Temp Radiator dan Air Radiator

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by Ctrl_Alt_Del » Tue Dec 08, 2009 9:04 am

air muncrat krn radiator mampet, air gak bs ngalir sempurna krn jalur kisi2 radiatornya tersumbat n jadinya keluar lwt tutup radiator.
thermostat itu buat mindah aliran antara blok n radiator.
klo msin dingin termostat masih nutup, air muter2 di blok aja,
klo mesin udah panas thermostat mulai membuka, air muter dari blok ke radiator,

klo termostat dicabut brarti air sebagian muter ke radiator dan sebagian muter2 di blok aja,
nah klo saluran yg ke radiator lancar sih gpp, tp klo yg ke radiaotr agak tersumbat maka air akan lebih banyak muter2 di blok dan lebih sedikit yg muter ke radiator, brarti sedikit air yg didinginkan. sedikit yg didinginkan brarti jarum naek lg.. :P

cmiiw

.

chrisna97
GC Noob
GC Noob
Posts: 173
Joined: Mon Sep 14, 2009 11:15 am

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by chrisna97 » Tue Dec 08, 2009 4:34 pm

Sekalian tanya kalau kuras radiator memangnya harus berapa lama sekali?

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by pauluspaska » Fri Dec 11, 2009 8:26 am

Om Chrisna,
Kuras radiator bisa 1 tahun sekali atau 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Tergantung kondisi dari air radiator
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5239
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by arozi » Fri Dec 11, 2009 8:43 am

pauluspaska wrote:Om Chrisna,
Kuras radiator bisa 1 tahun sekali atau 6 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Tergantung kondisi dari air radiator
trus kalo waterpump nya om PP, kayaknya kasus estillo kawan ku dan mobilku (sebelum turun setengah) malah aneh,
dia pas RPM agak tinggi (3500) dan 110 kpj - over heat...
tapi kalo pake nyantai RPM under 3000 dan under 80 kpj dipake berjam-jam malah panas nya normal (bawah setengah).
radiator dah dikorek-korek... masih tetap seperti itu
cara cek waterpump normal gak nya gimana ya ? kalo kata tukang bengkel sih normal-normal aja
B J O

shopin
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 509
Joined: Sun Jan 18, 2009 10:22 pm
Location: sengkaling_malang,jawa timur
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by shopin » Fri Dec 11, 2009 1:49 pm

share juga ni om,tempo hari juga ngalami kejadian serupa,waktu gas sering diinjek injek alias ngebut,jarum temperatur naek turun,malah baru beberapa ratus meter uda merah lagi,didiemin,trus tancep lagi,merah lagi..
Tenyata emang sirkulasi air radiatornya gak lancar karena waktu bongkar radiator,keraknya lengket bin kelet gak karu2an..
Dan satu lagi..
Tutup radiatornya g krja buka tutup maksimal karena pernya uda molor..
Bisa di cek juga dari tandon air radiatornya,airnya berkurang,tetep ato malah nambah..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
purwana
GC Noob
GC Noob
Posts: 34
Joined: Thu Oct 15, 2009 3:17 pm

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by purwana » Tue Dec 15, 2009 9:35 am

sekalian numpang nanya ya...

radiator GC ku di kasi Coolant (pres**ne), setelah dipakai 2 hari malah temperatunya naik, setelah dicek coolantnya ilang (abis). loh kok...??? :-? :-? saya pikir radiator bocor dicek ternyata nggak, akhirnya saya ganti air AC malah baik2 saja..
pertanyaanya adalah.....kenapa GC saya ngk bisa di pakein Coolant????

ada solusi???

makasih

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by ariphrp » Tue Dec 15, 2009 12:57 pm

keknya bukan gak bisa pake coolant deh Oom..
masalhnya bisa jadi karena saat kuras habis air radiator lalu diisi coolant nggak dibuang dulu udara terjebak di dalam saluran pendingin..
bisa berabe tuh oom., selain over heating bisa bikin selang karet pecah..

caranya:

Habis isi ulang coolant, coba buka nipple/pentil di ujung selang atas radiator yang di dekat mesin.. nyalakan mesin lalu digas pelan sampai dari nipple itu keluar cuma coolant aja nggak ada udaranya.. kencangkan, lalu tambah coolantnya.

