mesin susah nyala kalau pagi.

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Mon Mar 15, 2010 2:13 pm

zulindra wrote: tuk ngilangin bunyi nembak kyk gitu, posisi delco harus diapain ?, trus untuk setting idlenya gimana ? apa cuma main di setelan angin dan gas ?
Sharing cara tune-up ya, klo ada yg nambahi dgn senang hati boleh disharing
kita asumsikan kondisi mobil sehat ya, posisi mesin dah panas:
1. setelan idle/angin dibuka sampe langsam mobil dapet yang paling tinggi.
2. terus turunkan setelan throttle/gas ke minimum, ke rpm terendah.
3. diulangi langkah 1 - 2 sampe didapet rpm paling rendah banget.
4. dimundurin delconya sampe dapet bunyi knalpot agak batuk
5. majuin delco lagi 1-2mm
6. tutup idle 1/4 -1/2 puteran
7. kembalikan setelan gas ke 800rpm (manualnya 750 rpm)

untuk point 6 tergantung selera sih, ditutup aga banyak biar irit jg boleh, resikonya start dinginnya aga susah.
atau klo bisa pake gas analyzer paling afdol, klo pake hidung cari posisi bau sangitnya ilang.

Klo knalpot nembak waktu engine break di turunan, itu setelan idlenya terlalu irit.

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by cokgus » Mon Mar 15, 2010 5:34 pm

onta wrote:
Sharing cara tune-up ya, klo ada yg nambahi dgn senang hati boleh disharing
kita asumsikan kondisi mobil sehat ya, posisi mesin dah panas:
1. setelan idle/angin dibuka sampe langsam mobil dapet yang paling tinggi.
2. terus turunkan setelan throttle/gas ke minimum, ke rpm terendah.
3. diulangi langkah 1 - 2 sampe didapet rpm paling rendah banget.
4. dimundurin delconya sampe dapet bunyi knalpot agak batuk
5. majuin delco lagi 1-2mm
6. tutup idle 1/4 -1/2 puteran
7. kembalikan setelan gas ke 800rpm (manualnya 750 rpm)

untuk point 6 tergantung selera sih, ditutup aga banyak biar irit jg boleh, resikonya start dinginnya aga susah.
atau klo bisa pake gas analyzer paling afdol, klo pake hidung cari posisi bau sangitnya ilang.

Klo knalpot nembak waktu engine break di turunan, itu setelan idlenya terlalu irit.
kalo stelan pas AC nyala pegimana om?
Nyang point 1 tingginya sgmana?,nyang poin 2 rendahnya sgmana?.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by zulindra » Mon Mar 15, 2010 8:25 pm

Sharing cara tune-up ya, klo ada yg nambahi dgn senang hati boleh disharing
kita asumsikan kondisi mobil sehat ya, posisi mesin dah panas:
1. setelan idle/angin dibuka sampe langsam mobil dapet yang paling tinggi.
2. terus turunkan setelan throttle/gas ke minimum, ke rpm terendah.
3. diulangi langkah 1 - 2 sampe didapet rpm paling rendah banget.
4. dimundurin delconya sampe dapet bunyi knalpot agak batuk
5. majuin delco lagi 1-2mm
6. tutup idle 1/4 -1/2 puteran
7. kembalikan setelan gas ke 800rpm (manualnya 750 rpm)

untuk point 6 tergantung selera sih, ditutup aga banyak biar irit jg boleh, resikonya start dinginnya aga susah.
atau klo bisa pake gas analyzer paling afdol, klo pake hidung cari posisi bau sangitnya ilang.

Klo knalpot nembak waktu engine break di turunan, itu setelan idlenya terlalu irit.
GC saya kalo lagi dingin, idlenya lama banget. trus harus nginjek gas supaya gak mati. padahal settingan RPM pada saat mesin panas 800. kira2 masalahnya apa ya ?

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by ariphrp » Tue Mar 16, 2010 4:37 am

gak ada lagi thermostatnya kali Oom.. dah ditjaboet kali ya?

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Tue Mar 16, 2010 9:04 am

cokgus wrote: kalo stelan pas AC nyala pegimana om?
Nyang point 1 tingginya sgmana?,nyang poin 2 rendahnya sgmana?.
klo ac nyetelnya sesuai selera, mo ikut manual monggo, klo saya ambil di 1OOO, soale alternator dah minta ganti lg.

Point 1 cari langsam paling smooth
point 2 ya paling rendah, asal ga mati.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by zulindra » Tue Mar 16, 2010 9:47 am

ariphrp wrote:gak ada lagi thermostatnya kali Oom.. dah ditjaboet kali ya?
Wah, pencerahan nih. karena kemarin pas habis bongkar evaporator baru muncul masalahnya. btw, letak thermostat dimana sih ?
ada pic nggak nih ?

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by cokgus » Tue Mar 16, 2010 3:06 pm

Fungsi throttle stop screw ap ya?..

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by ariphrp » Tue Mar 16, 2010 3:39 pm

zulindra wrote:
Wah, pencerahan nih. karena kemarin pas habis bongkar evaporator baru muncul masalahnya. btw, letak thermostat dimana sih ?
ada pic nggak nih ?
Ini posisinya Oom..

kalo dari depan kap mesin adanya dibalik blok mesin sebelah kiri
thermostat.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

jonidesobry
GC Noob
GC Noob
Posts: 23
Joined: Mon Oct 26, 2009 1:23 pm

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by jonidesobry » Thu Mar 18, 2010 7:51 am

onta wrote:Bunyi ciit itu bunyi tali ada yg kendor.
Klo ga tali alternator ya power steering.
Kmrn punyaku jg gitu, ganti dewe tali alternator ilang bunyinya.
Kondisi normal, mesin klo dingin susah nyala, tandanya terlalu irit setelan idlenya.
iya om, kemarin baru ganti tali alternator, apa mungkin karena msh baru y?
cokgus wrote:tali alternator ato power kalo udah usur bs bunyi ciiiitttt aplg pg hr krn suhu dingin bkin karet padet jd kurang megang di pulley,biasanya bunyinya cit cit cit trus gt tp kalo dah panes ilang karena karet ngembang dkit/melunak dkitlah,sesuai pngalaman wkt di daihatsu Foreza dl sh..
Nah klo bunyinya cicit cicit cuit kmungkinan anak tetangge lg nyanyi..heheh
bener om, kl udah panas udah gak bunyi lagi, kl pas mobil abis keujanan trus dipake jln tnp dipanasin itu malah bunyi terus wlpun jln udah agak jauh :-?

btw, bukan anak tetangga om, tp burung tetangga =))
tp burung beneran loh y :lol:

User avatar
onta
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1107
Joined: Sun May 25, 2008 7:37 am
Contact:

Re: mesin susah nyala kalau pagi.

Post by onta » Thu Mar 18, 2010 10:56 am

Coba di cek masang talinya masih kendor ga?
Kira2 klo ditekan tali nganyun batasnya 1cm.
Klo masih bunyi ganti tali yg bagusan aja.

[Post made via Mobile Device] Image

Post Reply