Siapa tau termostatnya ngadat, menghalangi laju air yg mengalir deras.
Tambah banter mobil tambah kenceng ngalirnya toh?
Jadi ada macem2 yg bikin radiator ga jalan:
1. Buntu, bisa gara2 kerak di jalur air, baik di radiator, termostat, mesin
2. Air ga jalan, alias gada yg mompa, brarti ganti waterpump
3. Kepanasan, fan ga muter kenceng, mati satu, kisi radiator buntu, jalur angin dr depan ke radiator terhalang assesories lampu, plat nomer, turbo dll
4. Bocor, bisa dari sambungan selang, seal, tutup radiator
Klo liat kasusnya digeber kecepatan tinggi temperatur naik, brarti laju air pendingin ga maksimal, bisa buntu atau waterpump yg lemah.
Coba sebelum masuk ke termostat dipasangin meteran air, jd bisa tau masalahnya hehehe.
Coba dulu dicek termostat masih berfungsi apa engga?
dicopot terus direbus di air, suhu 90C sebelum mendidih termostat terbuka penuh.
Klo termostat nda ada masalah, tinggal waterpump ama radiatornya yg buntu
Help (WTA)....
Re: Help (WTA)....
termostat uda saya copot om by pass langsung ke mesin jd termostat gak kepake....biar ac makyus dingin nya....masi bingung antara water pump dan radiator yg kotor
Re: Help (WTA)....
Berarti udah dirubah tuh don.. Normalnya sih kalo ac mati kipas yg nyala cuma satu yg gede itu doank..dodon_nouva90 wrote:Oooooo,mungkin beben mesin jadi b kurang ya om??
tapi klo masalah kipas muter 2-2nya si,
walopun ac mati,tapi klo tempratur tinggi, 2 kipas juga otomatis nyala 2-2nya kok,...
kalo udah 2-2 nya nyala tanpa AC On berarti dah diubah jalurna ama bengkelnya.
LET'S MAKE OUR FORUM BETTER AND QUALIFIED !!!
--> Less OOT and give some usefull Information <--
--> Less OOT and give some usefull Information <--
Re: Help (WTA)....
da di ganti ya om??iphoer wrote: Berarti udah dirubah tuh don.. Normalnya sih kalo ac mati kipas yg nyala cuma satu yg gede itu doank..
kalo udah 2-2 nya nyala tanpa AC On berarti dah diubah jalurna ama bengkelnya.
apa gw yg salah liat pas ac mati ya??
hehehe,..
tar gw cek dulu d,hohoho
Re: Help (WTA)....
Hmm, klo mo tau radiator yg buntu, posisi mesin dingin dinyalain sampe kipas radiator nyala, trus dimatiin.resky wrote:termostat uda saya copot om by pass langsung ke mesin jd termostat gak kepake....biar ac makyus dingin nya....masi bingung antara water pump dan radiator yg kotor
Nah dicek manual pake tangan, radiator sebelah mana yg ga panas itu lah yg buntu.
Klo water pump masalah biasanya bocor aja ato bearing yg aus, klo pingin tau masih fungsi atau engga, pas mesin nyala dibuka hati2 tutup radiator, amati arus air di dalam radiator, Awas hanyut hehehe
Re: Help (WTA)....
...mmm...tp klo dr exstra fan ..?? gmana tuh bro..????
contoh misal permasalahanya di "relay" ekstra fan nya ud ngaco ..jd kadang jalan kadang nengga.....
contoh misal permasalahanya di "relay" ekstra fan nya ud ngaco ..jd kadang jalan kadang nengga.....
Re: Help (WTA)....
oom,oom
GC saya sakitnya persis spt ini jarum tempertatur naik hampir ke merah, begitu AC dimatiin dan kecptn dikurangi langsung turun,(kipas+motor radiator )baru ganti gress, radiator baru diservis kira2 4 bln yl, air radiator stabil (tidak kurang), termostat sdh dicopot, aliran air radiator lancar (sy liat saat buka tutupnya) silinder head baru di poles + packing (seal) silinder head br ganti (2 bl lalu overheating sihh) terus ampe sekarang temperatur tetep naik kalo digeber ke 100-120 apanya ya kira2 oom liueeer eehh![Whew! #:-s](./images/smilies/18.gif)
GC saya sakitnya persis spt ini jarum tempertatur naik hampir ke merah, begitu AC dimatiin dan kecptn dikurangi langsung turun,(kipas+motor radiator )baru ganti gress, radiator baru diservis kira2 4 bln yl, air radiator stabil (tidak kurang), termostat sdh dicopot, aliran air radiator lancar (sy liat saat buka tutupnya) silinder head baru di poles + packing (seal) silinder head br ganti (2 bl lalu overheating sihh) terus ampe sekarang temperatur tetep naik kalo digeber ke 100-120 apanya ya kira2 oom liueeer eehh
![Whew! #:-s](./images/smilies/18.gif)