User avatar
nareswari
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1151
Joined: Thu Nov 05, 2009 2:54 pm
Location: Tasikmalaya - Bandung - Cimahi
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by nareswari » Tue Dec 15, 2009 1:07 pm

boleh gak sekalian tanya mumpung judulnya sama.. he he he...
pernah suatu kali abis muter2 bandung begitu matiin mesin terdengar suara air mendidih dari radiator, tapi jarum temperatur rasanya terlihat normal (sedikit dibawah setengah) normal kah? trus kenapa ya bisa terjadi mendidih begitu?
nerazzuriGC wrote:allahhuakbaaarrr....... mobilnya bikin dzikir mulu neh, supaya dapet rejeki bikin kaya gitu.. hahahahaha..... TOB OOOM!! POOLLL!
arozi wrote:huwaduhhhh
thx om kalo ni mobil bisa bikin tobatan nasuha
hahahahaha

User avatar
Ctrl_Alt_Del
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 547
Joined: Sun Jun 22, 2008 7:48 am
Location: Bogor

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by Ctrl_Alt_Del » Tue Dec 15, 2009 3:03 pm

itu air/steam yg kluar dari tutup radiator ke tangki barangkali?
selanjutnya iar brkurang ga?




.

User avatar
arozi
GC Whore
GC Whore
Posts: 5239
Joined: Sun Nov 01, 2009 11:58 am
Location: Bandung

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by arozi » Wed Dec 16, 2009 12:50 am

nareswari wrote:boleh gak sekalian tanya mumpung judulnya sama.. he he he...
pernah suatu kali abis muter2 bandung begitu matiin mesin terdengar suara air mendidih dari radiator, tapi jarum temperatur rasanya terlihat normal (sedikit dibawah setengah) normal kah? trus kenapa ya bisa terjadi mendidih begitu?
eits... ati-ati itu gejala yang hampir saya alami kemarin beberapa minggu sebelum jebol mesin. L-)
cepetan kuras radiator (bisa jadi banyak kerak, sumbatan atau sistem sirkulasi air yang macet entah selang, water pump, dll) jangan dibiarkan ..... dulu saya dah dinasihatin banyak tetua GC tapi nggak nurut. =;

Parahnya kalo dibiarin lama dan sering, air di radiator tetap kurang, air sebagian melintas ke blok mesin dan sebagian masuk ke cadangan. Biarkan sebentar hari pasti mesin dah melenting..... (wajib turun setengah). Padahal setiap pagi kita pasti jarang buka si tutup radiator dan cek air radiator tapi hanya melihat tinggi air di cadangan radiator... ya gak ? :-$

dan ini ada tips dari om PP (paulus paska) menjawab tentang cek sirkulasi :

Re: cek waterpump
Sent at: Tue Dec 15, 2009 11:09 am
From: pauluspaska
To: arozi

Coba diperiksa saat mesin hidup Kang,
Tapi sebelumnya buka tutup radiator dulu, nyalakan mesin selama 30 menit dan lebih, sambil menunggu kipas radiator menyala, bisa bebersih mesin pakai solar.

Biasanya setelah 30 menit thermostat sudah bekerja.
Untuk memeriksa kekuatan pompa air, periksa waktu idle apakah sewatku thermostat membuka, aliran air di radiator terjadi.
Dan memeriksa kekuatan pompa waktu mesin berputar tinggi, gas mesin diatas 2000 rpm apakah air mengalir deras juga di radiator.

BRAVO OM PP !
B J O

Post Reply