: ponorogo - jatim
- Contact:
Re: Aki LX dh lemees...
nyimak mawon,, ,
- Ctrl_Alt_Del
- GC Enthusiast
- Posts: 547
- Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
- Location: Bogor
Re: Aki LX dh lemees...
aki salah satu terminal aja yg dicabut,
amannya sih yg negatif yg dicabut.
bisa juga yg positif, tp hati² kabel positif nya jgn sampe short kena body. nanti meledug semua.
cek listrik bocor pake multimeter (seting ke ampere meter) colok di ampere maksimum terlebih dahulu 10A biasanya.
wkt mesin mati, cabut terminal aki, trus pasang ampere meternya secara seri (terminal aki - ampere meter - kabel aki)
trus liat ada ampere yg muncul ga? klo nilainya kecil sekali coba turunin skala amperemeternya.
klo listrik bocor masih dibawah 50mA masih wajar.
klo lebih dari itu baru tes satu² di kotak sikring, tar keliatan di kelompok sikring mana yg bocor, baru dari situ cek lagi komponen apa yg lewat sikring itu, coba cabut satu².
.
amannya sih yg negatif yg dicabut.
bisa juga yg positif, tp hati² kabel positif nya jgn sampe short kena body. nanti meledug semua.
cek listrik bocor pake multimeter (seting ke ampere meter) colok di ampere maksimum terlebih dahulu 10A biasanya.
wkt mesin mati, cabut terminal aki, trus pasang ampere meternya secara seri (terminal aki - ampere meter - kabel aki)
trus liat ada ampere yg muncul ga? klo nilainya kecil sekali coba turunin skala amperemeternya.
klo listrik bocor masih dibawah 50mA masih wajar.
klo lebih dari itu baru tes satu² di kotak sikring, tar keliatan di kelompok sikring mana yg bocor, baru dari situ cek lagi komponen apa yg lewat sikring itu, coba cabut satu².
.
- Aulia Rahman
- GC Noob
- Posts: 76
- Joined: Sat May 17, 2014 1:36 pm
- Location: Banjarmasin - Kalimantan Selatan
Re: Aki LX dh lemees...
makasih infonya om...Ctrl_Alt_Del wrote:aki salah satu terminal aja yg dicabut,
amannya sih yg negatif yg dicabut.
bisa juga yg positif, tp hati² kabel positif nya jgn sampe short kena body. nanti meledug semua.
cek listrik bocor pake multimeter (seting ke ampere meter) colok di ampere maksimum terlebih dahulu 10A biasanya.
wkt mesin mati, cabut terminal aki, trus pasang ampere meternya secara seri (terminal aki - ampere meter - kabel aki)
trus liat ada ampere yg muncul ga? klo nilainya kecil sekali coba turunin skala amperemeternya.
klo listrik bocor masih dibawah 50mA masih wajar.
klo lebih dari itu baru tes satu² di kotak sikring, tar keliatan di kelompok sikring mana yg bocor, baru dari situ cek lagi komponen apa yg lewat sikring itu, coba cabut satu².
.
nambah catatan dlu spy ntar kapan2 bsa berguna ni ilmu...kata org ilmu kelistrikan lebih rumit daripada ilmu permesinan...
ijin copas dlu ya om...klo diingat2 ntar klupaan...kta dosen saya dlu jgn trlalu percaya dgn ingatan,lbh baik dicatat...