rpm idle...

discuss & share topics about maintenance, reparation, troubleshooting, or modification related to engine, electrical, or those under the hood that is related..
User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: rpm idle...

Post by adi_vostro » Fri Oct 08, 2010 12:22 am

irwans85 wrote:Lha ini ahli permesinan jogja nongol...Itu knapa y om adi?? Soale diliat dr bbrp tmen normal2 aj kalo lampu dihidupkan..

[Post made via Mobile Device] Image

weeeee......saya bukan ahli Om....

saya juga sempet penasaran sama masalah ini....ampe sekarang belum nemu jawabannya....
kalo analogi saya sih, waktu lampu nyala, beban listrik mobil jadi bertambah banyak (secara lampu utama tu watt nya gede), otomatis kerja alternator juga bertambah, otomatis (lagi) alternator lebih berat muter nya....akibatnya, mesin lebih berat waktu muter belt alternator, makanya RPM jadi turun....
di GC sih, kalo sepanjang yang saya tau, ngak ada vacum idle up khusus buat alternator (kalo vacum AC kan ada, jadi waktu AC di idup'in idle up bekerja buat ndorong vacum AC biar RPM nya naik)......
CMIW.... :)
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
adi_vostro
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1051
Joined: Sat Jan 02, 2010 10:33 pm
Location: jogja-semarang

Re: rpm idle...

Post by adi_vostro » Fri Oct 08, 2010 12:39 am

jadi ada pemikiran nih Om....
dari pengalaman Om om semua, ada yang nge drop waktu lampu di idupin, ada yang mobil nya normal2 aja waktu mesin di idupin...

mungkin sebab nya, perbedaan beban listrik dan kondisi alternator yang uda turun kinerja nya (akibat umur)....
semakin banyak alat2 yang memakai listrik mobil (power amplifier buat tape, relay tambahan buat bohlam lampu watt besar, fog lamp tambahan, dll) pasti kerja alternator tambah berat....beda sama mobil yang masih standar (ngak pake tambahan, besar watt lampu juga standard pabrik, pokoknya default pabrik) ngak akan terpengaruh ke idle up waktu lampu di idupin...

kondisi alternator juga bisa dijadikan sebab...mungkin alternator Om Om uda ngak prima lagi kinerja nya, jadi watt yang dihasilkan ngak sebesar waktu mobil pertama keluar dari pabrik...

just my opinion Om.... :)
Image
whity luphly hunny bunny sweety.......

User avatar
meneer
GC Whore
GC Whore
Posts: 5398
Joined: Thu May 22, 2008 10:12 am
Location: Indonesia
Contact:

Re: rpm idle...

Post by meneer » Fri Oct 08, 2010 2:53 am

idle : 800 [garis putih tanpa angka dibawah 1000]
ac on : 1000
lampu on ac off : 800 turun sikit lah
adeindra wrote:wahahahahaha....dasar anak muda masih pada pacar2an...
udah tua....jadi berasa tua beneran nih gue
gara2 pacaran dari kampus ama die eh...langsung jadi istri, kaga ngerasain yang laen deh.... :(


heheheh.,...jadi curhat

User avatar
kokoktama
GC Noob
GC Noob
Posts: 155
Joined: Mon Sep 27, 2010 12:17 pm
Location: Klaten - GunungKidul
Contact:

Re: rpm idle...

Post by kokoktama » Fri Oct 08, 2010 8:56 am

eh..klo gc ane..lampu utama idup lampu kabin langsung pada redup semua... Om om skalian sama ga? apa aki ane dah ga kuat ya?

User avatar
ariphrp
GC Whore
GC Whore
Posts: 5058
Joined: Thu May 22, 2008 10:06 am
Contact:

Re: rpm idle...

Post by ariphrp » Fri Oct 08, 2010 9:00 am

adi_vostro wrote:jadi ada pemikiran nih Om....
dari pengalaman Om om semua, ada yang nge drop waktu lampu di idupin, ada yang mobil nya normal2 aja waktu mesin di idupin...

mungkin sebab nya, perbedaan beban listrik dan kondisi alternator yang uda turun kinerja nya (akibat umur)....
semakin banyak alat2 yang memakai listrik mobil (power amplifier buat tape, relay tambahan buat bohlam lampu watt besar, fog lamp tambahan, dll) pasti kerja alternator tambah berat....beda sama mobil yang masih standar (ngak pake tambahan, besar watt lampu juga standard pabrik, pokoknya default pabrik) ngak akan terpengaruh ke idle up waktu lampu di idupin...

kondisi alternator juga bisa dijadikan sebab...mungkin alternator Om Om uda ngak prima lagi kinerja nya, jadi watt yang dihasilkan ngak sebesar waktu mobil pertama keluar dari pabrik...

just my opinion Om.... :)
bisa jadi Oom.. GC saya standar dar dar... :D sampe velg aja masih standar.. :))

User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 702
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: rpm idle...

