help. olie kecampur air.

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
kova
GC Noob
GC Noob
Posts: 22
Joined: Fri Sep 04, 2009 7:47 am

Re: help. olie kecampur air.

Post by kova » Mon Sep 13, 2010 9:40 am

fasc wrote:swap mesin aja sekalian om..
ganti head vtec abis sekitar 3-5 jutaan
kalo block bawah uda kropos (water jacketnya) mending ganti sekalian, bisa pake zc katanya lebih kuat, daripada dibenerin lebih mahal, hasil juga ndak dijamin
iya nih... ini lagi tawar menawar.... kao yang ini bisa gak ya? http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5035278" onclick="window.open(this.href);return false; enaknya pake dual carb ato single carb? kalo pasang yang bagus dimana (kota yang jaraknya sama jogja, solo sm sby).
kalo block bawah gak kropos. yang kropos headnya.
kalo zc bei dimana ya? ubek2 blom nemu.

User avatar
cebong
GC Noob
GC Noob
Posts: 196
Joined: Fri Jan 29, 2010 12:20 am

Re: help. olie kecampur air.

Post by cebong » Mon Sep 13, 2010 3:55 pm

kova wrote: enaknya pake dual carb ato single carb?
dualcarb om maknyus.... :D

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: help. olie kecampur air.

Post by krisnadew » Mon Sep 13, 2010 6:13 pm

Bisa jd head udah molet ato ada yg keropos, di papas aja / diratain ulang, kl pake paking 4 lapis sih bs dipasang juga itu bawaan genio, kl GC 3 lapis om..terserah pas nya pake paking yg mana sesuai dng kondisi head.. :) ..sy msh pny 2 paking 4lapis & 3lapis hahaha.. :))
Kl mesin ga dipake buat mainan ,mendingan pake short block ori aja om, kec mmg kondisi udah ga memungkinkan baru swap zc, krn kl swap mesti ketok no-sin, jd ribet ntar kl pajak 5 taunan musti naikin mesin yg asli..

[Post made via Mobile Device] Image

kova
GC Noob
GC Noob
Posts: 22
Joined: Fri Sep 04, 2009 7:47 am

Re: help. olie kecampur air.

Post by kova » Mon Sep 13, 2010 9:45 pm

krisnadew wrote:Bisa jd head udah molet ato ada yg keropos, di papas aja / diratain ulang, kl pake paking 4 lapis sih bs dipasang juga itu bawaan genio, kl GC 3 lapis om..terserah pas nya pake paking yg mana sesuai dng kondisi head.. :) ..sy msh pny 2 paking 4lapis & 3lapis hahaha.. :))
Kl mesin ga dipake buat mainan ,mendingan pake short block ori aja om, kec mmg kondisi udah ga memungkinkan baru swap zc, krn kl swap mesti ketok no-sin, jd ribet ntar kl pajak 5 taunan musti naikin mesin yg asli..

[Post made via Mobile Device] Image
Kalo baca tulisan om badooy yang ini
badooy wrote:SOHC VTEC-E (Civic Ferio)
VTEC point ada di rpm 4800. mekanisme VTEC jenis ini, dari rpm 1000 s/d 4800, dari 16 valve yg ada, yg terbuka cuman 12 valve dan itupun tidak terbuka full 100% (let say 70% yg terbuka).... setelah rpm mencapai 4800, VTEC ON, 4 valve sisa terbuka 100% bersamaan dgn 12 valve tadi juga terbuka 100%..... pada saat inilah "tendangan" tenaga benar-2 terasa sampe kenaikan maksimum di rpm 6300. inisial "E" mengindikasikan mekanisme kerja valve dari 12 valve ke 16 valve.

- SOHC VTEC (City Type Z)
VTEC point ada di rpm 4800. mekanisme kerja VTEC jenis ini, dari rpm 1000 s/d 4800, dari 16 valve yg ada, semua 16 valve tsb terbuka SEMUA tapi masih dalam posisi terbuka sekitar 70%. pada saat rpm mencapai 4800, VTEC ON...... 16 valve yg cuman terbuka 70% tadi, sekarang jadi terbuka 100%...... di sini juga "tendangan" tenaganya akan benar-2 terasa sampe maksimum di rpm 6300.

