Help (WTA)....

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Help (WTA)....

Post by onta » Mon Oct 06, 2008 3:30 pm

Siapa tau termostatnya ngadat, menghalangi laju air yg mengalir deras.
Tambah banter mobil tambah kenceng ngalirnya toh?
Jadi ada macem2 yg bikin radiator ga jalan:
1. Buntu, bisa gara2 kerak di jalur air, baik di radiator, termostat, mesin
2. Air ga jalan, alias gada yg mompa, brarti ganti waterpump
3. Kepanasan, fan ga muter kenceng, mati satu, kisi radiator buntu, jalur angin dr depan ke radiator terhalang assesories lampu, plat nomer, turbo dll
4. Bocor, bisa dari sambungan selang, seal, tutup radiator

Klo liat kasusnya digeber kecepatan tinggi temperatur naik, brarti laju air pendingin ga maksimal, bisa buntu atau waterpump yg lemah.

Coba sebelum masuk ke termostat dipasangin meteran air, jd bisa tau masalahnya hehehe.
Coba dulu dicek termostat masih berfungsi apa engga?
dicopot terus direbus di air, suhu 90C sebelum mendidih termostat terbuka penuh.
Klo termostat nda ada masalah, tinggal waterpump ama radiatornya yg buntu

User avatar
resky
GC Lover
GC Lover
Posts: 286
Joined: Thu May 22, 2008 7:42 pm

Re: Help (WTA)....

Post by resky » Mon Oct 06, 2008 7:44 pm

termostat uda saya copot om by pass langsung ke mesin jd termostat gak kepake....biar ac makyus dingin nya....masi bingung antara water pump dan radiator yg kotor

User avatar
iphoer
GC Whore
GC Whore
Posts: 3571
Joined: Thu May 22, 2008 9:09 am
Location: Bandung, Jakarta
Contact:

Re: Help (WTA)....

Post by iphoer » Mon Oct 06, 2008 10:14 pm

dodon_nouva90 wrote:Oooooo,mungkin beben mesin jadi b kurang ya om??

tapi klo masalah kipas muter 2-2nya si,
walopun ac mati,tapi klo tempratur tinggi, 2 kipas juga otomatis nyala 2-2nya kok,...
Berarti udah dirubah tuh don.. Normalnya sih kalo ac mati kipas yg nyala cuma satu yg gede itu doank..
kalo udah 2-2 nya nyala tanpa AC On berarti dah diubah jalurna ama bengkelnya.
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--

dodon_nouva90

Re: Help (WTA)....

Post by dodon_nouva90 » Tue Oct 07, 2008 1:52 pm

iphoer wrote: Berarti udah dirubah tuh don.. Normalnya sih kalo ac mati kipas yg nyala cuma satu yg gede itu doank..
kalo udah 2-2 nya nyala tanpa AC On berarti dah diubah jalurna ama bengkelnya.
da di ganti ya om??
apa gw yg salah liat pas ac mati ya??
hehehe,..
tar gw cek dulu d,hohoho

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: Help (WTA)....

Post by onta » Wed Oct 08, 2008 9:33 am

resky wrote:termostat uda saya copot om by pass langsung ke mesin jd termostat gak kepake....biar ac makyus dingin nya....masi bingung antara water pump dan radiator yg kotor
Hmm, klo mo tau radiator yg buntu, posisi mesin dingin dinyalain sampe kipas radiator nyala, trus dimatiin.
Nah dicek manual pake tangan, radiator sebelah mana yg ga panas itu lah yg buntu.
Klo water pump masalah biasanya bocor aja ato bearing yg aus, klo pingin tau masih fungsi atau engga, pas mesin nyala dibuka hati2 tutup radiator, amati arus air di dalam radiator, Awas hanyut hehehe

User avatar
Honda_89
GC Noob
GC Noob
Posts: 61
Joined: Sun Oct 05, 2008 1:48 pm

Re: Help (WTA)....

Post by Honda_89 » Mon Oct 13, 2008 7:33 pm

...mmm...tp klo dr exstra fan ..?? gmana tuh bro..????
contoh misal permasalahanya di "relay" ekstra fan nya ud ngaco ..jd kadang jalan kadang nengga.....

ichwan
GC Noob
GC Noob
Posts: 32
Joined: Fri Apr 24, 2009 10:48 am
Location: Jakarta (cibubur)
Contact:

Re: Help (WTA)....

Post by ichwan » Fri Apr 24, 2009 11:29 am

oom,oom
GC saya sakitnya persis spt ini jarum tempertatur naik hampir ke merah, begitu AC dimatiin dan kecptn dikurangi langsung turun,(kipas+motor radiator )baru ganti gress, radiator baru diservis kira2 4 bln yl, air radiator stabil (tidak kurang), termostat sdh dicopot, aliran air radiator lancar (sy liat saat buka tutupnya) silinder head baru di poles + packing (seal) silinder head br ganti (2 bl lalu overheating sihh) terus ampe sekarang temperatur tetep naik kalo digeber ke 100-120 apanya ya kira2 oom liueeer eehh #:-s

Post Reply