irwans85 wrote:Lha ini ahli permesinan jogja nongol...Itu knapa y om adi?? Soale diliat dr bbrp tmen normal2 aj kalo lampu dihidupkan..
[Post made via Mobile Device]
weeeee......saya bukan ahli Om....
saya juga sempet penasaran sama masalah ini....ampe sekarang belum nemu jawabannya....
kalo analogi saya sih, waktu lampu nyala, beban listrik mobil jadi bertambah banyak (secara lampu utama tu watt nya gede), otomatis kerja alternator juga bertambah, otomatis (lagi) alternator lebih berat muter nya....akibatnya, mesin lebih berat waktu muter belt alternator, makanya RPM jadi turun....
di GC sih, kalo sepanjang yang saya tau, ngak ada vacum idle up khusus buat alternator (kalo vacum AC kan ada, jadi waktu AC di idup'in idle up bekerja buat ndorong vacum AC biar RPM nya naik)......
CMIW....
![Happy :)](./images/smilies/1.gif)