- SOHC 3 Stage VTEC (Civic Ferio VTi JDM)
mekanisme kerja VTEC jenis ini adalah perpaduan antara VTEC-E dgn VTEC Power. di bawah 2500 rpm, dari 16 valve yg ada, cuman 12 valve yg bekerja (terbuka 70%)..... di atas 2500 rpm s/d 6000 rpm, VTEC-E bekerja dgn membuka 12 valve menjadi 100%. di atas 6000 rpm, VTEC Power bekerja, 4 valve sisanya akan terbuka juga 100% bersamaan dgn 12 valve yg udah terbuka duluan...

note :
- inisial "E" berarti mekanisme 12 valve ke 16 valve
- vtec power berarti dari awal 16 valve udah terbuka semua
- ......koreksi gw kalo emang gw salah...

mekanisme VTEC secara umum :
- mesin VTEC punya camshaft yg terdiri dari 2 cam-lobe yg posisinya bersebelahan. cam-lobe itu berupa "benjolan" yg berbeda panjangnya yg terdapat di "sekujur" batang camshaft. cam-lobe ini bertugas untuk menggerakan rocker-arm. kedua cam-lobe tsb mendapat sebutan "wild cam-lobe" dan "mild cam-lobe". wild cam-lobe (yg bentuknya lebih panjang) akan membuka-kan katup lebih cepat, melebarkan bukaan katup dan menutup katup lebih cepat jika dibandingkan dgn mild profile. VTEC menggunakan aktuasi pin secara hidrolik untuk "menyelaraskan" kerja mild-cam rocker arm dan wild-cam rocker arm. kedua rocker arm ini akan bekerja secara bersamaan mengikuti kinerja wild-cam profile. di sinilah yg dinamakan dgn VTEC ON......

DOHC VTEC
- di dalam DOHC VTEC, pada camshaft di"tambahkan" dgn sebuah cam-lobe (di kedua intake & exhaust) yg posisinya ada di tengah mild cam-lobe, sehingga pada cam DOHC VTEC, ada 3 cam-lobe..... 1 wild cam-lobe yg posisinya di tengah, 2 mild cam-lobe yg posisinya "mengapit" wild cam-lobe. karena wild cam-lobe ada di kedua Intake & Exhaust Valve, dan ada 2 Camshaft, maka disebut DOHC VTEC.....

SOHC VTEC
- untuk SOHC VTEC, wild cam-lobe diletakkan di bagian Intake Valve (Katup Masuk) di antara 2 rocker arm. wild cam-lobe untuk Exhaust Valve (Katup Keluar) dipisahkan oleh 2 rocker arm Exhaust. karena wild cam-lobe ada di satu sisi Intake Valve, maka disebut SOHC VTEC.....

SOHC VTEC-E
- sesuai namanya "E" yg artinya Economy, maka mekanisme VTEC ini "ditambahkan" dgn "menyempurnakan" Air Fuel Ratio di Combustion Chamber (Ruang Pembakaran) agar lebih efisien. VTEC-E bekerja dgn cara "deactivated" satu Intake Valve di dalam VTEC-E, ada 1 cam-lobe Intake yg "tidak beroperasi".... ini artinya, dari 8 Katup Masuk dan 8 Katup Keluar (total 16 Katup), hanya ada 4 Intake Valve dan 8 Exhaust Valve yg bekerja (12 Valve Mode). VTEC di sini digunakan untuk "mengaktifkan" 1 cam-lobe Intake yg "standby". jadi pada saat VTEC ON, maka secara otomatis 1 cam-lobe Intake tadi akan bekerja bersamaan dgn 12 Katup sebelumnya, artinya pada Mode VTEC, semua 16 Katup akan bekerja.

