(ASK) AC & Klakson ngadat

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
User avatar
koi.pazzo
GC Noob
GC Noob
Posts: 126
Joined: Thu May 06, 2010 3:26 pm
Location: Bandung - Tangerang - BSD

(ASK) AC & Klakson ngadat

Post by koi.pazzo » Fri Sep 24, 2010 8:09 pm

YTH om2 suhu GC, mo nanya neh...
Background story:
waktu itu Lx sy gak bs nyala. asumsi pertama masalah ada di dinamo ato sekering soalnya aki gak ada masalah & busi+kabel baru ganti berikut ada sekering yg gosong di ruang mesin...
menurut petunjuk om arozi & om fajar, masalahnya bs jadi di dinamo & kelistrikan.
karena posisi mobil ada di rmh mertua di pamulangg & sy kudu kerja di bdg, jd lah to mobil ditinggal n di cek sm mekanik kenalan mertua.
kata mekaniknya, masalahnya ada di timing belt (kendor katanya)
singkat cerita, udah pada beres, mobil nyala...
tp skr AC & klakson gak nyala. alhasil tangerang - bdg berpanas2 ria deh...
yg mo ditanyain:
1. masalahnya kira2 apa yah? (kata om PP di pesbuk, itu mah biasa, lg manja)
2. kalo sekering itu ada pengaruhnya gak sm AC & klakson? (pertanyaan noob)
3. setelah bs nyala, ada gejala pincang (rpm ngedrop sampe mesin mati jd kudu di gas terus)
makasih solusinya...

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: (ASK) AC & Klakson ngadat

Post by ariphrp » Fri Sep 24, 2010 8:36 pm

1. bisa jadi waktu buka timing belt, ada kabel yang tercabut di kompressor AC oom.. belt kompressor terpasang bener lagi gak?

2. coba check sekering AC (di box sekering di engine bay yang kotak hitam deket dinamo wiper) dan sekering klakson (box sekering dalam cabin di bawah steer)

3. timing belt dilepas atau cuma stel tensionerna Oom? bisa jadi dilepas dan pasang ulang & timing pengapian nggak pas

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: (ASK) AC & Klakson ngadat

Post by adi_vostro » Fri Sep 24, 2010 8:46 pm

timing belt kendor kok bisa bikin mobil ngak nyala ya???

kalo AC, coba di cek, waktu AC dinyalain ada bunyi "ctek" ngak dari kompresor??kalo ngak ada bunyi "ctek", brarti ada masalah sama kelistrikan nya...bisa aja sekring AC yang ada di deket nap shock breaker kanan putus Om (kalo masi ori, belum diganti jalurnya)...

klakson ngak nyala, juga dari masalah kelistrikan nya...coba cek sekring nya dulu (nah, sekring klakson saya lupa ada dimana, coba cek di box sekring bawah dashboard sama box sekring yang di ruang mesin itu)...kalo sekring nya ngak putus, kabel socket klakson ndak lepas, kabel ngak putus, brarti dapat dipastikan klakson nya yang uda menemui ajal nya...hehehehe

kalo mesin pincang, coba cek busi nya, sapa tau kotor trus ada yang mati...soalnya, banyak sebab yang bikin mesin jadi pincang...tapi yang paling umum sih, ya salah satu busi ada yang mati Om...
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
koi.pazzo
GC Noob
GC Noob
Posts: 126
Joined: Thu May 06, 2010 3:26 pm
Location: Bandung - Tangerang - BSD

Re: (ASK) AC & Klakson ngadat

Post by koi.pazzo » Sat Sep 25, 2010 10:29 am

om arip:
belt kompressor yg sebelah mana om? mungkin juga seh....
kalo masalah tensioner seh saya gak tau soalnya saya gak liat pas masangnya (mobil di pamulang, sy di bdg)

om adi:
bener om, gak ada bunyi klik pas AC dinyalain, berarti kompresor gak jalan... sekering udah pada diganti om, tp teteup gak ngaruh...
tp kalo dipikir2 emang bs yah timing belt kendor, mesin gak nyala? :-?

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: (ASK) AC & Klakson ngadat

Post by ariphrp » Sat Sep 25, 2010 11:33 am

belt kompressor, belt yang terpasang di pulley kompressor AC Oom..

kalau sekering AC nggak putus tapi tetep nggak ada reaksi di kompressor, bisa jadi magnet koplingnya kompressor bermasalah oom.. biasanya cuma masalah kabelnya putus sih.. lebih parah mungkin magnet koplingnya yang kudu apkir..

User avatar
koi.pazzo
GC Noob
GC Noob
Posts: 126
Joined: Thu May 06, 2010 3:26 pm
Location: Bandung - Tangerang - BSD

Re: (ASK) AC & Klakson ngadat

Post by koi.pazzo » Sat Sep 25, 2010 6:00 pm

belt kompresornya gak lepas om. mungkin jg mslhnya di situ td. mudah2an cmn kabelnya yg bermasalah...
rencananya mo berobat dl neh mobil..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: (ASK) AC & Klakson ngadat

Post by Pa'de Gung » Sun Sep 26, 2010 4:24 am

Klakson ku juga pernah mati om...
Klakson mati : (sekring ada di ruang mesin atas shock breaker kanan) Cabut dua kabel yang nancep di klakson, salah satu kabel harus ada arus 12 volt dengan/tanpa kontak. kalau ga ada brarti sekring putus, kalau ada berarti kabel dari tombol setir yang putus.
AC mati : Di GC ku AC mati jika sekring defross di bawah dasboard putus, kalau yakin ga ada kabel lepas mungkin freon habis atau switc tekanan gas nya putus. Periksa kabel yang tersambung dengan alat yang menempel di selang AC (biasanya di bagian kiri mesin sekitar tangki air ato di tabung gas yg saya lupa namanya,,,he...he. kalau ketemu cabut dua kabel itu dan hubung kan keduanya lalu coba nyalakan AC.

User avatar
iyan firdaus cool
GC Noob
GC Noob
Posts: 11
Joined: Thu Apr 02, 2015 8:30 am

Re: (ASK) AC & Klakson ngadat

Post by iyan firdaus cool » Thu Mar 03, 2016 3:59 pm

bunyi klakson mati sebelah,,,,pas liat2 penjelasan pa'De baru ngeh,,,sekring klakson rupanya ada di ruang mesin bukannya di bawak kemudi stir...dan ru sikringnya yg putus.
alhamdulillah sekarang udh nyala lagi dan bunyinya stereo...
makasih infonya pa'De Gung
[/img]BLACKOUT

Post Reply