grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu setengah

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Dkphotography
GC Noob
GC Noob
Posts: 12
Joined: Fri Feb 12, 2016 12:58 pm

grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu setengah

Post by Dkphotography » Sun Jun 12, 2016 9:35 pm

Selamat malam,
Mohon bantuannya buat sesepuh disini.. Mau curhat karena saya sudah kehabisan akal.
Problem yang saya alami adalah, grand civic matic saya ketika parkir ato berhenti ketika saya starter mesin tidak mau nyala tapi ketika setengah jam dibiarkan dan distarter lagi bisa nyala..
Saya masukkan bengkel rekomendasinya adalah, karbu di refresh di spesialis karbu di sepanjang sidoarjo (domisili saya di surabaya) sudah saya kerjakan, posisi timming belt katanya kecepetan dan sudah diperbaiki, pompa bensin saya sudah ganti yang ori, delco,cdi dan koel sdh dicek dan kondisi oke..
Dengan sparepart yg sudah diganti saya pede dong dan berpikir tidak mogok lagi.. Dan ternyata ketika saya sampe rmh kumat lagi ni mobil.. Ga bs distarter, akhirnya saya panggil mekanik ke rumah, akhirnya saya kuras tangki bensin saya, dengan asumsi bahwa karbu banjir diakibatkan kotoran dari tangki. Kuras tangki sudah dilakukan, terus kata mekanik langganan, kok dinamo starter agak lemah... Akhirnya saya ke tukang dinamo aki dan diperbaiki sampe oke,nah saya berpikir ga ada lagi penyebab susah starter ini.. Akhirnya saya jalan2 deh, nah tapi ketika saya parkir di atm rencana mau ambil duit, setelah itu mobil saya starter ga mau nyala...ckek ckek ckek ga greng2.. Seperti karbu banjir.... Sayaa bingung banget ni, sudah diganti semua kok masih ga bisa nyala...akhirnya saya panggil mekanik saya.. Setelah di cek, dan ditemukan selenoid karbu bekas dipotong, apa ini penyebab karbu banjir dan ga bs starter???? Mohon bantuannya yaa om... Makasih

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Pa'de Gung » Mon Jun 13, 2016 1:05 am

Wahh..sudah terlanjur ganti macem2..tapi sayang analisa nya ga tepat.., Mungkin karena sudah mentok ga ketemu masalahnya..:D

Dari yg dilakuin di atas bagi saya langkah yg bener cuma servis karbu...
Walaupun saya sendiri ga yakin banget dimana masalahnya, tapi setidaknya analisa bisa mendekati..
Maap sebelumnya mengulas yg sudah dilakuin,..bukan bermaksut menjelekan mekanik, cuma beda argumen saja..

1. Posisi timing kecepetan setau saya ga masalah dengan kasus di atas.., beberapa mesin GC ada yg sengaja dimajukan begitu dan tetep gampang stat meskipun harus injak gas agak dalam.
2. Pompa bensin juga bukan masalah, kalo pompa yg jadi masalah...ditunggu 3 jam juga akan tetep susah stat.
3. Kuras tangki bisa jadi harus dilakukan...tapi harusnya lihat dulu kondisi bensin pada karbu kotor ato tidak. mungkin cukup ganti filter bensin saja.
4. Dinamo stater, mudah dibedakan ketika putaran dinamo melemah. bahkan banyak yg masih bisa stat dg kondisi aki hampir tekor.

Nah...kalo masalahnya mengarah ke karbu banjir..., setelah mesin bisa hidup mesin brebet dan bau bensin di knalpot..setelah itu normal.
Solenoid yg sudah dipotong saya yakin bukan masalah, mungkin solenoidnya sudah mati..jadi harus dipotong.., resikonya justru matiin mesin ga bisa mulus.

yang harus dilakuin selanjutnya saya kira cek kondisi mesin terutama karbu langsung saat susah stat itu. kalo betulinnya saat gampang stat..kayaknya susah ditebak.

Dkphotography
GC Noob
GC Noob
Posts: 12
Joined: Fri Feb 12, 2016 12:58 pm

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Dkphotography » Mon Jun 13, 2016 8:52 am

Pa'de Gung wrote:Wahh..sudah terlanjur ganti macem2..tapi sayang analisa nya ga tepat.., Mungkin karena sudah mentok ga ketemu masalahnya..:D

Dari yg dilakuin di atas bagi saya langkah yg bener cuma servis karbu...
Walaupun saya sendiri ga yakin banget dimana masalahnya, tapi setidaknya analisa bisa mendekati..
Maap sebelumnya mengulas yg sudah dilakuin,..bukan bermaksut menjelekan mekanik, cuma beda argumen saja..