3-Stage VTEC
- 3 Stage VTEC merupakan "merger" ato penggabungan mekanisme SOHC VTEC dgn SOHC VTEC-E secara logical (no mechanical added in this mechanism). 3-Stage VTEC merupakan pengembangan dari SOHC VTEC yg bertujuan untuk Power & Economy....... betapa cerdik-nya Engineer Honda..... mekanisme kerjanya adalah sbb :
1st Stage, Intake rocker arm mempunyai 2 pin VTEC Aktuasi. SOHC VTEC-E Aktuasi Pin diletakkan di atas Camshaft, sedangkan SOHC VTEC Aktuasi Pin diletakkan di posisi wild cam-lobe seperti biasanya. di bawah 2500 rpm, Pin akan mengaktifkan SOHC VTEC-E sehingga s/d 2500 rpm ini hanya akan bekerja 12 Katup (4 Katup Masuk & 8 Katup Buang) yg digerakkan oleh mild cam-lobe (wild cam-lobe dalam posisi standby). di sini akan terjadi "efisiensi" pembakaran yg benar-benar sempurna (baca : IRIT-nya nggak ketulungan)..... selanjutnya 2nd Stage, posisi di atas 2500 rpm tapi di bawah 6000 rpm, 1 Intake cam-lobe yg masih "standby" akan bekerja, sehingga pada 2nd Stage ini akan bekerja 16 Katup Masuk & Buang yg digerakkan oleh mild cam-lobe. setelah itu, pada posisi di atas 6000 rpm, disebut 3rd Stage, maka SOHC VTEC Pin Aktuasi akan "memperkerjakan" Wild Cam-Lobe yg tadinya standby...... di posisi inilah Power Mesin benar-benar "ada"........

1. DOHC VTEC ...... 2 Camshaft, 16 Valve Mode, VTEC pada sisi Intake & Exhaust (contoh : B16A, B16B, B18C, H22 dll) ...... yg ini Sejatining VTEC (VTEC Sejati)
2. SOHC VTEC ...... 1 Camshaft, 16 Valve Mode, VTEC hanya pada sisi Intake (contoh D16Y ..... yg ini VTEC Power (Belum Sejati)
3. SOHC VTEC-E ..... 1 Camshaft, 12 Valve to 16 Valve Mode, VTEC hanya di sisi Intake (D16Y5) .... yg ini VTEC Ekonomis ato VTEC Banci
4. 3-Stage VTEC ...... Merger SOHC VTEC-E dgn SOHC VTEC (D15B) .... yg ini namanya VTEC Ekonomis & Power......
keliatannya saya tertarik pake head vtec. gimana om? keliatannya vtec ada yang bisa untuk urusan irit.
Kalo headnya saja kan no mesin masih ada <-- yang ini juga baca dari trit sebelah.
pliss om kasih saran yang best value... mumpung blom terlanjur beli head vtec... orang bengkel juga nyaranin pake head yang sama... dia bilang "percuma pake vtec kalo masih pake carbu" apa betul seperti itu?

User avatar
krisnadew
GC Whore
GC Whore
Posts: 2370
Joined: Thu Jun 19, 2008 9:44 pm
Location: semarang-yogyakarta
Contact:

Re: help. olie kecampur air.

Post by krisnadew » Tue Sep 14, 2010 9:29 pm

Kalo pemikiran percuma pake karbu kl dikombinasi dng head vtec sy rasa kurang tepat om..
Secara skr aja sy juga pake, dan baek* aja, mau mnt lari brp, tinggal nyali aja, juga ga kalah dng city-z ..malahan enak mau oper di rpm 8000 ga kena limiter.. :)

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
gcabang
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1354
Joined: Thu May 22, 2008 2:17 pm
Location: Gresik - Sidoarjo
Contact:

Re: help. olie kecampur air.

Post by gcabang » Thu Sep 16, 2010 7:47 am

krisnadew wrote:Kalo pemikiran percuma pake karbu kl dikombinasi dng head vtec sy rasa kurang tepat om..
Secara skr aja sy juga pake, dan baek* aja, mau mnt lari brp, tinggal nyali aja, juga ga kalah dng city-z ..malahan enak mau oper di rpm 8000 ga kena limiter.. :)

[Post made via Mobile Device] Image
wah sampai di 8k om , serem jg ne , kl ga sehat bener bisa jebol tu mesin :shock: :-o
EF 90 Dualcarb SOHC Vtec

Post Reply