Masalah AC

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
Post Reply
vlash
GC Noob
GC Noob
Posts: 7
Joined: Sun Apr 25, 2010 1:51 pm

Masalah AC

Post by vlash » Sun Apr 25, 2010 2:05 pm

Allloww, mohon petunjuknya nih, AC GC ane bermasalah, ada 2 case:
1. AC GC bunyi nguiiiing-nguiiiiing tiap kali gas pas jalan mobilnya, tp waktu AC dimatiin bunyi nguiiiing-nguiiing wkt jalannya juga ilang, kayaknya sumber bunyi dah pasti dr kompressor AC,
cmn ane msh bingung aja kira2 yang bikin bunyi dari bearing AC ato timing belt mbl-nya. Ada yang pernah pengalaman sama? mohon inputnya sebelon ane bw ke bengkel AC.
2. Masalah kedua, GC RPM-nya suka tau-tau naek ke 1500 waktu AC-nya nyala & waktu RPM naek kyk gitu AC kaga dingin, tapi biasanya didiemin bberapa lama sambil jalan ntar RPM-nya
kembali normal lagi & AC kembali dingin lagi. FYI, settingan idle RPM mbl waktu AC on & off ane setel selalu sama di 800-900an.
Mohon masukan dari pengalamannya yah, kira-kira ada yang pernah ngalamin penyakit gini & betulinnya gmana akhirnya?
FYI GC ane LX'89

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Masalah AC

Post by ariphrp » Sun Apr 25, 2010 2:19 pm

Seperti biasanya Oom.. baiknya kenalan dulu..

masuk aja di thread introduction http://www.grandcivic.com/viewforum.php?f=5" onclick="window.open(this.href);return false;

Kalo masalah AC kelihatannya di Compressor ACnya.. bisa jadi kopling magnet kompressor dan bearingnya udah minta opname.

Tapi tetep baiknya kenalan dulu.. :)

vlash
GC Noob
GC Noob
Posts: 7
Joined: Sun Apr 25, 2010 1:51 pm

Re: Masalah AC

Post by vlash » Sun Apr 25, 2010 4:20 pm

Wha iya om, sorry br ngeh, ada thread perkenalannya ehehehe
kalo opname gtu mksdnya compressornya musti dibongkar trus msh bisa dibenerin ato diganti semua kompressornya?
pengalaman selama ini kalo ke bengkel2 AC nanya buat service kompressor GC (dulu wkt ngorok) selalu disuruh ganti kompressornya, pada kaga ad yg mau bongkar buat service,
alasannya kompressor rotary susah benerinnya, kl mo ganti jg susah nyari barang barunya, kl mao copotan....

mmm jd gimana nih, ada saran buat ane repair ke bengkel AC yg recommended dmana? kl bs skitaran Jak-Bar

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: Masalah AC

Post by ariphrp » Sun Apr 25, 2010 4:33 pm

Bengkel AC yang bisa benerin kompressor AC Rotary di sekitar senayan ada.. siapa ya namina? Mang Yadi gitu? coba browse di arsip forum deh oom..

Kalo saya memang baru aja ganti copotan ex-tumasik :) dapet 850rb aje di Pasar palmerah oom.. sama dryer + expansi total setelah nego dapet 1,1 jt oom.. lihat di sini aja di sini
http://www.grandcivic.com/viewtopic.php ... 949#p74949" onclick="window.open(this.href);return false;

mboel
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1424
Joined: Sun Jun 08, 2008 5:39 pm

Re: Masalah AC

Post by mboel » Sun Apr 25, 2010 7:17 pm

Biasanya pda ke mang yadi om di daerah patal senayan..udh lmyn b'pengalamanlah soal ac&dia jg terima service ac rotary..
Soal harga jg msh reasonable kok..
Kmrn bru service kompresor ac,kodensor,ganti werstan,ganti slang yg 3/4,freon semuanya cm 600k :)

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
nouvaricko
GC Noob
GC Noob
Posts: 69
Joined: Sun Apr 04, 2010 11:25 am

Re: Masalah AC

Post by nouvaricko » Tue Apr 27, 2010 8:53 pm

klo ane taunya nguing gara2 storing audio...
klo ac g pernah (klo bisa jgn.. :D)

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: Masalah AC

Post by Kurniawan dicky » Wed Apr 28, 2010 9:56 am

Masalah no 2 GC saya pernah alamin om... kalo dibawa jalan macet siang hari, compressor AC panas dan mati sendiri, sehingga AC gak dingin dan rpm naik...dimatiin sejenak baru bisa normal lagi atau kalo jalan lancar sembuh sendiri.... Sembuh setelah isi freon plus ganti filter dryer. kata bengkel Penyebabnya ternyata compressor kekurangan oli dan tekanan freon terlalu tinggi, jadi compressor bekerja berat cepet panas, di compressor ada thermal proteksi, jadi kalo panas compresssornya mati...

Post Reply