Page 2 of 3

Re: Aki drop

Posted: Mon Aug 10, 2009 9:35 am
by pauluspaska
Meneruskan informasi tentang kekuatan menyimpan arus dalam baterai
Kalau sebuah aki tertulis mempunyai spesifikasi 60AH itu artinya jika aki tersebut diberi beban 60A hanya bisa bertahan 1 jam saja.

Re: Aki drop

Posted: Mon Aug 10, 2009 9:53 am
by irwans85
pauluspaska wrote:Nah tuh mulai sama kasusnya hehehe...

Kalo voltage 12 V tidak menunjukan bahwa otomatis bisa menyulut dinamo stater.
Yang menentukan adalah arus yang tersimpan di dalamnya. Dinamo stater itu menyedot arus yang besar sekali.
Kalo di tukang Aki yang baik, ada alat yang memeriksa "Cranking" dari aki. Kekuatan aki menanggung beban.

Memang benar setelah mobil dipakai jalan, arus aki bisa lebih dari 13 V tapi tidak pernah sampai 14 V.

Semoga membantu.
PS: sampai sekarang kasus saya masih belum solved, solusi paling murah: cabut aki kalau parkir lama.
Solusi ribet: ganti semua kabel. Ini bisa berhari-hari.
saya ngecek arus dari kapasitor bank unt audio om..dulu bisa sampe 14,2 om ngisinya kalo sekarang kok digas2 cuma mentok di 13,5..

PS : sekarang dah ganti aki kering delkor bisa ke 14,2 lagi.....

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 10:31 am
by pauluspaska
Problem solved.

diagnosa didapat setelah tadi malam uji coba GC dibawa jalan isi bensin, di pom bensin mogok lagi. Indikator aki menunjukan listrik habis.
Klakson gak mau nyala, lampu rem LED, gak nyala (ini artinya lampu LED yang arusnya super kecil aja gak ngangkat). TEtapi mendadak mesin menyala.
GC dibawa pula dengan pelan-pelan.
Sewaktu balapan sama bajaj (hehehehe balapan kok sama bajaj 8-} ) terpaksa injek gas dalem2..eh mendadak lampu LED menyala terang banget.
GW curiga carbon brush alternator habis, dia gak mau supply listrik kalau RPM rendah berhubung matik gak pernah RPM tinggi, tapi dia supply di RPM tinggi.

Tadi pagi mau bongkar alternator, ternyata menemukan kabel positif alternator ke aki kendor, Dikencengin deh. trus aki diganti dengan cadangan. Coba dijalankan mesinnya.
Ternyata semua bekerja bagus kembali.

Jadi lesson learned. Kabel positif alternator ke aki kudu kenceng.

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 11:33 am
by abah
wah,, hebat!!! ternyata kabel kurang kenceng aja bisa bikin pusing berhari2 ya... sya juga cek kabel ah,,,

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 1:58 pm
by abah
cek alternatornya om.. kali aja ga ngisi...

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 4:24 pm
by pauluspaska
Periksa Alternatornya om.

Coba pakai aki yang sehat dan nyalakan mesin.
Trus waktu mesin nyala cabut kabel aki yang positif, kalau mesin mati berarti gak ada listrik dari alternator.
Kalo nyala berarti alternator sehat

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 5:01 pm
by badooy
Gw kmrn mw ngomong cek kabel alternator ga jadi krn:
- dah tes mati mesin
- dah cek pengisian
Tp emg gw jg pernah masalah gitu, kabel putus terkelupas, aki soak

Jd mending kabel pengisian dobel aja... Gpp..

[Post made via Mobile Device] Image

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 5:10 pm
by abah
kale engga, pake kabel yang lebih tebel bisa juga kali ya om??

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 5:13 pm
by meneer
mending di dobelin bah :)

Re: Aki drop

Posted: Fri Aug 14, 2009 5:15 pm
by abah
emang ngaruhnya apa om kalo diganti ama kabel yang gede?? bukannya sama aja?? itu mah pendapat saya lho...