nareswari wrote:boleh gak sekalian tanya mumpung judulnya sama.. he he he...
pernah suatu kali abis muter2 bandung begitu matiin mesin terdengar suara air mendidih dari radiator, tapi jarum temperatur rasanya terlihat normal (sedikit dibawah setengah) normal kah? trus kenapa ya bisa terjadi mendidih begitu?
eits... ati-ati itu gejala yang hampir saya alami kemarin beberapa minggu sebelum jebol mesin.
cepetan kuras radiator (bisa jadi banyak kerak, sumbatan atau sistem sirkulasi air yang macet entah selang, water pump, dll) jangan dibiarkan ..... dulu saya dah dinasihatin banyak tetua GC tapi nggak nurut.
Parahnya kalo dibiarin lama dan sering, air di radiator tetap kurang, air sebagian melintas ke blok mesin dan sebagian masuk ke cadangan. Biarkan sebentar hari pasti mesin dah melenting..... (wajib turun setengah). Padahal setiap pagi kita pasti jarang buka si tutup radiator dan cek air radiator tapi hanya melihat tinggi air di cadangan radiator... ya gak ?
dan ini ada tips dari om PP (paulus paska) menjawab tentang cek sirkulasi :
Re: cek waterpump
Sent at: Tue Dec 15, 2009 11:09 am
From: pauluspaska
To: arozi
Coba diperiksa saat mesin hidup Kang,
Tapi sebelumnya buka tutup radiator dulu, nyalakan mesin selama 30 menit dan lebih, sambil menunggu kipas radiator menyala, bisa bebersih mesin pakai solar.
Biasanya setelah 30 menit thermostat sudah bekerja.
Untuk memeriksa kekuatan pompa air, periksa waktu idle apakah sewatku thermostat membuka, aliran air di radiator terjadi.
Dan memeriksa kekuatan pompa waktu mesin berputar tinggi, gas mesin diatas 2000 rpm apakah air mengalir deras juga di radiator.
BRAVO OM PP !