Post by cutemaster » Sat Oct 09, 2010 11:13 pm

kokoktama wrote:eh..klo gc ane..lampu utama idup lampu kabin langsung pada redup semua... Om om skalian sama ga? apa aki ane dah ga kuat ya?
Sama om, di GC ane juga begitu.
Walaupun sdh ditambah dengan volt stabilizzer.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
Pa'de Gung
Site Admin
Site Admin
Posts: 5934
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:08 am
Location: Ngawi, Jawa Timur

Re: rpm idle...

Post by Pa'de Gung » Sun Oct 10, 2010 12:44 am

adi_vostro wrote:jadi ada pemikiran nih Om....
dari pengalaman Om om semua, ada yang nge drop waktu lampu di idupin, ada yang mobil nya normal2 aja waktu mesin di idupin...

mungkin sebab nya, perbedaan beban listrik dan kondisi alternator yang uda turun kinerja nya (akibat umur)....
semakin banyak alat2 yang memakai listrik mobil (power amplifier buat tape, relay tambahan buat bohlam lampu watt besar, fog lamp tambahan, dll) pasti kerja alternator tambah berat....beda sama mobil yang masih standar (ngak pake tambahan, besar watt lampu juga standard pabrik, pokoknya default pabrik) ngak akan terpengaruh ke idle up waktu lampu di idupin...

kondisi alternator juga bisa dijadikan sebab...mungkin alternator Om Om uda ngak prima lagi kinerja nya, jadi watt yang dihasilkan ngak sebesar waktu mobil pertama keluar dari pabrik...

just my opinion Om.... :)
Bener tu om..
AC off/lampu off = 800 ( tergantung setelan/kal mesin n mounting masih kenceng rpm 300 mesin ga gemeter)
AC on/lampu off = 1000 ( tergantung setelan)
AC on/ Lampu on = 900
AC off/ Lampu on = 700 (tergantung daya lampu yang digunakan ato kondisi dan setelan mesin)
kalo kondisi n setelan mesin bagus, torsi bagus, pasti ga ngaruh dengan tambahan beban yg relatif kecil.
Sebaliknya kalo kondisi mesin buruk, setingan ga pas pula, tambah beban dikit pasti abis.
Tambah lagi kalo aki ga normal, kal voltase aki turun alternator akan pindah ke mode Hi (sekitar 30A) tanpa beban output alternator hanya 10 A.

User avatar
Kurniawan dicky
GC Whore
GC Whore
Posts: 2237
Joined: Thu May 22, 2008 2:13 pm
Location: Bdg-Ckr

Re: rpm idle...

Post by Kurniawan dicky » Sun Oct 10, 2010 5:51 am

GC sy, idle 600-900 AC on 1000-1100, ini idle kadang naik kadang turun dgn sendirinya (masalah sejak lama gak ketemu2), lampu on gak ngaruh. Pernah juga ngalamin lampu on rpm drop, tapi ilang dgn sendirinya, sepertinya setelah penambahan titik ground di chasis.
Mungkin ada GCers yg pakai ground set, apakah terjadi rpm drop saat lampu on?

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
cutemaster
GC Enthusiast
GC Enthusiast
Posts: 702
Joined: Thu May 20, 2010 2:45 pm
Location: Cibinong - Bogor - Jambi
Contact:

Re: rpm idle...

Post by cutemaster » Sun Oct 10, 2010 7:16 am

Kurniawan dicky wrote:GC sy, idle 600-900 AC on 1000-1100, ini idle kadang naik kadang turun dgn sendirinya (masalah sejak lama gak ketemu2), lampu on gak ngaruh. Pernah juga ngalamin lampu on rpm drop, tapi ilang dgn sendirinya, sepertinya setelah penambahan titik ground di chasis.
Mungkin ada GCers yg pakai ground set, apakah terjadi rpm drop saat lampu on?

[Post made via Mobile Device] Image
Awalnya GC saya jg bgitu om.
Akhirnya saya ganti semua selang2 vacum dengan yg baru, karena dilihat memang ada beberapa selang vacum yg getas... Yo weisss tak ganti kabeh :)

Hasilnya lumayan stabil.

Stelah itu saya tambah Ground mengikuti DIY groung. Tapi hanya dua tiitik yg sy pasang. Dari intake manifold ke firewall dan dari delco ke firewall.

Terjadi sedikit drop RPM saat lampu dinyalakan tapi tdk bgitu signifikan. Getaran dan Idle RPM berasa lebih baik. Bahkan di idle 300.

[Post made via Mobile Device] Image

User avatar
zulindra
GC Maniac
GC Maniac
Posts: 1108
Joined: Tue Mar 02, 2010 8:16 pm
Contact:

Re: rpm idle...

Post by zulindra » Sun Oct 10, 2010 9:24 am

mumpung ada yg nyinggung selang vakum, saya mau nanya ukuran standar diameter untuk masing2 vakum ada yang tau gak. kemarin waktu ganti vakum, sy langsung copot aja selang bawaan pabriknya. tapi sempat lihat ada kode 12 dan 16 kalo gak salah. dan diameter untuk masing2 selang kayaknya beda2. ada yg agak besar dan sebaliknya..

Post Reply