[HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
fasc
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 759
Joined: Mon Sep 15, 2008 12:42 pm
Location: tegal - sleman

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by fasc » Tue Dec 15, 2009 7:47 am

hoho.. kenalan dulu om ilham.hitech biar tambah seru n' asyik ngobrolnya
juga untuk menghormati para sesepuh yang telah susah payah membangun forum ini. ok :?:
disini http://www.grandcivic.com/viewforum.php?f=5

btw, kalo mang bis turun mesin, si bengkel mestinya tanggung jawab sampe bener-bener beres

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by pauluspaska » Tue Dec 15, 2009 9:45 am

coba bantu ya...
kalo bengkel bilang dinding silinder harus OS tapi gak dilakukannya, berarti dia gak teliti dan gak profesional! (maaf)

kalau saya bisa marah besar om. Kok malah banyak masalah ya setelah O/H.
Asep putih keluar dari filter udara, dinding selinder gak di OS, start susah...

Asep putih keluar sewaktu susah start atau mesin sudah jalan? Saya ragu kalau keluar swaktu mesin udah jalan, soalnya kalau udah jalan mekanisme hisap dan buang seharusnya bekerja baik! kalau analisa teman-teman yang lain bilang seal klep gak becus di pasang atau yang lain-lain berarti ni montir gak punya pengalaman O/H. Ini baru mesin SOHC (cam yang harus diatur cuma satu jadi gak mungkin meleset) gimana yang DOHC I-VTEC dll...

Asep putih biasanya adalah hasil tendangan BBM dan udara oleh piston yang gak dapet pengapian, berarti timing meleset, no wonder start susah banget karena bbm gak dibakar, mekanisme hisap dan buang gak berjalan baik.

Kenapa saya bisa analisa begini karena saya pernah ngalamin juga, tapi ini montirnya saya sendiri! hahaha...gara-gara timing meleset, dapet tendangan asep putih dan susah start.

Maaf ya om jadi sewot gini...
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by saitama » Tue Dec 15, 2009 11:59 am

Hmmmmm...... Coba cek posisi timing ud bener blm... Tktnya mbleset 1 atw 2 gigi.... Posisi timing hrs bnr2 0 (nol) ada tandanya kok d casing askruk...
Kl msh ttp coba turun head ajah.. Cek smua dinding boring piston ad yg luka ga?? Piston oblak ga?? Cek lg klepnya... Ud bnr2 g bocor?? Tes pake kucuran bensin... Cek per klep, seal klep, bos klep dlm kondisi terpasang.. Oblak ga?? Tktnya kebalik pasang in-ex nya...

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by ariphrp » Tue Dec 15, 2009 12:49 pm

bisa jadi kek pengalaman saya udah ganti piston dll.. ternyata nggak di Over sized.. bengkelnya merintis karir dari mbetulin pompa dragon kali ya.. :))

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by pauluspaska » Tue Dec 15, 2009 1:26 pm

Yang disebutin mbah Saitama itu mah prosedur montir yang teliti dan pro....
tapi gak usah berburuk sangka deh....coba minta pertanggungjawaban montir.

Montir kepala saya yang membantu turun mesin kemarin kasih jaminan mobil bisa lebih baik walau yang ngerjainnya montir-montir muda, dan memang benar...

Bongkar ulang, coba wawancara montirnya, tanya-tanya gitu biar kita tahu dia udah ngerjain apa aja...siapa tahu dia cuma tahu bongkar pompa dragon...:))
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
saitama
GC Whore
GC Whore
Posts: 4056
Joined: Thu Jun 26, 2008 11:49 pm
Location: AKDP Surabaya-Madiun
Contact:

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by saitama » Tue Dec 15, 2009 1:34 pm

Bused... Gw ud jd mbah y om paul... Hahahaha..... Berasa tua deh..... Hahahaha....

Yg psti smua hrs d cek... Jgn sll percaya.. Krna itu mbl qt.. Duit qt... Yg pake qt... Jd yg brhak nyuruh jg qt.. Gitu...

[Post made via Mobile Device] Image

cipik90
GC Lover
GC Lover
Posts: 326
Joined: Mon May 26, 2008 7:22 pm

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by cipik90 » Wed Dec 16, 2009 6:44 am

urun rembug dikit ya...
1. Lubang breather adanya di head cover jadi kalo waktu start keluar asap putih kemungkinannya sbb :
- klep in - out tdk menutup sempurna sehingga kompresi di ruang bakar dengan panas tinggi masuk ke ruangan head cover
dan membuat oli di ruang tersebut terbakar sehingga muncullah asap putih
2. Asap putih keluar dari karburator / filter udara kemungkinannya sbb :
- titik pengapian atau advance vacuum belum pas sehingga pada saat terjadi kompresi klep in msh terbuka maka gas
yg terkompresi keluar lewat klep in tsb dan masuk ke karburator / filter udara
3. Asap putih keluar lewat lubang knalpot kemungkinannya sbb :
- sehabis turun mesin itu suatu hal yg biasa spt dibilang om jarno tunggu saja 1 - 2 hari karena msh banyaknya oli yg
'berceceran' di sepanjang ruang bakar shg ikut terbakar
- kalo asap masih keluar terus baik saat di injak pedal gas maupun tidak artinya ring piston tdk 'ngeplak' dengan dinding
silinder (proses turun mesin harus diulang)
- kalo asap putih keluar saat pedal gas diinjak artinya ada kebocoran di klep out, bisa dari sealnya yg kurang bagus atau skir
klepnya yg kurang rapi (proses turun 1/2 mesin lagi)

CMIIW.....
salam

doenz
GC Noob
GC Noob
Posts: 162
Joined: Wed Apr 29, 2009 5:25 pm

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by doenz » Mon Dec 21, 2009 10:52 pm

mo nambahin pengalaman ni,,dulu sebelum delco mati total punya saya jg gt,,keluar asep putih dari lubang saringan udara,,,ga tau knapa ya?kejadiannya setiap mobil di start...

ilham.hitech
GC Noob
GC Noob
Posts: 60
Joined: Tue Dec 08, 2009 11:00 pm

Re: [HELP....]Asep Putih keluar lewat Filter Udara

Post by ilham.hitech » Thu Dec 24, 2009 11:48 pm

Problem solved....,
Ternyata Liner nya udah ga rata, terus di oversize ke 050, Blok mesinya di rebuild biar center lagi, sebelum direbuild kruk as nya susah banget muternya..mungkin itu yg bikin startnya susah ditambah kompresi yang tidak sempurna karena permukaan linernya yg ga rata yg menyebabkan ga ada tenaga. akhirnya ganti Piston dan ring piston OS 050. metal jalan dan metal duduk juga di ganti. Sekarang udah normal saat ini dalam masa reyen(bnr ga tulisnya....mohon maaf kl salah). Thanks buat GC ers yang telah membantu memberi saran. GC.com emang top markotop. Thanks

Post Reply