1. Posisi timing kecepetan setau saya ga masalah dengan kasus di atas.., beberapa mesin GC ada yg sengaja dimajukan begitu dan tetep gampang stat meskipun harus injak gas agak dalam.
2. Pompa bensin juga bukan masalah, kalo pompa yg jadi masalah...ditunggu 3 jam juga akan tetep susah stat.
3. Kuras tangki bisa jadi harus dilakukan...tapi harusnya lihat dulu kondisi bensin pada karbu kotor ato tidak. mungkin cukup ganti filter bensin saja.
4. Dinamo stater, mudah dibedakan ketika putaran dinamo melemah. bahkan banyak yg masih bisa stat dg kondisi aki hampir tekor.

Nah...kalo masalahnya mengarah ke karbu banjir..., setelah mesin bisa hidup mesin brebet dan bau bensin di knalpot..setelah itu normal.
Solenoid yg sudah dipotong saya yakin bukan masalah, mungkin solenoidnya sudah mati..jadi harus dipotong.., resikonya justru matiin mesin ga bisa mulus.

yang harus dilakuin selanjutnya saya kira cek kondisi mesin terutama karbu langsung saat susah stat itu. kalo betulinnya saat gampang stat..kayaknya susah ditebak.
Terima kasih pa'de.. Mesin ketika hidup ga mbrebet dan langsam pakde, ketika servis karbu itu skep dan spuyer sudah diganti.. Nah masalah selenoid itu, saya ga pernah susah untuk mematikan mesin.. Yang saya tanyakan, apa mungkin lubang yang seharusnya ditutup oleh selenoid kemasukan bahan bakar dan menyebabkan banjir karena selenoidnya sdh dipotong? Rencana nanti saya coba cek kompresi mesin.. Semoga masalah bisa terdeteksi..

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Pa'de Gung » Mon Jun 13, 2016 11:16 am

Kalo setelah susah stat lalu bisa hidup langsung normal berarti ga ada indikasi banjir (bensin dalam karbu meluber kerena jarum pelampung bocor).
Saat solenoid bekerja kondisinya memang sepeti terpotong itu om, saat matikan mesin solenoid akan menutup lubang supaya mesin segera mati.

memang tidak selalu masalah dg tidak adanya solenoid ini, biasanya saat mesin sangat panas dan rpm agak ketinggian lalu mesin dimatikan,.. akan ada sedikit batuk di akhir putaran mesin.
Yang pasti solenoid bukan penyebab karbu banjir..

Dkphotography
GC Noob
GC Noob
Posts: 12
Joined: Fri Feb 12, 2016 12:58 pm

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Dkphotography » Tue Jun 14, 2016 10:57 pm

Pa'de Gung wrote:Kalo setelah susah stat lalu bisa hidup langsung normal berarti ga ada indikasi banjir (bensin dalam karbu meluber kerena jarum pelampung bocor).
Saat solenoid bekerja kondisinya memang sepeti terpotong itu om, saat matikan mesin solenoid akan menutup lubang supaya mesin segera mati.

memang tidak selalu masalah dg tidak adanya solenoid ini, biasanya saat mesin sangat panas dan rpm agak ketinggian lalu mesin dimatikan,.. akan ada sedikit batuk di akhir putaran mesin.
Yang pasti solenoid bukan penyebab karbu banjir..
Bener pakde, saya sudah beli selenoid yg baru dan hasilnya tetap susah stat. Hehehe

