Temp Radiator dan Air Radiator

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
purwana
GC Noob
GC Noob
Posts: 34
Joined: Thu Oct 15, 2009 3:17 pm

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by purwana » Wed Dec 16, 2009 9:40 am

kalo, mesin di gas 2000 rpm, tutup radiator dibuka air radiator malah "muntah/meluber" normalkah ???kira2 apanya ya ??? ( ngk mengalir deras seperti yang di jelaskan mas pauluspaska)

User avatar
pauluspaska
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1530
Joined: Thu May 22, 2008 1:27 pm

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by pauluspaska » Wed Dec 16, 2009 11:11 am

Kelihatannya pompanya masih bagus tuh om Pur, tapi radiatornya yang mampet...

aliran dan tekanan air radiator itu mencari pelepasan, jadi kalau mampet ya akibatnya dia muncrat-muncrat...
Grandcivic Kaca Gelap

User avatar
nareswari
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1151
Joined: Thu Nov 05, 2009 2:54 pm
Location: Tasikmalaya - Bandung - Cimahi
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by nareswari » Wed Dec 16, 2009 3:08 pm

arozi wrote:
eits... ati-ati itu gejala yang hampir saya alami kemarin beberapa minggu sebelum jebol mesin. L-)
cepetan kuras radiator (bisa jadi banyak kerak, sumbatan atau sistem sirkulasi air yang macet entah selang, water pump, dll) jangan dibiarkan ..... dulu saya dah dinasihatin banyak tetua GC tapi nggak nurut. =;

Parahnya kalo dibiarin lama dan sering, air di radiator tetap kurang, air sebagian melintas ke blok mesin dan sebagian masuk ke cadangan. Biarkan sebentar hari pasti mesin dah melenting..... (wajib turun setengah). Padahal setiap pagi kita pasti jarang buka si tutup radiator dan cek air radiator tapi hanya melihat tinggi air di cadangan radiator... ya gak ? :-$

dan ini ada tips dari om PP (paulus paska) menjawab tentang cek sirkulasi :

Re: cek waterpump
Sent at: Tue Dec 15, 2009 11:09 am
From: pauluspaska
To: arozi

Coba diperiksa saat mesin hidup Kang,
Tapi sebelumnya buka tutup radiator dulu, nyalakan mesin selama 30 menit dan lebih, sambil menunggu kipas radiator menyala, bisa bebersih mesin pakai solar.

Biasanya setelah 30 menit thermostat sudah bekerja.
Untuk memeriksa kekuatan pompa air, periksa waktu idle apakah sewatku thermostat membuka, aliran air di radiator terjadi.
Dan memeriksa kekuatan pompa waktu mesin berputar tinggi, gas mesin diatas 2000 rpm apakah air mengalir deras juga di radiator.

BRAVO OM PP !
waduh, nambah lagi nih PR buat si putih...
iya juga sih Kang kemaren rada was was pas tau ada kedengar suara air mendidih.. kuras radiator deh brarti.. :roll: :cry:
nerazzuriGC wrote:allahhuakbaaarrr....... mobilnya bikin dzikir mulu neh, supaya dapet rejeki bikin kaya gitu.. hahahahaha..... TOB OOOM!! POOLLL!
arozi wrote:huwaduhhhh
thx om kalo ni mobil bisa bikin tobatan nasuha
hahahahaha

User avatar
arazhi
GC Noob
GC Noob
Posts: 78
Joined: Wed Feb 17, 2010 9:38 pm

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by arazhi » Sun Jun 06, 2010 9:26 pm

kalo pake air isi ulang gimana bagus gak ya....

arsya
GC Noob
GC Noob
Posts: 42
Joined: Thu Apr 29, 2010 1:27 pm

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by arsya » Mon Jun 07, 2010 11:49 am

Kalo berdasarkan Teori :
1. Penyebab Korosi/Karat adalah kadar keasaman dari Air Radiator itu, Normal pH = 7 kalo kurang dari 7 berarti Asam, kalo lebih berarti Basa. Kalo basa biasanya banyak mengandung endapan.
2. Kadar Mineral dalam air itu sendiri (Fe = Besi) makin tinggi ya makin cepat korosinya..

Saran saya, coba cek pH pake kertas Lakmus, kalo pH=7 mudah2 an awet radiatornya. lebih afdolnya dicek juga kadar mineralnya.

Kalo pake Coolant, harus diliat dulu komposisi bahannya. Biasanya kalo Coolant yg bermerek campurannya Air Distilat + Coolant. kalo yg abal-2 belum tau juga komposisinya. Biar yakin mending meramu sendiri aja, Air distillat + Coolant.

User avatar
nanangsurya
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1837
Joined: Fri Jul 10, 2009 2:54 pm
Location: antar pulau - dalam provinsi
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by nanangsurya » Mon Jun 07, 2010 2:11 pm

arazhi wrote:kalo pake air isi ulang gimana bagus gak ya....
the best pake air destilasi aja om.....pake ajah air accu (bukan accu zuur lhooo).....tapi yang bermerk/yang bagus selierna..sekitar 4000-6000K, klopake isi ulang ntar mineralna mengendap om...
087851129898
http://www.facebook.com/nanang.surya.h
https://twitter.com/nanangsoerjah
...bukan hanya sekedar mobil yang bikin berat ninggalin ni EF.....tapi rasa persaudaraan disini yang lebih terasa memberatkan...

User avatar
cokgus
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 753
Joined: Fri Jan 15, 2010 11:01 am
Location: Gianyar-Bali
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by cokgus » Mon Jun 07, 2010 4:43 pm

Pake prestone aj om.Hehe

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Patric_Star
GC Whore
GC Whore
Posts: 3925
Joined: Wed Apr 01, 2009 12:38 pm
Location: Malang - Yogyakarta - Jakarta
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by Patric_Star » Mon Jun 07, 2010 8:00 pm

nanangsurya wrote:
the best pake air destilasi aja om.....pake ajah air accu (bukan accu zuur lhooo).....tapi yang bermerk/yang bagus selierna..sekitar 4000-6000K, klopake isi ulang ntar mineralna mengendap om...
cari air accu d toko yg tutupx warna biru, niy jg rekomendasi dari majalah n tabloid B-) B-)

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: Temp Radiator dan Air Radiator

Post by zulindra » Tue Jun 08, 2010 5:03 am

cokgus wrote:Pake prestone aj om.Hehe

[Post made via Mobile Device] Image
Setuju dengan om yang ini !! :smile:

Post Reply