kalo ngeliat berita, di tipi ato internet, sekarang ini di Jakarta tampaknya lagi musim rusak fuel pump... katanya sih yang ditengarai jadi penyebabnya adalah kualitas premium yang kurang baik... tapi entah bener ato engga, karena pihak pertamina sendiri bersikeras bahwa premiumnya sudah sesuai dengan standar dari BPH Migas.. malah pertamina menyarankan agar mobil keluaran tahun 2005 ke atas supaya menggunakan pertamax saja.. dan mentri ESDM juga menganjurkan hal yang sama dengan kata yang lebih halus dan menyebutkan kemungkinan kualitas dari fuel pump itu sendiri yang bermasalah... namun entah mana yang benar atau siapa yang salah, yang pasti masing2 pabrikan mobil sedang meneliti apa yang menjadi penyebab rusaknya fuel pump... (detik.com)...
nah, terlepas dari itu semua, ada yang menggelitik hati saya...
1. mobil keluaran 2005 ke atas banyak yang fuel pumpnya rusak, apakah ada kemungkinan terjadi juga untuk mobil keluaran 90an (baik gc maupun yg lain) baik injeksi maupun karburator??
2. pernyataan pertamina, bahwa mobil seharusnya menggunakan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesinnya, supaya mesinnya tidak rusak... nah, setau saya, oktan kan hubungannya dengan pembakaran yang ada di mesin... trus hubungannya fuel pump dengan oktan apa yah?? mengingat fuel pump terendam di tangki bensin bukan di mesin atau engine bay...
3. penggunaan bbm supaya disesuaikan dengan kompresinya... logikanya mobil berkompresi rendah kan bisa pake premium.. namun nyatanya ternyata ada karim*n (kompresi 8,8) ternyata rusak juga fuel pumpnya... apa harus pake pertamax semuanya, mengingat pemakai pertamax tidak ada keluhan seperti ini?? trus kalo kompresi rendah pake pertamax apa ga mubadzir??
4. trus, kira2 apa yang harus kita lakukan supaya fuel pump kita awet?? selain menggunakan pertamax tentunya.. kalo beralih ke provider bbm lain, kayanya yang repot di kota kecil...
ini mah hanya share aja yah... saya tidak menjudge siapa yang salah atau apa yang benar... cuma pengen share aja... piss...
![Big Grin :D](./images/smilies/4.gif)