Cerita hari ini, susah statnya makin parah dan tiap kali berhenti pasti ga bisa di stat. Kata bengkel bawa busi aja utk cek pengapian ketika mogok. Akhirnya ketika si blacky mogok saya buka cop busi dan pasang busi cadangan kemudian saya taruh diatas delco,, pertama tidak ada apinya, kemudian ada dan langsung nyala. Curiga coilnya mungkin hampir mati, akhirnya ke bengkel lagi dicek, dan coilnya ternyata pecah dan kebetulan sang empunya bengkel punya coil gc, akhirnya digantilah. Asumsi saya sudah diganti berarti oke ni, saya beranikan diri ke sidoarjo lewat tol dan mampir di rest area. Eh kok malah mogok lagi, saya sdh lakuin cara seperti yg pertama ada api tapi lemah,, dan ga berhasil nyala. Akhirnya setelah 4 jam menunggu bala bantuan datang, dan ketika dilihat mekaniknya, mekaniknya juga bingung. Karena Pengapian ada, bensin jalan ke karbu tapi kok susah stat. Yang saya mau tanyakan apakah mungkin kabel saya ngefong ya? Yang perlu dicek kabel kabel yang mana saja yang mempengaruhi starter?? Terima kasih. Semoga blacky bisa sembuh total

User avatar
adeindra
GC Whore
GC Whore
Posts: 14020
Joined: Thu May 22, 2008 3:23 pm

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by adeindra » Wed Jun 15, 2016 7:31 am

mantab penjelasan pakde

Dkphotography
GC Noob
GC Noob
Posts: 12
Joined: Fri Feb 12, 2016 12:58 pm

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Dkphotography » Wed Jun 15, 2016 11:17 am

selamat pagi om2,
pagi hari ini cek kompresi dan hasilnya adalah
Lobang busi 1 : Kompresi 10
Lobang busi 2 : Kompresi 8
Lobang busi 3 : Kompresi 10
Lobang busi 4 : Kompresi 8

yang saya ingin tanyakan.
1. berapa kompresi normalnya grand civic ya?
2. apakah mobil susah stat dikarenakan kompresi yang rendah? dikarenakan kondisi panas seher memuai dan kompresi menurun, sehingga menyebabkan susah stat?
3. kemudian jika positif karena kompresinya, yang diperbaiki apa saja ya?dan estimasi biayanya berapa?

terima kasih om om semua, mohon bantuan dari pertanyaan saya diatas..

Dkphotography
GC Noob
GC Noob
Posts: 12
Joined: Fri Feb 12, 2016 12:58 pm

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Dkphotography » Wed Jun 15, 2016 11:18 am

adeindra wrote:mantab penjelasan pakde
emang mantab om..sangat membantu sekali

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Pa'de Gung » Wed Jun 15, 2016 4:10 pm

Dkphotography wrote:
adeindra wrote:mantab penjelasan pakde
emang mantab om..sangat membantu sekali
Alhamdulillah... :)

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: grand civicku ga bisa distarter tapi setelah tunggu sete

Post by Pa'de Gung » Wed Jun 15, 2016 4:53 pm

Kompresi normalnya 12 kalo ga salah..:D CMIIW
Kalo ga ada oli di knalpot cukup turun 1/2 mesin lalu skur klep, biaya relatif..tergantung dibengkel mana dan apa saja yg diganti. sedia 2000rb mungkin cukup.

Saya kira bukan kompresi masalahnya, dengan kompresi rendah mesin masih pasti bisa hidup dan relatif mudah..walaupun tidak segampang yg normal..

dilihat dari ceritanya...sebaiknya fokus ke masalah delko dulu om...pengapian lemah jelas bikin start jadi susah.
ada beberapa point yg bisa melemahkan pengapian...
tapi kalo masalah muncul hanya saat setelah berhenti...sepertinya memang coil dan cdi masalahnya..

Tadinya saya berpikir kalo masalah pengapian mestinya bisa terjadi kapan saja..bahkan saat jalan...
Setelah membaca cerita diatas, baru terpikir akan kemungkinan masalahnya..

- Saat suhu mesin panas, mungkin CDI dan/ato koil melemah.. Jadi kemungkinan sebelum mesin dimatikan pengapian sudah melemah..tapi tidak sampai membuat mesin mati, karena putaran mesin masih cukup tinggi.

- Setelah mesin dimatikan, pengapian masih lemah..,mesin susah hidup karena putaran dinamo stater tidak mencukupi untuk membuat mesin hidup dg kondisi api kecil. (mungkin bisa langsung hidup kalo didorong dg kecepatan cukup)

- Setelah setengan jam, suhu mesin turun kondisi pengapian membaik jadi gampang distat..

Coil dan CDI sama2 bisa jadi penyebab...
Kalo masalahnya dari Coil...biasanya CDI kena dampaknya.. efek dipaksa bekerja dg coil rusak.
Kalo masalahnya dari CDI ...coil biasanya aman...

Post Reply